Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Normalnya anak usia 1,5 tahun sudah bisa mengucapkan minimal 5 kata secara konsisten seprti memanggil mama, papa, ini, itu, apa, nggak. Saat memasuki usia 2 tahun anak sudah mampu merangkai kata sederhana.

Seorang anak digolongkan terlambat bicara jika umur anak sudah mencapai 2 atau 3 tahun tapi belum juga bisa berbicara dengan lancar atau hanya bisa mengucapkan potongan kata saja.

Anak yang mengalami keterlambatan bicara sebenarnya memiliki soaial-emosional dan perkembangan intelegensi yang normal seperti anak lainnya. Masalah anak terlambat bicara dialami 5-10 persen anak-anak usia prasekolah dan cenderung lebih sering dialami anak laki-laki ketimbang perempuan.

Keterlambatan bicara pada anak bisa disebabkan berbagai faktor, antara lain:

1. Mengalami hambatan pendengaran

Bila anak mengalami kesulitan dalam pendengaran, secara otomatis menyebabkan anak kesulitan meniru, memahami, dan menggunakan bahasa. Masalah pendengaran pada anak biasanya disebabkan adanya infeksi telinga.

2. Hambatan perkembangan otak

Adanya gangguan pada daerah oral-motor di otak mengakibatkan ketidakefisienan  hubungan di daerah otak yang berperan untuk menghasilkan bicara. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan anak kesulitan menggunakan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan bunyi.

3. Adanya masalah keturunan

Keterlambatan bicara juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenarannya, tapi biasanya anak yang terlambat bicara ternyata memiliki riwayat keluarga yang mengalami gangguan yang sama.

4. Minimnya komunikasi

Interaksi dan komunikasi antara orangtua dengan anak bisa menstimulasi anak untuk memperbanyak kosa katanya. Sayangnya, beberapa orangtua tidak menyadari jika cara berkomunikasi mereka berpengaruh terhadap perkembangan anak.

5. Faktor televisi

Anak yang sering menonton televisi akan menjadi pendengar yang pasif, anak hanya menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk. Menonton televisi juga bisa membuat anak menjadi traumatis karena menyaksikan tayangan yang berisi adegan perkelahian, kekerasan, dan seksual.

Jika orangtua sudah menyadari adanya gejala keterlambatan bicara pada anak, maka sebaiknya lakukan hal berikut ini:

1. Konsultasikan anak ke dokter atau psikolog tentang tumbuh kembang anak, bicarakan pada para ahli tentang tumbuh kembang anak dan kemampuan apa saja yang sudah bisa dikuasainya.

2. Berikan anak kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Kegiatan ini bisa memotivasi anak untuk belajar bicara karena bermain dengan anak-anak lainnya membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

3. Ibu bisa menstimulasi anak dengan mengajaknya berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik. Ibu bisa mengajak anak untuk membacakan dongeng dan bernyanyi.

4. Mengajarkan kata kepada anak dengan pengucapan yang jelas. Usahakan anak melihat gerakan bibir Anda ketika mengucapkan kata-kata tersebut. Misalnya, susu bukan cucu, minum bukan mik atu num, makan bukan maem atau mamam.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Satrio

    Dok, anak sy sekarang brusia 1 th 2 bln tp blm bs bicara hnya bs bilang “yah” dan “ga” klo ia mnolak sesuatu namun itupun amat sgt jarang skali.. Stimulasi komunikasi oleh sy dn istri sdh lumayan.. Dan dg pengasuhnya pun trlihat sering skali di stimulus..
    Ank sy sgt aktif skali malah trgolong cerdas dlm mnirukn gerakan.. Klo pun ada suara sprti pswat trbang, ia slalu menoleh k atas dan saat ia mndengar suara org tua’a kdg ia mnoleh tp klo lg asik mainan sprti cuek dg suara skitar.. Bgmna ya dok solusinya.. Trima kasih..

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      adek sudah bisa mengatakan kata-kata yang seperti apa? sudah bisakah mengatakan apa yg diainginkan?
      apakah dalamsetahun ini ada gangguan perkembangan? apakah rutin dibawa ke posyandu? bagaimana grafik KMS nya?

      1. Satrio

        Selama setahun ini ia memang berat badan’a hampir mndekati garis bawah tp msh ada peningkatn berat bdn tiap bln’a… Dbawa k posyandu rutin tiap bulan.. Imunisasi pun lengkap.. Hampir setiap ia ingin sesuatu.. Ia selalu menunjuk dan mengarahkan badannya ke sesuatu yg ia inginkan..

  2. nina

    Dok . adik saya sudah 4 tahun tapi hanya sedikit kata yang diucapkan jika saya suruh baru dia mau bicara. tapi sudah bisa menunjukan dimana hidung dia menunjuk hidung . mata telinga kaki kepala. Bagaimana ya dok agar adik saya bicara lebih banyak lagi? Terima kasih dok

    1. Dokter Eko B

      Selamat Sore Nina
      anak-anak saat ini cenderung pasif karena terlalu banyak menonton TV dan bermain dengan gadget

      sebaiknya perbanyak interaksi dengan anak, konsulasikan dengan Dokter Spesialis Anakk, bila dirasa perlu dapat disarankan speech therapy atau terapi wicara anak
      terima kasih

  3. ika suryani

    Slamat sore dok,,dok ank saya umur 3tahun bln ini…tp ank saya kok masih sulit berkomunikasi ya ?? Kalo bicara apa saja dia bisa.tp kalo ditanya sepertinya masih susah menjawab apalagi kalo blm kenal. Misalnya hal plg mudah di tanya “sudah mkn blm ??” “makan sama apa ??” Dia blm bisa spontan menjawab….hrs ditanya berulang2 dl bru dia jwb…ato mlh kadang tetap di cuekin…di panggil namanya jg dia tidak pernah menjawab,,hanya kadang menoleh saja…tp sbenarnya ank saya aktif skali..cma bisa diem kalo lg nontn tv,maen hp,ato tidur.dia jg anknya gak takut sama siapa saja,,bhkn sama org yg bru dia knal…apa ada mslh dok dgn ank saya…tambahan lg ank saya di ajarkan bhsa jawa halus,,sementara org2 dan teman2 di sekitarnya kebanyakn pake bhsa jawa kasar

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Ika
      keluhan yang anda alami masih bisa merupakan suatu hal yang wajar, karena anak-anak saat ini cenderung pasif kanrena terlalu banyak menonton TV dan bermain dengan gadget

      sebaiknya perbanyak interaksi dengan anak, dan hindari meninggalkan anak bermain gadget atau menonton televisi
      apakah ayah ibu bekerja? bila ya, sebaiknya anda dan suami meluangkan waktu setiap hari untuk berkomunikasi dan bermain dengan anak

      dan hindari penggunaan banyak bahasa, karena akan membuat anak bingung
      ajarkan anak salah satu bahasa dulu
      bila sudah lancar berbicara, baru diajarkan bahasa yang lain

      terima kasih

  4. nur

    sore dok,
    anak saya sudah 1 thn 11 bulan perempuan,tapi belum bisa mengucapkan satu kata pun,tapi anak saya aktif sekali,tidak mau diem banget anaknya,memang..dr perkembangannya memang telat,dr duduk,melangsud,meraangkak,duduk saja umur 10 bulan,dan baru bisa jalan umur 1 thn 3 bulan,
    itu gimana yah dok?kalw ingin sesuatu dia cuma tunjuk,trs kalw disuruh dia ngerti,misal..buang sampah dimana,taro baju kotornya dimana,tapi kalw dipanggil namanya dia gak nengok,klw dicolek baru nengok.
    apakah anak saya cuma mengalami keterlambatan perkembangan saja?apa perlu di bawa ke dr konsul anak?

    1. Dokter Eko B

      Selamat Sore Nur
      keluhan yang anda alami masih bisa merupakan suatu hal yang wajar, karena anak-anak saat ini cenderung pasif kanrena terlalu banyak menonton TV dan bermain dengan gadget

      sebaiknya perbanyak interaksi dengan anak, dan diamati apakah anak memiliki gangguan dengan pendengaran?
      bila ada gangguan pada pendengaran anak, sebaiknya diperiksakan ke Dokter Sp THT
      terima kasih

  5. isnata wijaya anggawati

    slamat pagi dok, anak saya sekarang berumur 2.5 thn , sudah bisa mengucapkan kata hanya 1 kata , seperti papa, nyamnyam (maem) , auti (mbah uti), kalo di ditanya atau diajak berbicara sudah paham dan mengerti hanya saja anak saya susah untuk merangkai kata, minta tlg dok salusinya apa ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat siang,
      salah satu faktor yang memperngaruhi kemampuan berbicara anak adalah rangsangan dari keluarga.
      coba untuk meluangkan waktu sejenang bercengkrama dan mengajak anak anda berbicara,kurangi kebiasaan anak menonton TV
      terimakasih

  6. Azim moza

    Selamt malam dok,
    Anak saya laki laki 6 thn sudah sekolah tk belum bisa bicara lancar karena memang kosa kata yang di miliki sedikit,,misal kalau minta minum hanya ucap num, makan mam hanya sepotong2 belum bisa merangkai kalimat, mohon saran nya apa yang harus saya beri tindakan
    Terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat siang,
      salah satu faktor yang memperngaruhi kemampuan berbicara anak adalah rangsangan dari keluarga.
      coba untuk meluangkan waktu sejenang bercengkrama dan mengajak anak anda berbicara,kurangi kebiasaan anak menonton TV
      terimakasih

  7. Anna Chen

    Selamat pagi dok saya anna anak saya berusia 2,5 tahun bulan ini tapi anak saya belum bisa berbicara tapi bisa menyanyi seperti ABC dan banyak lagi lainnya walaupun yg didapat cuma nadanya aja kata katanya gak semua benar.sedangkan bicara kayaknya sangat susah buatnya kadang klo mau minta bukain toples yang ada isi permen jelly kesukaannya dia hanya mengambil toples itu ke tangan mamanya atau menarik tangan mamanya dan menempelkan ketoples agar dibukain dan klo mamanya minta bilang dulu “mama bukain” itu sangat susah sekali bahkan kadang bisa ampei 10 kali saya minta baru dia ucap sepatah kata “Mama” itu aja.kadang dia lebih memilih gak jadi minta di bukain dan memilih mainan lain.anak saya ini klo mendengar lagu sekali dengar dia sudah mendapat nadanya dan sering asyik sendiri dengan mainannya sambil menyanyi klo saya ajak bicara kontak matanya seperti gak ada.mohon solusinya dok.

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *