Penyebab Bayi Baru Lahir Terinfeksi Hepatitis

DokterSehat.com – Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan adanya infeksi pada hati. Parahnya, hepatitis juga bisa dialami oleh bayi yang baru lahir. Infeksi ini bisa ditularkan dari ibu selama proses persalinan berlangsung. Hepatitis tidak ditularkan selama bayi berada dalam kandungan karena virus tak mudah melewati plasenta atau ari-ari.



Gejala

Kebanyakan bayi yang terinfeksi akan mengalami hepatitis menahun (kronis) yang biasanya dapat menimbulkan gejala pada masa kanak-kanak. Hepatitis pada bayi baru lahir dapat menyebabkan kematian.

Bayi yang menderita hepatitis akan menunjukkan gejala seperti berikut ini:

  • Pembesaran hati
  • Sakit kuning karena peningkatan kadar bilirubin
  • Ascites, yakni penimbunan cairan dalam perut

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, hasil pemeriksaan fisik dan hasil pemeriksaan darah.

Pengobatan

Sebaiknya saat hamil, periksakan secara teratur, pastikan ada tidaknya virus hepatitis B dalam tubuh. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya penularan pada bayi saat proses persalinan berlangsung. Bagi bayi yang baru lahir dengan riwayat ibu penderita hepatitis B maka akan diberikan suntikan immunoglobulin hepatitis B dalam waktu 24 jam setelah lahir, sebelum terjadi infeksi. Suntikan ini berfungsi untuk melindungi bayi sementara. Pada waktu yang sama juga diberikan vaksinasi hepatitis B sebagai perlindungan jangka panjang.