Penyebab Bengkaknya Pergelangan Kaki

DokterSehat.Com – Kadang kala kita mengalami rasa yang aneh di pergelangan kaki kita. Selain rasa sakit, pergelangan kaki juga mengalami pembengkakan. Padahal, kita tidak mengalami kecelakaan atau jatuh sama sekali. Hal ini tentu akan membuat kita tidak nyaman untuk berdiri atau bahkan berjalan. Tahukah anda, pergelangan kaki yang tiba-tiba membengkak ternyata bisa menjadi penanda adanya masalah dalam tubuh kita.

doktersehat-bursitis-nyeri-tumit

Jika pergelangan kaki kita mengalami pembengkakan, maka hal pertama yang bisa kita perkirakan adalah pergelangan kaki kita mengalami cedera. Kaki bisa saja mengalami keseleo saat berjalan atau bahkan saat kita berdiri setelah bangun. Jangan terlalu sering menggunakan pergelangan kaki yang membengkak agar kaki bisa segera pulih kembali dan pembengkakan pun akan menjadi lebih reda. Ibu hamil pun bisa mengalami pembengkakan pergelangan kaki tanpa kita sadari. Ibu hamil bisa mengalami perubahan hormon dan juga peningkatan tekanan darah dan protein dalam urine. Selain itu, perubahan postur tubuh pada ibu hamil yang sangat signifikan bisa menyebabkan pergelangan kaki membengkak. Selain pembengkakan pada pergelangan kaki, perubahan ini bisa menyebabkan ibu hamil mudah mual atau merasakan rasa nyeri pada pinggangnya.

Pembengkakan pada pergelangan kaki juga bisa disebabkan oleh masalah pada organ-organ penting dalam tubuh layaknya ginjal, jantung atau bahkan hati. Organ hati yang tidak berfungsi dengan baik ternyata bisa membuat protein albumin mendorong kebocoran pada darah sehingga membuat jaringan otot, sendi, dan tulang pada sekitar pergelangan kaki pun mengalami penumpukan cairan. Hal ini memicu pembengkakan pada pergelangan kaki dan bahkan pada area perut dan dada.

Penyebab pembengkakan pada pergelangan kaki berikutnya adalah karena kasus lymphedema atau adanya permasalahan pada kelenjar getah bening. Cairan getah bening yang biasanya tersaring melalui kelenjar ini ternyata bisa ditembus karena adanya bakteri dan membuat kelenjar ini berkumpul pada  pergelangan kaki dan membuat pembengkakan. Jika anda mengalami hal ini, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Awas, Masalah Lambung Bisa Berlanjut Menjadi Kanker