Penyebab Bibir Menghitam pada Wanita

DokterSehat.com – Bibir merah merona menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum hawa. Sayangnya, tidak semua orang memiliki bibir merona seperti yang diinginkan. Mengapa demikian? Sebenarnya warna bibir juga  dipengaruhi oleh hormon estrogen yang membantu proses perbaikan dan pergantian kulit (regenerasi).



Seiring bertambahnya usia, terutama pada usia menapouse, kadar estrogen mengalami penurunan yang significant sehingga proses regenerasi melemah bahkan berhenti. Dampaknya kulit tidak mampu melindungi dan melembabkan sendiri tanpa adanya regenerasi. Akibatnya, kulit lama-lama mengendur dan mengerut sehingga bibir terlihat kering dan hitam.

Faktor lain yang dapat mengurangi keindahan bibir adalah kebiasaan merokok. Warna bibir alami Anda akan berubah mengitam akibat rokok. Saat menghisap rokok, bibir terkena panas rokok sehingga mematikan sel-sel darah merah yang kemudian membuat timbunan pigmen di bibir. Selain itu, karbon dari hasil pembakaran rokok juga bisa membuat warna bibir makin pekat. Faktor keturunan dan mengonsumsi obat yang tidak cocok juga bisa membuat bibir hitam.

Kulit bibir sangat sensitif sehingga bibir akan mudah menghitam bila terkena bahan kimia yang tidak cocok seperti lipstik. Kandungan bahan kimia dalam lipstik yang digunakan dalam waktu lama dan tidak cocok dengan bibir dapat membuat warna bibir menghitam.

Sebagai upaya pencegahan sebaiknya bersihkan bibir dari lipstik dengan pembersih khusus bibir sebab sisa lipstik yang menempel di bibir dapat membuat bibir menjadi hitam. Sebelum menggunakan lipstik sebaiknya coba dulu lipstik di kulit belakang telinga. Diamkan selama 24 jam. Bila terasa perih dan gatal berarti lipstik tersebut tidak cocok untuk Anda.

Untuk memulihkan warna bibir menjadi merah kembali akibat rokok, atau bahan kosmetik yang tidak cocok Anda bisa menggunakan gel, salep, atau krim yang mengandung steroid. Usaha lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bibir menghitam adalah dengan menghindari kebiasaan merokok, gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya saat siang hari, oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Baca Juga:  Dampak Buruk Meminum Soda Bagi Kesehatan