Penyebab Dan Cara Menghilangkan Kutil

DokterSehat.Com – Kutil merupakan salah satu gangguan kulit yang sering di derita. Banyak orang yang menganggap remeh penyakit yang satu ini. Gangguan kulit ini sebaiknya jangan dianggap remeh karena bisa menyebar dan menyebabkan kulit menjadi rusak.

5

Oleh karena itu ketika muncul kutil harus segera diobati agar hilang. Para ahli menyarankan bahwa cara menghilangkan kutil adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit dan melakukan operasi untuk menghilangkannya. Obat kutil sebenarnya tidak hanya dengan cara operasi saja tapi juga bisa menggunakan bahan alami.

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan kutil Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab kutil bisa tumbuh di kulit. Kutil sebenarnya merupakan jaringan kulit yang mengalami kerusakan dan menimbulkan benjolan di kulit bagian tertentu. Kutil juga bisa terjadi karena faktor gen ataupun hormon dalam tubuh. Paling banyak kutil disebabkan karena virus HPV yang menginfeksi jaringan kulit. Infeksi oleh virus ini bertahap dari mulai tingkat satu sampai tingkat yang paling parah.  Virus ini juga bisa menyebar kebagian kulit lainnya jika dibiarkan terlalu lama.

Berikut cara menghilangkan kutil

  • Menggunakan sabun mandi
    Mungkin cara ini tidak pernah terlintas dipikiran Anda bukan? Tapi percayalah sabun mandi (sabun batang) sangat ampuh menghilangkan penyakit kutil secara permanen. Anda dapat mencobanya sendiri dirumah setiap kali Anda mandi atau tanpa mandi.

    Caranya : Gosok kutil menggunakan sabun batang secara berulang-ulang dengan tujuan sabun bisa masuk kedalam benjolan kulit yang terserang kutil. Gosok sampai kutil terasa pedih, kemudian jangan di bilas dengan air. Biarkan saja sabun menempel dalam kutil tersebut. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam sehari, tips ini bisa Anda praktekkan setelah 2 hari, biasanya kutil yang telah di gosok-gosok dengan menggunakan sabun tiga kali setiap hari selama dua hari akan berwarna putih dan memucat. Nantinya kutil akan lunak atau mengelupas dengan sendirinya, atau Anda sendiri bisa dengan mudah menariknya tanpa rasa sakit dan tidak ada darah yang keluar.

  • Menggunakan duri kepala udang
    Cara ini saya ketahui oleh nenek saya, dimana saat tejadi kutil orrang jaman dahulu sudah terbiasa menggunakan duri udang sebagai tips untuk bisa menghilangkannya.

    Caranya : Cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan duri udang yang yang sudah kering untuk ditancapkan pada benjolan kutil. Biarkan duri udang ini bersarang di kutil selama 2 hari, hal ini bertujuan agar kuman atau virus yang menyembabkan kutil terus tumbuh dan membesar bisa dapat segera mati akibat pembusukan secara alami yang disebabkan oleh duri udang sehingga sampai nantinya kutil bisa dengan mudah di cabut. Meskipun terdengar mengerikan namun tetap saja duri yang ditancapkan pada kutil tidak akan terasa sakit, untuk itu Anda tidak perlu merasa takut. Ada baiknya anda mencoba sendiri menancapkan durinya secara perlahan, saya jamin tidak akan terasa sakit.