Penyebab dan Bahaya Kumis Tipis Pada Wanita

DokterSehat.Com – Jika kita mencermati, ada sebagian wanita yang memiliki kumis tipis namun terlihat dengan jelas. Sebagai contoh, artis seperti Iis Dahlia atau Isyana Sarasvati memiliki kumis tipis tersebut. Meskipun terlihat seperti atribut laki-laki, kumis tipis pada kaum hawa ini justru membuat tampilan mereka menjadi lebih menarik. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya kumis pada wanita ini?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Ketidakseimbangan Hormon
Pakar kesehatan menyebutkan adanya kumis tipis dan jelas pada wajah wanita ini disebabkan oleh keberadaan hormon androgen pada tubuh. Wanita yang memiliki hormon ini dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya akan mengalami pertumbuhan rambut halus yang lebih banyak pada beberapa bagian tubuh tertentu, termasuk pada bagian atas bibir. Hormon androgen sendiri biasanya memiliki peran besar dalam hal mengendalikan perkembangan karakteristik khas pada tubuh pria, termasuk kumis dan jenggot. Karena alasan inilah berlebihnya kadar hormon androgen bisa menyebabkan wanita memiliki kumis tipis.

Tanda Resiko Penyakit Berbahaya
Lantas, apa yang menyebabkan ada wanita yang memiliki kadar hormon androgen yang lebih banyak? Hal ini ternyata bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Sebagai contoh, faktor genetik dimana orang tua juga cenderung memiliki kadar hormon androgen tidak seimbang, hingga penggunaan obat tertentu seperti steroid. Hanya saja, ada faktor penyebab lain yang menyebabkan munculnya kumis tipis pada kaum wanita, yakni gejala dari penyakit sindrom PCOS atau Polycistic Ovarian Syndrome, CAH atau congenital Adrenal Hyperlasia, hingga tumor yang ada pada indung telur. Meskipun terlihat sangat mengerikan, kasus munculnya kumis tipis sebagai gejala dari penyakit tersebut cenderung jarang terjadi sehingga tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, jika anda khawatir, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Jika anda termasuk dalam wanita dengan kumis tipis. Tidak usah malu dengan kondisi ini, banyak pria yang justru menganggap hal ini sebagai sesuatu yang manis dan menambah kecantikan wanita. Jadi, percaya dirilah dengan adanya kelebihan ini.