Penyebab Dan Cara Mencegah Osteoporosis

Dokter Sehat – Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang, dimana tulang menjadi berpori, sehingga penderita osteoporosis sangat rapuh terhadap trauma, dan fraktur. Semakin bertambahnya umur seseorang, semakin besar ia berisiko mengalami osteoporosis, osteoporosis sering menyerang wanita ketika sudah memasuki usia menopause. Kekurangan kalsium yang menjadi penyebab utama seseorang terkena osteoporosis.



Penyebab Osteoporosis :
1. Kurangannya hormon estrogen pada wanita dan kurangnya hormon androgen pada pria.

2. Kurangnya asupan kalsium dan asupan vitamin D di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan osteoporosis, dan Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang.

3. Kanker tulang, kurangnya latihan fisik, juga dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang.

Cara menjaga Osteoporosis dan mempertahankan tulang agar tetap sehat :
1. Jangan menakan makanan yang banyak mengandung kalsium seperti lemak non yoghurt, keju, susu, sarden, ikan tuna, dan ikan salmon. Makanlah makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin K untuk mencegah kalsium dalam tulang tidak berkurang, dan makan kedelai untuk mempertahankan kepadatan tulang.

2. Olahraga Teratur
Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina, kekuatan, postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan membantu mencegah keroposnya tulang.

3. Jangan Mengkonsumsi alcohol, karena alkoho dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tulang, berhentilah merokok karena dapat meningkatkan fraktur tulang diusia tua.

4. Perbanyak konsumsi suplemen jika asupan kalsium dan vitamin D3 kurang di dalam tubuh.

Jenis-jenis Osteoporosis :
1. Osteoporosis setelah menopause, ciri-cirinya adalah perubahan pada tulang belakang yang menyebabkan sakit parah dan fraktur tulang.

2. Osteoporosis Senile, jenis penyakit ini timbul pada orang tua dengan usia lebih dari 75 tahun dan biasanya sering terjadi fraktur panggul.

Baca Juga:  Awas, Polusi Bekukan Darah Anda

3. Osteoporosis sekunder, penyakit ini disebabkan karena gangguan endokrin seperti diabetes dan hipertiroidisme dan bisa juga disebabkan oleh penyakit sistemik seperti leukemia, therapi yang berbeda, dan obat kortikosteroid.