Penyebab Benjolan di belakang Telinga

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

 Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

 Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Baca Juga:  Vaksin Influenza Tidak Disarankan untuk Penderita Alergi Telur

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Dokter Eko B

    Selamat malam Dini DIn
    untuk keluhan yang anda alami perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan secara langsung
    anda dapat konsultasikan dengan Dokter Umum atau Dokter Spesialis Bedah
    terima kasih

  2. Ahmad Fahmi

    Permisi dok, mau tanya dikepala bagian belakang saya sekitar 2 cm diatas leher kiri saya setelah bangun tidur tiba tiba ada benjolan kecil. Kalo diteken sakit, aga pegel juga, tapi kalo didiamkan ga sakit cuma pegel aja, Kenapa ya dok? Kira kira berbahaya atau engga ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      apa anda mengalami batuk pilek atau radang saat ini?
      kemungkinan besar itu adalah kelejar limfe yang membesar akibat infeksi. akan mereda bila radang/infeksi pencetusnya sembuh
      terimakasih

  3. saraah

    dok aku mau tanya aku jg ada benjolan diatas leher/ belakang kuping kalo ditekan agak sakit dan pegal gitu, kebetulan aku emg lg batuk pilek, itu berbahaya gak dok?

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang sarah, tidak berbahaya, pada umumnya akan hilang bila batuk pilek anda sembuh

      bila benjolan nantinya menetap setelah 1-2 minggu batuk pilek anda sembuh, silakan periksa ke dokter terdekat
      terima kasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *