Penyebab Batuk Berdarah Dan Bahayanya Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Batuk adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang manusia. Banyak orang yang menganggap batuk sebagai penyakit yang tidak perlu banyak dikhawatirkan dan asalkan kita meminum obat warung, batuk akan mereda dengan sendirinya. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari jika ada banyak jenis batuk yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Salah satu jenis batuk yang cukup membuat orang khawatir adalah batuk berdarah. Batuk berdarah bisa menjadi adanya pertanda adanya masalah pada organ pernafasan atau bahkan pencernaan dalam tubuh kita.

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Secara medis, batuk berdarah disebut sebagai haemoptysis. Darah yang keluar bersama dengan lendir saat kita batuk bisa berasal dari paru-paru. Hanya saja, jika darah yang keluar ternyata berwarna merah yang cenderung kehitaman, biasanya darah ini berasal dari organ pencernaan. Jika batuk berdarah ini berasal dari adanya infeksi pada saluran pernafasan, bisa jadi batuk berdarah adalah pertanda dari dari masalah bronchiectasis. Bronchiectasis akan membuat batuk rejan dan nafas yang cenderung lebih pendek dari normalnya. Selain itu, paru-paru juga bisa mengalami penyumbatan darah dan menyebabkan masalah pulmonary embolism. Selain batuk dengan lendir yang mengeluarkan darah, penderita masalah ini juga bisa mengalami sesak nafas dan rasa sakit pada dadanya.

Masalah paru-paru lain yang menyebabkan batuk berdarah adalah adanya tuberculosis. Penyakit ini cukup banyak ditakuti oleh banyak orang. Penderita tuberculosis akan menderita batuk berdarah yang disertai dengan demam dan pada akhirnya paru-paru mengalami infeksi yang parah. Paru-paru juga bisa mengalami kondisi pulmonary edema atau berkumpulnya cairan pada paru-paru karena efek dari jantung yang bermasalah. Dalam kondisi ini, batuk akan disertai darah berwarna pink dan adanya buih. Batuk berdahak juga bisa terjadi karena masalah kanker pada paru-paru atau pada tenggorokan. Banyak perokok berat yang mengalami batuk berdarah karena masalah kanker para saluran pernafasan.

Baca Juga:  Cara Mengobati Mata Minus

Batuk berdarah tidak bisa dibiarkan dan diobati dengan obat batuk biasa. Anda harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter secepat mungkin karena adanya kemungkinan masalah kesehatan yang lebih besar dan harus segera ditangani. Banyak kasus dimana orang membiarkan masalah batuk berdarah dibiarkan saja akhirnya berujung pada kematian sehingga anda tentu harus menganggap hal ini sebagai masalah yang serius.