informasi kesehatan


Penyebab Benjolan di belakang Telinga

Penyebab Benjolan di belakang Telinga

            

DokterSehat.com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

 Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

 Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Print Friendly


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

53 Responses to “Penyebab Benjolan di belakang Telinga”

  1. Claudio says:

    Selamat malam dok, saya mahasiswa kedokteran semester 5. Kebetulan kami sedang belajar di blok onkologi, saya mau tanya dok mengenai massa/tumor yg ada di belakang telinga, kira2 perbedaan dari teksture, motilitas, maupun tnda2 inflamasi sperti rubor, kalor, dolor dan function laesa.. oh iya dok, dijelaskn jga klo ada nyeri, apakah ada posisi2 tertentu yg buat nyerinya itu bertmbh? Mksh dok..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Gilang Ahemsa says:

    Selamat siang dok, seperti dari komentar2 yang saya baca, saya juga mengalami benjolan tersebut.
    Namun hanya sebatas benjolan di balik daun telinga sebelah kanan saja, tidak disertai demam, meriang suara serak dan lainnya.
    Sebelum saya periksa ke dokter setempat, sekiranya ada kah cara pengobatan alami yang bisa saya praktek kan?
    Terimakasih sebelumnya dok.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Benjolan ada bermacam2 jenisnya. Kami tidak bisa katakan bagaimana terapinya tanpa mengetahui jelas apa jenis benjolan tersebut. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Entah says:

    Dok, setiap saya abs minum obat skt kepala, bagian belakang telinga knan dan kri sya bengkak dan pegal. Kdg d sekitar leher jg. Benjolannya lumayan besar. Lalu sya bwa istrhat, pas bangun udh ilang. Apa itu sama dg yg d atas dok?? Mksh..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Entah says:

    Kandungannya klau gk salah paracetamol, phenylpropanolamine HCl, dextromethorpan HBr, kafein, kalau sya sbutkan itu adl obt buatan pabrik B****x flu batuk dan sakit kepala. Itu sudah terjdi sejak 2013, bulan lalu sya mnum obt itu lg lalu benjolannya muncul lg. Apa itu sekedar snsitif trhdap obat trtentu??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan anda alergi atau sensitif terhadap zat2 yg ada di dalam obat tersebut. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. adit says:

    dok saya mau tanya .. sudah 1 minggu ini terdapat benjolan di depan teliga ( di atas rahang ) .. awalnya tidak menganggu sama sekali , namun sudah 2 hari ini benjolan tersebut terasa sedikit nyut2 an disertai demam tinggi . skg demam nya sudah turun namun benjolan ini mulai muncul sedikit di sekitar leher ( sekilas tidak kelihatan namun jika diraba terasa ) .. saya baca2 internet , apakah penyakit saya itu tumor parotis / kelenjar getah bening ya dok ? apakah ada pengobatan alami nya . terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Tidak semua benjolan tu ialah tumor. Bisa saja karena infeksi. Sebaiknya periksakan dulu ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0