informasi kesehatan


Penyebab Benjolan di belakang Telinga

Penyebab Benjolan di belakang Telinga

            

DokterSehat.com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

 Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

 Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Print Friendly


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

87 Responses to “Penyebab Benjolan di belakang Telinga”

  1. isma says:

    salam dok. anak kedua saya berumur 18 bulan, laki-laki. beberapa waktu kemarin baru saya ketahui ada benjolan kecil dibelakang telinga kanan . kalau diraba terasa tapi kalau dilihat tidak begitu terlihat. ketika saya tekan pelan dia tidak bereaksi. saya bandingkan dengan kakaknya dan sepupu2nya mereka tidak punya.sepertinya anak saya tidak ada masalah dengan gigi atau hidung. anaknya juga tidak terganggu dengan hal ini. saya harus bagaimana, Dok. terlalu dini tidak untuk saya periksakan. anak saya belum saya beri imun tambahan MMR, Hib, dan DPT 4 P 5. sepenting apa imun tambahan itu ya Dok? Sebelumnya terima kasih untuk waktu dan saran Dokter

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • irwan says:

      Ya dok, anak saya juga baru diketahui sekarang. anak saya 12 bulan, saya cek gigi tenggorokqn dan telinga. gada keluhan nmencurigakan, tapi sepertinya sebelum benjolan belakang daun telinga muncul ada benjolan bulat di kepala warna merah ditengahnya ada nanah hijau kecil. Apa penyebabnya dari benjolan bernanah itu dok, dan saya harus periksa ke mana anak saya. Makasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      @isma, sebaiknya diperiksakan. Untuk vaksinasi, sebaiknya sampai tuntas. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0