informasi kesehatan


Penyebab Bahu Terasa Sakit

Penyebab Bahu Terasa Sakit

DokterSehat.com – Pernahkah bahu Anda terasa kaku dan nyeri saat digerakkan? Bila itu terjadi, bisa jadi Anda terkena bahu beku atau capsulitis adhesive. Bahu beku merupakan gangguan di mana jaringan ikat di sekitar sendi glenohumeral bahu menjadi band meradang, kaku, dan abnormal sehingga mengakibatkan gerakan menjadi terbatas dan sangat menyakitkan.

Gangguan di bagian bahu ini kerap dialami orang yang berusia 40 sampai 60 tahun dan lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

Penyebab

Belum diketahui pasti penyebab munculnya bahu beku, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa memicunya, seperti diabetes, kecelakaan, stroke, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan jaringan ikat.

Bahu beku juga bisa terjadi akibat patah tulang, operasi, atau cedera lainnya. Pasien disarankan menggerakkan bahu mereka segera setelah cedera atau pembedahan untuk mencegah bahu beku.

Gejala

Bahu beku biasanya menunjukkan gejala sakit. Rasa sakit ini bisa memburuk pada awal perjalanan penyakit dan saat Anda menggerakkan lengan. Biasanya rasa sakit akan terasa di atas daerah bahu luar dan terkadang sampai ke lengan atas.

Diagnosa

Penderita akan mengalami bahu yang kaku hingga hampir tidak mungkin untuk melakukan gerakan sederhana seperti menaikkan lengan. Gerakkan penderita pun menjadi terbatas.

Hasil pemeriksaan dengan rontgen (X-ray) akan menunjukkan struktur padat seperti tulang. X-ray bisa menunjukkan masalah lain di bahu Anda, seperti arthritis.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan USG. Studi-studi ini dapat membuat gambar yang lebih baik dari masalah dengan jaringan lunak, seperti manset rotator robek.

Pengobatan

Untuk mengobati gangguan ini diperlukan kombinasi dari obat, fisioterapi, dan latihan yang dilakukan di rumah. Pada beberapa kasus penderita membutuhkan manipulasi sendi bahu dengan anestesi untuk memecah band jaringan abnormal. Debridement arthroscopic dari jaringan parut mungkin diperlukan untuk kasus yang lebih parah.

Manipulasi di bawah anestesi (Manipulation Under Anaesthesia). Selama prosedur ini, Anda akan ditidurkan. Dokter Anda akan memaksa Anda untuk menggerakkan bahu yang mengakibatkan kapsul dan jaringan parut untuk meregangkan atau merobek. Hal ini bertujuan untuk melepaskan pengetatan dan berbagai peningkatan gerak.

Bahu Artroskopi. Dalam prosedur ini, dokter akan memotong porsi ketat dari kapsul sendi. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan pensil berukuran instrumen dimasukkan melalui sayatan kecil di sekitar bahu Anda.

pf button both Penyebab Bahu Terasa Sakit
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

11 Responses to “Penyebab Bahu Terasa Sakit”

  1. Fierly A says:

    Selamat Pagi Dokter,
    Bapak Mertua saya sudah hampir 1 minggu ini muntah darah terus. badannya lemas. dari riwayat kesehatan bapak punya penyakit diabetes. di lihat kondisi fisik bagian perut ada yg benjol/menonjol. badan juga semakin kurus. muntah darah bapak agak berkurang setelah di lakukan suntik langsung oleh mantri dekat rumah. mohon pencerahannya untuk penyakit bapak mertua saya ini & solusi terbaiknya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat sore,

      Bagaimana dengan muntah darah nya? apakah darah segar/ bewarna kecoklatan? Yang banyak terjadi pada penderita diabetes adalah muntah darah yang disebabkan oleh serosis hepatis (kelainan hati). Bila hal ini terjadi tentunya penyakit diabetes tersebut sudah menyebabkan komplikasi kepada organ. Diperlukan penanganan intensive untuk hal tersebut dan sangat disarankan untuk pasien dirawat di rumah sakit.

      Untuk benjolan sendiri ada di bagian perut sebelah mana benjolan tersebut? Apakah cepat membesar dalam waktu singkat?

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Ismail says:

    Terkait dengan bahu beku, saya pernah mengalami hal serupa sebanyak 2 kali yaitu kaku pada bahu sampai sekitar otot punggung. Kejadiannya sama yaitu setelah saya mandi pagi hari. Dan itu memang sangat sakit sekali, sehingga untuk menggerakkan bahu atau pun tangan keatas sangat sakit. Begitu juga menggerakkan leher untuk menoleh kekanan, kekiri, keatas ataupun kebawah amat terbatas.
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah bahu beku tersebut bisa jadi akibat banyak minum kopi atau begadang dok ?
    2. Apa tindakan awal jika saya mengalami lagi hal yang serupa ?

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Penyebab Dari bahu beku belum dapat dipastikan secara pasti, namun berhubungan dengan diabetic. Minum kopi Yg berlebihan bisa memicu diabetic, Karena minum kopi pasti me,Akan gula. Bila memang pernah terjadi berulang, kami sarankan untuk diperiksakan ke dokter untuk diterapi Dan tidak terjadi Lagi. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Ismail says:

        Terima kasih dok, tp kalau saran langkah awalnya dari kejadian tersebut gimana dok ? saya belom dapat jawaban nih…

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Untuk mengurangi nyerinya anda bisa minum obat analgesic/anti nyeri seperti paracetamol (dijual bebas) Dan segera ke dokter. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. jorghi says:

    dok sendi peluru/bagian di sekitar bahu sampai lengan saya jika di putar putar terasa nyeri dan berbunyi krek krek,,,,apa penyebabnya ya dok apa karena kurang cairan sinovial atau otot bagian bahu saya kecetit,,,,hal ini sudah terjadi cukup lama dok

    APA PENYEBAB DARI SAKIT INI DOK???

    PENANGGULAN APA YANG HARUS DILAKUKAN SEGERA???

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • jorghi says:

      atau karena jatuh,saya tidak tahu kapan hal ini terjadi

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        Bila Sudah lama sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk diperiksa langsung Dan bila perlu dilakukan pemeriksaan tambahan lainnya. Semoga lekas sembuh. Trims

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Siti Nurchotimah says:

    Dok, sy bru berumur 28 thn, tp pundak sering terasa sakit. Apa mungkin krn dulu wktu msh kerja, sering mandi malam y? Atau karena penyebab lain?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Mandi malam tidak berhubungan. Kemungkinannya ialah posisi kerja Yg salah, kolesterol, hypertensi, tegang.
      Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya Dan ditangani segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0