Penyebab dan Cara Mengobati Hemoroid / Wasir

DokterSehat.Com – Apa itu hemoroid? Dalam bahasa awam, hemoroid sering disebut dengan wasir atau ambeien. Ambeien sebenarnya bukan sebuah penyakit. Menurut medis, dan secara anatomi ambeien bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan suatu perubahan pada bantalan pembuluh darah di bagian anus. Adapun perubahan tersebut berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan yang ada disekitar anus itu sendiri.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Sebenarnya ambeien sendiri juga tidak terlalu berbahaya, hanya ditakutkan jika dibiarkan akan terjadi peradangan dan dapat menyebabkan infeksi yang ujung-ujungnya akan berakibat komplikasi pada bagian anus anda.

Gejala umum ambeien biasanya adalah terjadi pendarahan pada anus, kemudian juga terasa ada ganjalan pada anus saat duduk apalagi setelah buang air besar, terasa ada sesuatu yang keluar dari bagian anus, dan terasa gatal. Bagian yang keluar tersebutlah disebut ambeien atau wasir. Kandang juga akan terasa gatal pada bagian anus yang keluar tersebut, lama-lama jika selalu tergesek dengan celana maka akan menyebabkan peradangan

Penyebab Hemoroid

Hemoroid dapat muncul akibat dari pola hidup anda. Kebanyakan yang terjadi adalah karena jongkok terlalu lama dan karena buang air besar terlalu lama. Hal itu disebabkan karena anda kurang mengkonsumsi serat sehingga susah untuk buang air besar. Selain itu, faktor resiko lain yang dapat menyebabkan hemoroid adalah faktor usia ( lebih dari 45 tahun lebih beresiko), kelebihan Berat Badan, riwayat keluarga sakit hemoroid, dan kehamilan.

Cara Mengobati Hemoroid

Cara mengobati hemoroid dapat dilakukan secara non farmakologi yaitu dengan mengubah pola hidup sehari-hari, seperti :

  1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan
  2. Minum air putih minimal 8 kali sehari atau setara 2 liter air
  3. Olahraga teratur dan banyak beraktifitas, jangan terlalu lama duduk
  4. Hindari alkohol
  5. Jangan terlalu lama saat buang air besar
  6. Jangan melakukan hubungan suami istri pada bagian anus
  7. Jangan sering menahan buang air kecil atau besar
  8. Menurunkan berat badan
Baca Juga:  Pengobatan Untuk Adnexitis
Apabila hemoroid masih terasa mengganjal, mengganggu aktivitas, dan berdarah maka dapat dipertimbangkan pengobatan dengan operasi. Dalam operasi, bagian anus yang keluar tersebut akan diangkat sehingga tidak akan mengganggu lagi.
Semoga bermanfaat