Penyebab Bayi Lahir Prematur Yang Jarang Di Ketahui

DokterSehat.Com – Kelahiran bayi prematur tentu tak diharapkan para ibu. Bayi prematur lahir ketika usia kandungan ibu kurang dari 37 minggu dengan berat badan di bawah normal yaitu kurang dari 2,5 kilogram. Hal ini menyebabkan organ-organ tubuh bayi tidak berfungsi dengan baik dan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

218574269_c5adeb36f5_o

Banyak faktor yang menyebabkan bayi lahir prematur. Faktor terbesar adalah karena infeksi gigi dan gusi. Di mana selama masa kehamilan si ibu hanya fokus pada asupan gizi dan rutin memeriksakan kandungan tanpa diimbangi pemeriksaan kesehatan gigi dan gusi.

Ada pasien yang datang ke saya menanyakan kenapa bayinya lahir prematur, padahal makan sudah bagus, gizi yang seimbang, dan rutin cek ke dokter kandungan. Namun, dia tidak menyadari kalau infeksi gigi dan gusi juga dapat memengaruhi kondisi tersebut, kata Ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading dr Boy Abidin dalam diskusi Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil di Jakarta, Kamis (4/9/2015).

Selama hamil, seorang ibu juga tidak menyadari kalau gigi mengalami perubahan. Selain itu, mimisan yang kerap terjadi selama ibu hamil pun merupakan pertanda ada infeksi di tubuhnya.

Lebih lanjut, terkadang kehamilan dapat membuat tubuh mereka rentan terhadap infeksi. Bukan hanya itu, kondisi tubuh saat hamil juga cenderung memicu infeksi yang diderita menjadi lebih serius jika tidak ditangani segera. Sebagai contoh gangguan gigi dan gusi pada ibu hamil menjadi sumber infeksi dalam kehamilan.

BACA JUGA : Lubang Penis Anak Ada Dua