Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Banyak pakar kecantikan yang menyarankan kaum hawa untuk menjaga kesehatan bibirnya mengingat bibir yang sehat dan cantik bisa menjadi salah satu faktor yang membuat tampilan anda menjadi sempurna dan cantik. Sayangnya, kadangkala bibir juga bisa mengalami masalah berupa bibir kering yang tentu akan bisa membuat tampilan bibir menjadi semakin memudar. Apa sajakah penyebab masalah bibir kering yang sangat tidak menyenangkan ini?

doktersehat-bibir-wajah-muka

Tahukah anda, tidak seperti kulit pada bagian lainnya, kulit pada bibir akan cenderung tidak mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar Ultraviolet. Selain itu, kulit pada bibir juga akan cenderung lebih mudah terpengaruh pada perubahan suhu, kelembaban, hingga angin. Jika bibir menjadi kering, kita justru sering melakukan hal yang kurang benar, yakni dengan cara semakin sering menjilatinya. Memang, secara logika air liur akan membasahi bibir. Sayangnya, cara ini justru akan membuat bibir semakin sering mengingar air liur justru memiliki kemampuan membuat kelembaban alami pada bibir semakin menurun. Selain itu, kita juga akan sering memakai produk pelembab bibir dengan rasa. Padahal, jika kita memberikan pelembab bibir dengan rasa yang disukai, kita tanpa sadar akan lebih sering menjilati bibir sehingga akhirnya bibir pun akan menjadi lebih kering. Saat bibir kita mengering dan pecah-pecah, kita juga akan cenderung mengelupasnya langsung sehingga bibir menjadi lebih terluka dan terasa tidak nyaman.

Jika bibir kita sudah dalam kondisi yang kering, ada baiknya kita harus mengembalikan kelembaban alami pada bibir. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air putih dengan jumlah yang cukup sehingga tubuh pun akan terhidrasi dan pada akhirnya membuat kelembaban alami pada bibir akan kembali. Selain itu, cobalah untuk memakai pelembab bibir yang tidak memiliki rasa atau dengan mengoleskan minyak kelapa yang bisa secara alami membuat bibir menjadi lebih lembab dan segar. Untuk melindunginya, kita juga bisa memakai produk perawatan bibir yang sudah dilengkapi dengan kandungan SPF pelindung sinar ultraviolet yang tentu akan semakin baik dalam mencegah bibir pecah-pecah dan kering.