Penyebab Benjolan di belakang Telinga

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

 Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

 Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Otitis Media, Infeksi Pada Bagian Dalam Telinga

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Dokter Eko B

    Selamat malam Dini DIn
    untuk keluhan yang anda alami perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan secara langsung
    anda dapat konsultasikan dengan Dokter Umum atau Dokter Spesialis Bedah
    terima kasih

  2. Ahmad Fahmi

    Permisi dok, mau tanya dikepala bagian belakang saya sekitar 2 cm diatas leher kiri saya setelah bangun tidur tiba tiba ada benjolan kecil. Kalo diteken sakit, aga pegel juga, tapi kalo didiamkan ga sakit cuma pegel aja, Kenapa ya dok? Kira kira berbahaya atau engga ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      apa anda mengalami batuk pilek atau radang saat ini?
      kemungkinan besar itu adalah kelejar limfe yang membesar akibat infeksi. akan mereda bila radang/infeksi pencetusnya sembuh
      terimakasih

  3. saraah

    dok aku mau tanya aku jg ada benjolan diatas leher/ belakang kuping kalo ditekan agak sakit dan pegal gitu, kebetulan aku emg lg batuk pilek, itu berbahaya gak dok?

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang sarah, tidak berbahaya, pada umumnya akan hilang bila batuk pilek anda sembuh

      bila benjolan nantinya menetap setelah 1-2 minggu batuk pilek anda sembuh, silakan periksa ke dokter terdekat
      terima kasih

  4. Vani

    Halo dok, aku mau tanya, di kuping sebelah Kiri ku ada benjolan kecil gitu tapi kalo di pegang sakit, nah berbahaya ga sih dok kalo kaya gitu? Trimakasih

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Vani, sebaiknya diamati, bila dalam 2 minggu tidak menghilang, atau justru semakin besar, sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat
      terima kasih

  5. Puti

    Selamat pagi dok, saya mau tanya. Di belakang telinga kanan saya ada benjolan kecil, dulu sempat dikasih salep sama dokter dan mengecil tp skrg ada lg dan bbrp hari ini saya lg batuk pilek, benjolannya agak sakit pas ditekan. Ohya telinga kanan saya jg sering sekali berdengung Itu knp ya dok? Kalo periksa ke dokter, periksanya ke dokter THT? Atau dokter kulit atau dokter apa ya dok? Terima kasih :)

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Puti
      keluhan benjlan yang anda alami apakah sudah ada sejak lama atau baru saja muncul?
      bila baru saja muncul sebaiknya diamati, bila dalam 1 bula tidak menghilang, atau bertambah besar, sebaiknya diperiksakan ke dokter
      sedangkan keluhan telinga berdengung disebut tinnitus, dapat berkaitan dengan saraf telinga, bila anda ingin periksa dapat ke dokter Sp THT
      terima kasih

  6. Kristiadi Silaban

    Selamat Malam Dok
    Dibelakang telinga saya terdapat benjolan bergerak, udah ada dari 2 bulan lalu Dok. Kalau dipegang sakit, tapi saya sehat-sehat aja Dok ga ada pengaruh yang mengakibatkan gangguan kesehatan juga pada saya dok. Kira-kira itu berbahaya ga Dok.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam kristiadi
      maaf, apakah terasa seperti berisi cairan?
      bila ya, dapat disebabkan karena abses atau kista
      bila teraba padat dapat disebabkan karena limfadenitis kronis
      apakah ukurannya semakin besar? bila ya sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat
      terima kasih

  7. Muhammad wahyu

    Selamat malam dok ,
    Saya mau nanya , di belakang telinga sebelah kiri saya terdapat benjolan yg teraba padat , tetapi tidak berpengaruh ke lainnya , dan ukurannya tdk terlalu besar dan baru 3 hari ,itu berbahaya atau tidak dok dan di sebabkan apa itu terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      apakh terasa nyeri? apakah ada batuk pilek? nyeri tenggorokan?
      bila ya kemungkinan hanya kelenjar limfe yang meradang akibat ada infeksi ditempat lain.
      atasi infeksi ditempat lain sehingga benjolan ini akan hilang dengan sendirinya
      terimakasih

  8. Dillah Dilla

    Selamat pagi dok..
    Maaf saya ingin bertanya.. klo di belakang telinga ada benjolan.. tadinya kecil sekarang aga besar.. cuman klo di pegang tidak sakit.. aga sedikit linu sajah..
    Pendirita umur 12thn.. tidak ada gejala flu ato batuk..
    Saat ini lagi panas anaknya…
    Itu harus d bawa k rmh sakit apa bisa beli obat k apotik apa gmn…
    Trmksh bnyak dok

    1. Dokter Eko B

      selamat Sore Dila,
      keluhan yang dialami oleh pasien tersebut sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter untuk dapat ditegakkan diagnosis dan diberika terapi yang tepat.
      terimakasih.

  9. dea momoy

    Selamat malam dok di belakang kuping saya ada benjolan kecil bgt tapi kalau di pegang egk sakit dok…terusss saya mau nya kata mama saya dari lahirr saya ada kaya benjolan kecil kempess gt di bagian bawa tenggorokan bgt nahh ketik umur saya 3 bulan benjolan itu besar seperti ujung jari manis berisi air gt terusss berapa minggu kemudian kempess dan egk pernah membesar lg nah ketika saya smp saya pegang masih kempess tapi berledir gt dong tp egk bengkak nahh sampe saya umur 20 thn ini kadang egk di sentuh tiba2 di ujung nya kaya air yg udh kering tp ijo seperti inguss dokk itu apa ya dong

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi dea,
      mohon maaf kami tim dokter kurang jelas mengenai deskripsi benjolan yang anda berikan.
      untuk memastikan penyebab benjolan tersebut sebaiknya anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter terdekat.
      terimakasih

  10. dea momoy

    Selamat malam dok di belakang kuping saya ada benjolan kecil bgt tapi kalau di pegang egk sakit dok…terusss saya mau nya kata mama saya dari lahirr saya ada kaya benjolan kecil kempess gt di bagian bawa tenggorokan bgt nahh ketik umur saya 3 bulan benjolan itu besar seperti ujung jari manis berisi air gt terusss berapa minggu kemudian kempess dan egk pernah membesar lg nah ketika saya smp saya pegang masih kempess tapi berledir gt dong tp egk bengkak nahh sampe saya umur 20 thn ini kadang egk di sentuh tiba2 di ujung nya kaya air yg udh kering tp ijo seperti inguss dokk itu apa ya dong

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi dea,
      mohon maaf kami tim dokter kurang jelas mengenai deskripsi benjolan yang anda berikan.
      untuk memastikan penyebab benjolan tersebut sebaiknya anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter terdekat.
      terimakasih

  11. Mandala

    Pagi Dok.
    Saya pria umur 25 tahun, sejak kecil/balita saya ada benjolan di belakang telinga kiri dan kanan. Dari kecil hingga dewasa tidak terasa sakit sama sekali. Bahkan sampai saya lupa kalau ada benjolan di telinga saya.
    Namun beberapa hari ini saya merasakan sakit di benjolan tersebut. Rasanya nyut nyutan tapi tidak berlangsung lama (beberapa detik tapi tak sampai satu menit), namun frekuensinya sering, bisa 5-10 menit sekali.
    Dulu waktu SD pernah dibawa ke dokter, katanya ada pembengkakan kelenjar di daerah belakang telinga dan nanti bisa hilang sendiri. Tapi nyatanya sampai hari ini benjolan tersebut masih ada.
    Seberapa bahayakah penyakit saya dok? Apakah membutuhkan operasi? Jika iya, berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk operasi? Mengingat saya dari kalangan menengah kebawah, apakah ada solusi selain operasi dok?

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Mandala
      maaf, apkah telinga anda pernah keluar nanah?

      keluhan benjolan pada belakang telinga yang anda alami perlu diperiksa lebih lanjut
      sebaiknya anda mengurus BPJS / KIS, lalu periksa ke faskes primer, lalu disampaikan riwayat penyakit yang sudah dialami, dan bila setelah diberi obat masih menetap, silakan kontrol kembali untuk minta rujukan ke dokter Sp esialisTHT

      tindakan yang perlu dilakukan tergantung pada pemeriksaan fisik secar alangsung yang nanti dilakukan
      untuk biaya, bila dilakukan di RS negeri (misal RSUD) dapat ditanggung oleh BPJS/KIS
      terima kasih

      1. Mandala

        Seingat saya telinga saya tidak pernah mengeluarkan nanah Dok, karena memang selama ini saya cukup baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan anggota badan. Apakah ada kemungkinan saya terkena kanker atau tumor?

  12. nadya rahma

    selamat malam dok,perkenalkan saya nadya umur 19 tahun,saya ingin bertanya dok,sudah 5 thn belakang ada benjolan seukuran kelereng dibelakang telinga kanan saya dok,tetapi itu tidak menyakitkan sama sekali bagi saya dok,benjolan itu padat dok..dan akhir akhir ini benjolan itu bertambah besar dok dan menimbulkan benjolan kecil dibelakang daun telinga saya dok,nyeri dan berwarna merah dok..sekarang timbul benjolan kecil yg bergerak d leher saya dok..bagaimana solusinya dok? apakah saya operasi atau gimna dok..
    terimakasih dok.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Nadya Rahma
      keluhan yang anda alami perlu diperiksa segera secara langsung
      bila bertambah besar dan bertambah banyak dengan cepat perlu diwaspadai suatu keganasan atau infeksi
      silakan periksa ke dokter Spesialis THT terdekat
      terima kasih

  13. iikha yuliana

    Siang dok…
    Dok.. Saya mau nanya.. Dibelakang kuping kanan saya ana benjolan kalo di teken sakit.. Trus pendengaran saya juga kurang dok.. Kalo badan saya demam atau pun kepala saya pusing benjolan itu besar.. Apa yg saya alami dok..

  14. iikha yuliana

    Siang dok…
    Dok.. Saya mau nanya.. Dibelakang kuping kanan saya ana benjolan kalo di teken sakit.. Trus pendengaran saya juga kurang dok.. Kalo badan saya demam atau pun kepala saya pusing benjolan itu besar.. Apa yg saya alami dok..? Trus gimana solusinya dok..

    1. Dokter Eko B

      Selamat mlama Ikha Yuliana
      jekuhan yang anda alami dapat disebabkan karena limfadenitis
      perlu pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut
      silakan periksa ke Dokter umum atau Spesialis THT terdekat
      terima kasih

  15. Rizky Chuang

    Malam Dok …
    dok saya mau nanya … di belakang telinga saya sebelah kanan ada 2 benjolan .. yg 1 terasa nyeri tp tidak bengkak .. yg 1 lg dari agak membesar . terasa sakit & nyeri .. kira” itu berbahaya atau tidak ??

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Rizky Chuang
      apakah saat ini anda sedang mengalami infeksi saluran pernafasan atas? Misalnya batuk atau pilek atau radang ternggorokan?
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena peradangan pada kelenjar getah bening (linfadenitis)

      bila dalam 3-5 hari keluhan belum berkurang, sebaiknya periksa ke dokter untuk pemeriksaan langsung dan pengobatan lebih lanjut
      terima kasih

  16. Resva

    Mlm dok..mau tanya dulu sekitar anak saya umur 3 thn pernah ada benjolan s belakang telinga kanan kiri..sudah d periksa k dokter katanya kelenjar tidak aktif dan sembuh dlm be2rapa hari..sekarang umur anak 5thn ada lg benjolan d belakang telinga katanya agak sakit.anak saya lg belajar puasa sekarang. Kenapa ya dok..soalnya sudah lama tidak ada sekarang kambuh lg bahaya ga dok..timakasih

  17. dendy

    Malam Dok…
    Saya mau tanya umur saya 14 tahun , di belakang telinga saya ada benjolan agak besar , benjolan itu muncul nya 1 hari yg lalu , saya sekarang memang lagi ada pilek , klo benjolan nya di tekan sakit , klo gk di tekan , cuma nyeri nyeri aja gitu dok , benjolan nya cuma di telinga kanan aja , di telinga kiri nya engga ada , itu kenapa ya? apa itu berbahaya? sama cara menghilangkan nya gimana dok… atau nanti bisa hilang sendiri? , terimakasih

  18. Mahfuedz S
    Mahfuedz S

    mau tnya dok. saudara saya diblkang telinga ada benjolan udh 4 thun tdk sakit. klau di urut pakai kayu putih bisa kempes lagi klau di biarkan bisa benjolan keras.dan bisa di ksih obat dextem. bisa kempes. iku berbahayai atau tdk. klw di periksa lab. apa n apa hrus di oprasi… mksh …

  19. Dokter Eko B

    Selamat malam
    sebainya hindari penggunaan dexteem dalam jangka panjang
    benjolan yang dialami oleh saudara anda bila bisa kempes saat ditekan, bisa disebabkan misalnya karena kista yang berisi cairan
    keluhan benjolan tersebut perlu diperiksa secara lagsung
    silakan periksa ke dokter terdekat

    terima kasih

  20. deby

    selamat pagi dok, saya mau tanya, benjolan di belakag telinga kiri saya sakit sudah dua hari dan itu smkin hari smkin sakit. kemudian trnyta benjolan di belakang telinga kanan saya juga agak sakit jika di tekan.. saya juga sempat muntah ngga tau kenapa. kemdian suhu badan saya 38 derajat celcius dan badan saya terasa pegal dan kadang pusing. saya tidak mengalami batuk pilek. apa itu berbahaya? haruskah saya periksa ke dokter?

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *