Penyebab Bahu Terasa Sakit

DokterSehat.com – Pernahkah bahu Anda terasa kaku dan nyeri saat digerakkan? Bila itu terjadi, bisa jadi Anda terkena bahu beku atau capsulitis adhesive. Bahu beku merupakan gangguan di mana jaringan ikat di sekitar sendi glenohumeral bahu menjadi band meradang, kaku, dan abnormal sehingga mengakibatkan gerakan menjadi terbatas dan sangat menyakitkan.



Gangguan di bagian bahu ini kerap dialami orang yang berusia 40 sampai 60 tahun dan lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

Penyebab

Belum diketahui pasti penyebab munculnya bahu beku, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa memicunya, seperti diabetes, kecelakaan, stroke, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan jaringan ikat.

Bahu beku juga bisa terjadi akibat patah tulang, operasi, atau cedera lainnya. Pasien disarankan menggerakkan bahu mereka segera setelah cedera atau pembedahan untuk mencegah bahu beku.

Gejala

Bahu beku biasanya menunjukkan gejala sakit. Rasa sakit ini bisa memburuk pada awal perjalanan penyakit dan saat Anda menggerakkan lengan. Biasanya rasa sakit akan terasa di atas daerah bahu luar dan terkadang sampai ke lengan atas.

Diagnosa

Penderita akan mengalami bahu yang kaku hingga hampir tidak mungkin untuk melakukan gerakan sederhana seperti menaikkan lengan. Gerakkan penderita pun menjadi terbatas.

Hasil pemeriksaan dengan rontgen (X-ray) akan menunjukkan struktur padat seperti tulang. X-ray bisa menunjukkan masalah lain di bahu Anda, seperti arthritis.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan USG. Studi-studi ini dapat membuat gambar yang lebih baik dari masalah dengan jaringan lunak, seperti manset rotator robek.

Pengobatan

Untuk mengobati gangguan ini diperlukan kombinasi dari obat, fisioterapi, dan latihan yang dilakukan di rumah. Pada beberapa kasus penderita membutuhkan manipulasi sendi bahu dengan anestesi untuk memecah band jaringan abnormal. Debridement arthroscopic dari jaringan parut mungkin diperlukan untuk kasus yang lebih parah.

Baca Juga:  Penyebab Varikokel Dan Cara Mengobati Varikokel Yang Tepat

Manipulasi di bawah anestesi (Manipulation Under Anaesthesia). Selama prosedur ini, Anda akan ditidurkan. Dokter Anda akan memaksa Anda untuk menggerakkan bahu yang mengakibatkan kapsul dan jaringan parut untuk meregangkan atau merobek. Hal ini bertujuan untuk melepaskan pengetatan dan berbagai peningkatan gerak.

Bahu Artroskopi. Dalam prosedur ini, dokter akan memotong porsi ketat dari kapsul sendi. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan pensil berukuran instrumen dimasukkan melalui sayatan kecil di sekitar bahu Anda.