Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Normalnya anak usia 1,5 tahun sudah bisa mengucapkan minimal 5 kata secara konsisten seprti memanggil mama, papa, ini, itu, apa, nggak. Saat memasuki usia 2 tahun anak sudah mampu merangkai kata sederhana.

Seorang anak digolongkan terlambat bicara jika umur anak sudah mencapai 2 atau 3 tahun tapi belum juga bisa berbicara dengan lancar atau hanya bisa mengucapkan potongan kata saja.

Anak yang mengalami keterlambatan bicara sebenarnya memiliki soaial-emosional dan perkembangan intelegensi yang normal seperti anak lainnya. Masalah anak terlambat bicara dialami 5-10 persen anak-anak usia prasekolah dan cenderung lebih sering dialami anak laki-laki ketimbang perempuan.

Keterlambatan bicara pada anak bisa disebabkan berbagai faktor, antara lain:

1. Mengalami hambatan pendengaran

Bila anak mengalami kesulitan dalam pendengaran, secara otomatis menyebabkan anak kesulitan meniru, memahami, dan menggunakan bahasa. Masalah pendengaran pada anak biasanya disebabkan adanya infeksi telinga.

2. Hambatan perkembangan otak

Adanya gangguan pada daerah oral-motor di otak mengakibatkan ketidakefisienan  hubungan di daerah otak yang berperan untuk menghasilkan bicara. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan anak kesulitan menggunakan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan bunyi.

3. Adanya masalah keturunan

Keterlambatan bicara juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenarannya, tapi biasanya anak yang terlambat bicara ternyata memiliki riwayat keluarga yang mengalami gangguan yang sama.

4. Minimnya komunikasi

Interaksi dan komunikasi antara orangtua dengan anak bisa menstimulasi anak untuk memperbanyak kosa katanya. Sayangnya, beberapa orangtua tidak menyadari jika cara berkomunikasi mereka berpengaruh terhadap perkembangan anak.

5. Faktor televisi

Anak yang sering menonton televisi akan menjadi pendengar yang pasif, anak hanya menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk. Menonton televisi juga bisa membuat anak menjadi traumatis karena menyaksikan tayangan yang berisi adegan perkelahian, kekerasan, dan seksual.

Jika orangtua sudah menyadari adanya gejala keterlambatan bicara pada anak, maka sebaiknya lakukan hal berikut ini:

1. Konsultasikan anak ke dokter atau psikolog tentang tumbuh kembang anak, bicarakan pada para ahli tentang tumbuh kembang anak dan kemampuan apa saja yang sudah bisa dikuasainya.

2. Berikan anak kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Kegiatan ini bisa memotivasi anak untuk belajar bicara karena bermain dengan anak-anak lainnya membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

3. Ibu bisa menstimulasi anak dengan mengajaknya berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik. Ibu bisa mengajak anak untuk membacakan dongeng dan bernyanyi.

4. Mengajarkan kata kepada anak dengan pengucapan yang jelas. Usahakan anak melihat gerakan bibir Anda ketika mengucapkan kata-kata tersebut. Misalnya, susu bukan cucu, minum bukan mik atu num, makan bukan maem atau mamam.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Doni

    Dear..dokter sehat..saya punya anak umur sudah 3.4tahun..sejauh ini anak saya belum bisa jga bicara dengan jelas..dan terlalu aktif dlm melakukan segala hal..dan kalo di lepas bermain sama teman sebaya nya anak saya selalu sendiri main tanpa menghiarukan kawan2 nya yg sedang bermain..saya mohon selusi nya dok apa yg harus saya lakukan untk anak saya…

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Pak Doni
      apakah dengan apak atau ibunya bisa kontak dan komunikasi dengan baik?
      apakah anak suka menonton televisi? atau memiliki kebiasaan untuk menyendiri bila di rumah? atau melakukan perbuatan yang berulang ulang?

      dari keluhan yang bapak bagikan, anak anda mengalami gangguan perkembangan bicara dan sosial
      dapat dikonsultasikan pada Dokter Spesialis Anak, dan bila perlu dilakukan terapi wicara
      Terima kasih

  2. Alivia

    Dok aku mau nanya,aku punya anak usianya sudah 4 tahun tapi belum bisa berbicara dengan jelas
    Dan kalo ditanya diaa tidak menjawab sesuai dengan pertanyaan itu harus diajarin dulu baru diaa jawab dengan benar
    Dan anak saya suka sekali menonton DVD angry bird,ultra men,dll jadi diaa tidak suka bermain diluar bersama temannya dia lebih suka dirumah menonton DVD
    Apaa ya dok yang harus saya lakukan ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      menonton TV merupakan penyebab paling sering yang menyebabkan keluhan terlambat bicara pada anak. seringlah berinteraksi dengan anak anda, minimalkan anak anda menonton TV, perkenalkan anak anda dengan teman-teman disekitar lingkungannya agar bisa berlatih dengan teman-teman. ajaklah anak anda berkomunikasi dengan menggunakan bahasa indonesia, jangan menggunakan campuran dengan bahasa daerah.
      bila memang setelah diajak bicara anak tidak memberikan respon, silahkan membawa ke rs ke bagian tumbuh kembang agar kemampuan bicara anak dapat distimulasi.
      salam

      terimakasih

  3. ivan

    selamat pagi pak saya ivan anak saya usia 3th 4bln belum lancar bicara ia hanya mampu ayah,,mana,iss,,itupun kurang jelas tapi jika ia di suruh dia mengerti dan kalo di ajak ngobrol pun ia mau,bermain dengan teman2 ia normal jika kita menanyakan mana ayah dia tau mana mama dia mengerti dan tau juga,,tapi jika ia ingin sesuatu kbnyakan makai bahasa isyarat sperti haus ia memegang dada apakah yg sebenarnya terjadi dengan anak saya pak mohon pencerahan ny teimakasih

    1. ratna

      dokter sehat saya ingin bertanya anak saya juga usia hampir 4th belum lancar berbicara untuk hal lain sama seperti anak pak ivan dia mengerti juga jika di suru dan di ajak ngobrol dan persis dengan anak pak ivan jika ingin sesuatu selalu kbnyakan menggunakan bahasa isyarat bicara yg di kuasai hanya papah mama mana beli itu juga tidak jelas jika bermain dengan kawanya normal saja dan malahan anak saya itu seneng kalo bermain rame2 kalo maen sendiri suka barisin mainan seperti mobilan atau bedak dll yg da di sekitar nya mohon penjelasnya dok tentang gejala yg di alami anak saya terimakasih dok

    2. dr. Eko B

      Selamat siang Pak Ivan
      Dari keluhan yan bapak bagikan
      anak bapak mengalami keterlambatan bicara, paling banyak terjadi disebabkan karena kurangnya stimulasi pada anak
      siapakah yang mengasuh anak bapak? apakah ibu kandung atau pengasuh anak?
      dan apakah anak bapak banyak ditinggal menonton televisi?

      sebaiknya seluruh anggota keluarga banyak mengajak anak bicara dan menggunakan satu bahasa ibu yang sama
      terima kasih

  4. ivan

    jika ada suplemen dan vitamin yang bisa membantu anak saya agar lancar berbicara suplemen/vitamin apa itu bu/pak dokter trimakasih

    1. dr. Eko B

      Tidak ada suplemen atau vitamin yang secara langsung memperlancar bicara pak
      yang perlu dilakukan adalah banyak memeberi stimulasi pada anak dengan mengajak bicara dan berinteraksi
      terima kasih

  5. Dina

    Dokter…saya mau tanya…anak saya 17 bulan tp belum bisa bicara,kadang2 bisa manggil mama…,dia pinter ngerti apa yang kita omongin,dia lakuin apa yang kita suruh tp ngomongnya aja yang blm bisa,apa perlu dibwa ke klinik tumbuh kembang anak dok?makasih

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Bu Dina
      siapa yang mengasu anak sehari-hari?
      sebaiknya terus dilakukan stimulasi dengan diajak bicara dan mengeja
      hindari meninggalkan anak menonton televisi, karena TV akan membuat anak menjadi pasif dan malas bicara
      hindari juga membiarkan anak asyik bermain smartphone atau tablet
      anak seusia anak ibu perlu banyak mendapatkan stimulasi langsung terutama dari ibu dan ayah

      apabila hingga 2 tahun masih belum ada perkembangan, silakan diperiksakan ke klinik tumbuh kembang
      terima kasih

  6. Muhammad Zidan Saeful Milah

    Doketr. Saya Sudah Berusia hampir 16 tahun tapi Cara bicara saya terkadang suka ga jelas, suka Gugup (Belelo bahasa sundanyamah) Saya Jarang Berkomunikasi saya Lebih Sering Bermain Komputer DI Rumah dari pada Main keluar bersama teman teman . Dokter saya memiliki penyakit Infeksi telinga,pendengaran saya ga normal, dan terkadang kalo saya Curhat,Ngobrol,Ngomong maupun Cerita CERITA saya suka ga jelas, saya kalo Bicara ga Pake Kontrol ,selalu cepat dan gajelas. Dokterr… . . . . mohon bantuannya Please.

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Muhammad Zidan Saeful Milah
      sebaiknya anda banyak bersosialisasi dengan teman sebaya, dan banyak belajar public speaking

      cobalah untuk curhat dengan teman dekat anda dan perlahan2 melibatkan diri dalam kegiatan di sekolah misalnya kepanitiaan atau osis
      terima kasih

  7. siti mubasyirokh

    Selamat siang bpk/ibu dokter saya pun mengalami hal yg sama dengan ibu ratna n bpk ivan, anak saya usia 3 thn 3 bln msh blm lancar bicaranya yang dia bisa hanya mama,ayah,apa,ngga, itupun msh kurang jelas,kalo diajak bicara dia mengerti dan jika dia minta sesuatu dia menunjuk pada suatu barang misalnya ingin menonton kartun doraemon maka dia menunjukan boneka doraemon nya dan dia sangat suka bermain bersama teman2 sebayanya diluar rumah..mohon bantuannya ya dok..terima kasih

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Bu Siti Mubasyirokh
      siapa yang mengasuh anak sehari-hari? apakah ibu sendiri, atau dirawat oleh pengasuh?
      sebaiknya terus dilakukan stimulasi dengan diajak bicara dan mengeja
      hindari meninggalkan anak menonton televisi, karena TV akan membuat anak menjadi pasif dan malas bicara
      hindari juga membiarkan anak asyik bermain smartphone atau tablet
      anak seusia anak ibu perlu banyak mendapatkan stimulasi langsung terutama dari ibu dan ayah
      bermain dengan teman sebaya juga baik untuk dilakukan supaya anak terpacu untuk berbicara seperti teman-temannya
      terima kasih

  8. ning

    Anak saya laki2 umur 2 th 5 bln. Saat ini sangat sedikit perbendaharaan katanya baru mampu kata ayah (sangat jelas), ndak au, mam (mau makan),es. Seoerti putra pak ivan dan bu ratna, anak sy senang bermain i lua rumah bersama teman, suka bermain perang2, suka lompat2. Kalau disuruh jg mengerti spt tutup pintu, buang sampah tetapi kalau disuruh tp tdk mau mengerjakan dia akan jawab ndak atau ndak au. Kalau ditanya anggota badan sdh mengeti beberapa spt pipi, hidung, rambut, perut, kaki, tangan, gigi. Kalau ada suara pesawat dia akan mencari sumber suara dengan mendongak mencari ke atas. Saya merasa was2 dan khawatir krn teman seusianya sdh banyak bicara sementara ank sy baru 5 kata. Kalau minta sesuatu sering pakai isyarat. Sebaiknya gmn ya dokter, mohon solusinya. Terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Bu ning
      perkembangan bicara dan sosial anak anda sudah cukup baik hanya mengalami keterlambatan
      sebaiknya perbanyak stimulasi kepada anak dengan mengajak bicara dan mengeja, dan memperkenalkan kosakata baru
      hindari meninggalkan anak menonton televisi, karena TV akan membuat anak menjadi pasif dan malas bicara
      hindari juga membiarkan anak asyik bermain smartphone atau tablet
      anak seusia anak ibu perlu banyak mendapatkan stimulasi langsung terutama dari ibu dan ayah dan orang-orang terdekat
      Terima kasih

  9. Nurul Boundanede'alfan

    Selmt mlm dok..
    Ank saya umur 2 th.y sm ky pak ivan ato bu ratna.ank saya hnya bs blg yah ayah meneh bunda..yg lainya g bs.dy aktv.sng bgt maen dlwr.snge jln2.klo ad tmn dy pst sng bs maen brg..dlu pas byi pnh sh tlingane klwr cairan tp g kntel.trs dy jg srg radang dlune..ne mlh skrg anknya lbh srg triak2..it knp y dok..mhon pnjlsanya.mksh

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Bu Nurul
      apabila telinga anak anda pernah keluar cairan sebaiknya diperiksakan ke odkter THT untuk mengetahui apakah infeksi telinga masih aktif dan apakah gendang telinga terdapat robekan
      karena riwayat keluar cairan dari telinga berisiko menimbulkan gangguan pendengaran secara permanen
      terima kasih

  10. nelda

    Selamat malam dok saya pnya ank 2 thn lebih tapi sampe sampe saat inii dia. Blm tau panggil mama atau pun papa
    Dia cm bisa pngil hey hey ngaa dan cm blg Ah AH
    Dok mohon beri solususi ny krn ank sya terllu beraktif skli tpi bicr blm bisa
    Mohon solusiny Yαααº°˚ª˚°ºα dok

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Bu Nelda
      siapa yang mengasu anak sehari-hari?
      sebaiknya terus dilakukan stimulasi dengan diajak bicara dan mengeja
      hindari meninggalkan anak menonton televisi, karena TV akan membuat anak menjadi pasif dan malas bicara
      hindari juga membiarkan anak asyik bermain smartphone atau tablet
      anak seusia anak ibu perlu banyak mendapatkan stimulasi langsung terutama dari ibu dan ayah
      terima kasih

  11. DA

    Selamat siang Dok, saya punya anak usia 4 tahun, sampai saat ini belum bisa bicara, bahkan mengucapkan konsonan pun belum bisa. namun anaknya cukup cerdas, dan pendengarannya normal. Dan anaknya cukup aktif, pada waktu bayi emang dia punya alergi terhadap susu, dan pernah mengalami penyakit plek paru-paru. Mohon penjelasan dokter. makasih

  12. Dian Astrie

    Selamat pagi dok…..
    Anak saya usia 20 bulan tetapi belum bisa bicara. Sebelumnya saat usia15-16 bulan sudah bisa panggil saya dengan sebutan “nda”, atau “yah” utk ayah dan “ti” Untuk Yangti…namun belakangan ini dia seakan malas untuk memanggil kami. Langsung nyamperin saja klo memang memanggil sambil menarik tangan atau baju kami.
    Kosakata yg sering diucap adalah “maem” tiap dia minta makan.
    Setiap saya ajak bicara pelan2 dengan kosakata sederhana dia hanya menanggapinya dengan “hehh”. Saat sy meminta tolong Untuk mengambilkan sesuatu, buang sampah, menunjuk organ tubuh misal Mata, hidung, Gigi dia mengerti tapi tidak mau berbicara. Dia sangat tanggap dengan sekitarnya, misal di minum terus tumpah dia akan mencari lap tanpa saya suruh dan mengelapnya.
    Kami tinggal di komplek yg anak-anak sebayanya kurang namun dirumah dia selalu bermain dengan kakaknya yg berusia 3,5tahun dan sangat ceriwis.
    Stumulasi apa yg harus saya berikan terhadap putri saya dok? Apakah ini termasuk keterlambatan berbicara yg serious? Apakah adanya saudara perempuan yg banyak bicara cenderung membuat dia malas berbicara?
    Mohon maaf kepanjangan dok. Terima kasih banyak sebelumnya.

  13. mira

    Dr sy mira mau,tanya anak saya usianya 24 bulan sampai saat ini hanya bisa bicara dgn memanggil amah untuk ibunya abah untuk uwaknya dan ga mau dan mau.tetapi anaknya pintar n aktif serta kl maen sm anak2 seusianya jg mau n membaur dan kl disuruh jg mengerti tetapi keseringan menggunakan isyarat.. dan suka dgn nonton dvd jarwo dan cars jg seneng sm games mobil balap… gimana caranya biar anak sy bisa dgn cepat menambah kosakatanya

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi ibu,
      seringlah berkomunikasi dengan anak anda terutama dengan ayah dan orang lain yang tidak dikenal oleh anak. dengan merangsang kemampuan komunikasi anak dan saat berkomunikasi hendaknya menggunakan komunikasi dalam satu bahasa. jangan menggunakan dengan dua bahasa karena dapat menyebabkan kebingungan pada anak.
      terimakasih

Leave a Comment