Penyebab Bibir Mudah Pecah Dan Kering

DokterSehat.Com – Bibir adalah salah satu bagian yang sensual dari tubuh. Bibir pun bisa jadi sangat powerful dengan sedikit make up dan memberikan karakter tersendiri pada wajah Anda. Namun keindahan bibir dapat terganggu akibat kering dan pecah-pecah. Padahal sudah mengenakan vitamin atau lip balm.

3413361556_6f731aaa87_b

Bibir memang bagian tubuh yang lebih sensitif karena jenis kulitnya berbeda dari kulit bagian tubuh yang lain. Bibir cenderung lebih tipis. Saat tubuh kurang cairan maka bibir akan mudah kering dan mengelupas.

Berikut penyebab bibir mudah pecah dan kering

• Perubahan cuaca
Bibir adalah bagian tubuh yang sensitif dan sangat mudah kering dan mengelupas. Salah satu penyebabnya adalah saat suhu udara berubah drastis gaes

Saat cuaca berubah drastis tentunya kelembaban bibir Anda akan terganggu. Alhasil bibir jadi kering dan pecah-pecah. Mengatasi masalah ini dengan lipbalm saja tak akan cukup. Anda harus mengonsumsi air minum yang cukup serta mencukupi kebutuhan vitamin C dan E.

• Pemakaian lipstik
Lipstik selain membuat bibir terlihat lebih cantik ternyata juga beresiko membuat bibir kering dan pecah-pecah. Pemakaian lipstik yang kurang berkualitas dapat menyebabkan bibir kehitaman, kering dan pecah-pecah.

Ini akan semakin memburuk jika tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk terus menerus. Seharusnya setelah beraktivitas atau menjelang tidur, Anda membersihkan semua makeup yang masih menempel dengan makeup remover.

• Bibir tidak dirawat
Salah satu penyebab bibir kering dan mudah pecah-pecah adalah jika Anda mengabaikan perawatannya gaes. Namun hal ini bisa dicegah dengan perawatan yang rutin.

Anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan perawatan scrubbing rutin. Lakukan setidaknya 2 minggu sekali, baik menggunakan scrub bibir alami maupun produk yang mudah Anda temukan di apotik atau toko kosmetik. Dengan begitu, bibir Anda akan lebih sehat dan cantik.