Penyebab Benjolan di belakang Telinga

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Di belakang telinga biasanya muncul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin bisa macam-macam dari kasus yang ringan hingga yang membutuhkan bantuan medis. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di belakang telinga:

 Pembengkakan Kelenjar Nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekeblan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Biasanya kondisi ini bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

 Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit. Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan daerah di belakang telinga membengkak dan menonjol dari kulit. Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab Serius Benjolan belakang Telinga

Beberapa benjolan di telinga menunjukkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling mengerikan adalah kanker. Misalnya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan suaraserak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kondisi ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Kevin

    Dok saya ada benjolan di belakang telinga sebelah kiri

    Konsistensinya padat seperti melekat dijaringan dibawahnya, tidak bergerak, dan tidak nyeri

    Saya tidak menderita keluhan apapun belakangan ini,

    Kira-kira benjolan dibelakang telinga saya ini apa ya dok?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam bapak,
      sudah berapa lama keluhan dirasakan? awalnya sebesar apa? sekarang sebesar apa? apakah ada keluhan seperti beratbadan turun atau nafsu makan berkurang?apakah sebelumnya ada batuk pilek atau riwayat keluar cairan dari telinga atau riwayat infeksi sebelumnya? apakah ada riwayat trauma sebelumnya?? apa ada demam sebelumnya?
      mohon konfirmasi agar saya dapat membantu memberi solusi

      terimakasih

      1. kevin

        saya tidak tahu benjolan ini sudah berapa lama dok, saya mengetahuinya sekitar 3 hari yang lalu, ukurannya sebesar biji kacang hijau, dan masih tetap seukuran itu, berat badan tidak turun, nafsu makan tetap, tidak ada riwayat yang dokter sebutkan diatas, dan tidak ada demam dok. saya tunggu jawabannya ya dok… terima kasih banyak dokter…

  2. welles

    Sore dok,sy ada benjolan dibelakang telinga awalnya kecil dan skrg sebesar telor ayam kampung sdh 10 thn lalu. Keluhan sama sekali tdk ada dok,,klu dipegang2 lembek dan sampai saat ini sy jarang sekali sakit dan berat badan stabil dok,,kira2 apa itu dok dan gimana cara pengobatanya mksh.

  3. Dicky

    Selamat sore dok, dibelakang telinga kiri saya ada benjolan kecil, padat dan tidak nyeri, berat badan stabil nafsu makan tetap dan tidak merasakan sakit atau perubahan apa² pada tubuh, mungkin sudah sekitar 2 minggu dok..

    Kira² benjolan apa itu ya dok? Trmkasih

  4. dessy

    Malam dok, anak saya 4,5 thn, perempuan, td pagi sewaktu mandi saya menemukan dibagian leher kanan agak sedikit kebelakang telinga bengkak apabila dilihat dr belakang terlihat sekali lehernya asimetris, tp dia tidak panas ataupun demam, tidak batuk dan tidak pilek, apabila saya pegang dia bilang sakit tp anaknya tetap aktif bermain dan masih mau makan, pagi sblmnya ketika mandi tanpa sengaja saya pegang lehernya dia bilang sakit tp saat itu tidak bengkak dan baru pagi ini saja tiba2 bengkak yg lumayan besar sehingga terlihat ..kira2 itu pembengkakan itu kenapa ya dok, … saya tunggu jawabannya terima kasih

  5. razel

    Malam menjelang pagi dok?
    Dok? Saya ada benjolan kecil dibelakang sebelah kanan tapi gk ada rasa sakit sama sekali,yg saya herankan kenapa benjolan kecil seperti jerawat bisa jadi besar,sebesar isi kacang hanya dalam waktu kurang lebih 2bulan
    Mohon pencerahanya dok?
    Terima kasih

  6. gilang

    Asallammualaikum dok?
    Benjol yg saya rasakan
    Sama persis apa yg dirasakan
    Saudara Razel
    Mohon apa yg mesti kami lakukan dok?
    Terimakasih

  7. hendrik

    malam dok, di belakang telinga kiri saya ada benjolan kecil, kira2 sdh 2 hari ini.. tdk nyeri, skt atau apapun.. nafsu makan normal. apa sebabnya yah dok? mohon petunjuk nya.. apa perlua tindak lanjut dokter spesialis ? atau dgn minum obat bisa menghilangkan benjolan tersebut. terima kasih.

  8. Risty

    Mlm .
    Saya mw tanya kn anak saya ada benjojan di telinga kanan dn kiri nya kira kira seukuran biji jagung awal nya tidak ada tapi setelah pengobatan mulai muncul benjan di telinganya kata dokter sih gpp tpi saya masih khawatir ,yg saya mw tanyakan berapa lama benjolan itu hilang setelah pengobatan tbc berlangsung selama 9bulan .
    Terimakasih

  9. dewi

    Slmt malam dok,,,
    Mau tanya,,anak saya umur 6th,,demam sdh sekitar 3 hari,,nafsu makan menurun,,demam keluar klo sore sampai pagi,,,klo siang demam hilang,,trus hari ini anak mengeluh ada benjolan kecil dibelakang telinga,,,
    Itu kenapa y dok?mohon jawabannya trimakasih

  10. Masfuh

    Malam mas kevin.. Gejala anda sma yg ku alami. Sya udah priksa ke dokter ktanya hrus di operasi.. Semoga sehat sllu bwat kita semua. amin

  11. miemieek

    Assalamualaikum doc.saya ada masalah bengkak bagian telinga….bila d sentu terasa sakit apa kah puncahnya…sekarang dari bawa telinga..dah pegi siring kepala..ia membuatkan saya berasa takut apa ka ni jenis penyakit atau sebaliknya ??

  12. risna

    Dok saya mau tanya,, di belakang telinga kanan saya ada benjolan seukuran kacang ijo tpi klw di sentuh keras kaya tulang,, dari benjolan itu saya sering sakit kepala,, terakhir kemarin di dekat pundak ada benjolan disertai pegal pegal dan memerah,, kenapa ya dok ,, bisa dijelaskan

  13. Tria Adinda

    dok saya mau konsul saya telinga saya mengalami benjolan dibelakang telinga sejak hampir 2 tahun ini umurn nya makin membesar awal nya hanya sebesar biji kacang ijo tapi sekarang sudah sebesar lebih dari ibu jari jempol. saya sering pusing dok,pusing nya sangat sakit sekali,demam,dan selalu terasa sakit jika lama terkena panas dan memerah sehingga mengakibatkan pusing kepala yang sangat hebat. tadi saya check uo kdkter tapi dokter nya tidak bilang ap2 hanya saja saya diberi antibiotik dn harus dihabiskan selama 3 hari ini jika masih membengkak tidak mengecil kontrol pun harus dilanjut kan.
    kira2 apa penyebab benjolan dibelakang telinga saya dok ?
    obat yg diberikan itu hufaflox caproflaxacin ,dan kemoren diclomenac sodium dok itu obat untuk penyakit apa dok? terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      apakah dulu atau sebelumnya pernah ada riwayat keluar cairan dari dalam telinga? apakah ada keluhan telinga berdenging? pusng yang anda rasakan apakah berdenyut??apakah ada demam?yang diberikan oleh dokter adalah antibiotik untuk kuman dan obat penghilang rasa nyeri.
      mohon konfirmasinya

  14. Nurhayati

    Malam dok saya mau konsul nih suami saya uda mau dua tahun ini ada benjolan di belakang telingah kira” sebesar kacang benjolan nya keras seperti tulang tidak ada keluhan apapun dan tidak sakit kalau di pencet kira” benjolan itu berbahaya ngak ya dok tolong jawaban nya ya dok

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Bu Nurhayati
      berikut ciri-ciri benjolan yang curiga ganas antara lain:
      -bertambah besar dengan cpeat
      -bentuknya tidak teratur
      -berkembang menjadi luka yang tidak kunjung sembuh
      – dasar benjolannya tidak jelas
      -tidak mudah digerakkan (immobile)
      -batas benjolan tidak jelas
      -disertai gejala lain misal penurunan berat badan >10% dalam 1 bulan
      bila anda mengalami gejala-gejala tersebut diatas, anda perlu waspada dan segera periksa
      bila tidak, cukup dipantau secara berkala

      untuk menentukan suatu benjolan curiga jinak atau curiga ganas diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung
      silakan periksa ke dokter terdekat
      terima kasih

  15. yani abung

    Slmt mlm dok’..izin dok konfrmasi anak saya umur dua tahun di belakang teling sebelah kiri terdapat benjolan sebesar kacang polong’….mohon petunjuknya dok’..

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Bu Yani Abung
      Sejak kapan benjolan tersebut muncul?
      apakah kadang hilang dan kadang muncul? atau menetap?
      apakah anak ibu juga mengalami demam?
      apakah ada keluhan dari telinga? misla keluar cairan dari telinga?

      keluhan benjolan dapat disebabkan karena infeksi ataupun tumor
      bila karena infeksi, dapat sembuh total bila infksi nya diobati
      tetapi bila karena tumor, perlu pemeriksaan lebih lanjut
      untuk membedakan keduanya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter
      silakan periksa ke dokter terdekat
      Terima kasih

Leave a Comment