Penyebab Bibir Organ Vital Wanita Cenderung Gelap

DokterSehat.Com – Organ vital wanita jelas menjadi salah satu bagian tubuhnya yang paling berharga mengingat bagian tubuh ini memiliki peran besar dalam reproduksi. Bagi wanita remaja atau yang sudah menikah, mereka bahkan akan menjaga organ vitalnya dengan sangat baik, khususnya dalam hal kebersihan dan menjaga keseimbangan kadar pHnya. Hanya saja, sebagian wanita agak terganggu dengan warna dari bibir vaginanya yang cenderung lebih gelap dari bagian kulit lainnya. Hal ini ternyata bisa memicu penurunan kepercayaan diri dengan signifikan. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa penyebab dari gelapnya bibir vagina pada wanita?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Pakar kesehatan Yeni Dhana Sari Menyebutkan jika ada banyak sekali faktor yang memicu gelapnya warna bibir dari vagina ini. Sebagai contoh, organ vital telah terserang jamur atau bahkan kecenderungan si wanita sendiri yang tidak pandai menjaga kebersihan organ vitalnya sehingga kecerahan warnanya pun memudar. Selain itu, kecenderungan wanita modern untuk memakai celana yang jauh lebih ketat ternyata juga bisa memicu gelapnya bibir vagina wanita mengingat celana ini membuat area selangkangan menjadi lembab, minim sirkulasi udara, dan banyak mengalami gesekan saat bergerak.

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan organ vitalnya dan jangan gunakan sabun biasa terlalu sering pada organ vital ini karena kandungan kimianya akan kurang baik bagi area organ vital. Selain itu, ternyata gelapnya warna bibir vagina juga bisa dikembalikan lagi kecerahannya dengan semacam alat disebut radiofrequency. Selain warna bibir vagina yang menjadi lebih cerah, terapi yang dilakukan selama 20 menit ini diyakini juga mampu membuat otot-otot vagina yang sebelumnya longgar menjadi jauh lebih kencang.