Penyebab Bahu Terasa Sakit

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Pernahkah bahu Anda terasa kaku dan nyeri saat digerakkan? Bila itu terjadi, bisa jadi Anda terkena bahu beku atau capsulitis adhesive. Bahu beku merupakan gangguan di mana jaringan ikat di sekitar sendi glenohumeral bahu menjadi band meradang, kaku, dan abnormal sehingga mengakibatkan gerakan menjadi terbatas dan sangat menyakitkan.

Gangguan di bagian bahu ini kerap dialami orang yang berusia 40 sampai 60 tahun dan lebih sering dialami wanita ketimbang pria.

Penyebab

Belum diketahui pasti penyebab munculnya bahu beku, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa memicunya, seperti diabetes, kecelakaan, stroke, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan jaringan ikat.

Bahu beku juga bisa terjadi akibat patah tulang, operasi, atau cedera lainnya. Pasien disarankan menggerakkan bahu mereka segera setelah cedera atau pembedahan untuk mencegah bahu beku.

Gejala

Bahu beku biasanya menunjukkan gejala sakit. Rasa sakit ini bisa memburuk pada awal perjalanan penyakit dan saat Anda menggerakkan lengan. Biasanya rasa sakit akan terasa di atas daerah bahu luar dan terkadang sampai ke lengan atas.

Diagnosa

Penderita akan mengalami bahu yang kaku hingga hampir tidak mungkin untuk melakukan gerakan sederhana seperti menaikkan lengan. Gerakkan penderita pun menjadi terbatas.

Hasil pemeriksaan dengan rontgen (X-ray) akan menunjukkan struktur padat seperti tulang. X-ray bisa menunjukkan masalah lain di bahu Anda, seperti arthritis.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan USG. Studi-studi ini dapat membuat gambar yang lebih baik dari masalah dengan jaringan lunak, seperti manset rotator robek.

Pengobatan

Untuk mengobati gangguan ini diperlukan kombinasi dari obat, fisioterapi, dan latihan yang dilakukan di rumah. Pada beberapa kasus penderita membutuhkan manipulasi sendi bahu dengan anestesi untuk memecah band jaringan abnormal. Debridement arthroscopic dari jaringan parut mungkin diperlukan untuk kasus yang lebih parah.

Baca Juga:  Kanker Laring

Manipulasi di bawah anestesi (Manipulation Under Anaesthesia). Selama prosedur ini, Anda akan ditidurkan. Dokter Anda akan memaksa Anda untuk menggerakkan bahu yang mengakibatkan kapsul dan jaringan parut untuk meregangkan atau merobek. Hal ini bertujuan untuk melepaskan pengetatan dan berbagai peningkatan gerak.

Bahu Artroskopi. Dalam prosedur ini, dokter akan memotong porsi ketat dari kapsul sendi. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan pensil berukuran instrumen dimasukkan melalui sayatan kecil di sekitar bahu Anda.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Evi Devita

    Selamat siang dok,
    Saya ibu rumah tangga, usia 50 tahun, 2 bulan terakhir ini bahu kanan dan lengan atas saya terasa sangat tegang dan kaku sekali, gerakannya menjadi terbatas karena kaku dan ototnya sangat tertarik. terutama pada posisi tangan keatas, dan tangan kanan memegang bahu kiri. Rasanya pegel sekali walaupun sedang tidak beraktifitas. Kolesterol dan gula saya normal. Sudah saya coba diurut ringan/ perlahan, tapi tidak membantu, hanya berkurang beberapa jam saja.
    Mohon advisnya dok, tks

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Evi Devita
      keluahn yang and alami dapat disevavkan karena kekauan otot punggung dan pundak yang disebut frozen shoulder
      sebaiknya periksa ke dokter terdekat
      dan bila perlu dapat dilakukan fisioterapi oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi medik di Rumah sakit, dan sebaiknya setelah dilakukan sekali-dua kali sebaiknya anda mengulanginya di rumah
      terima kasih

  2. Anonymous

    selamat malam dok, saya perempuan usia 19 tahun. saya sering mengalami sakit di bahu kanan dekat leher. ketika digerakkan tidak sakit, tapi ditekan sedikit rasanya sudah sangat sakit. dan terkadang tiba2 rasanya seperti ditusuk jarum disalah satu titik, padahal saya tidak melakukan apapun. itu gimana ya dok? mohon sarannya :) terima kasih

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena peradangan pada otot, misal karena gerkan ynag tiba-tiba
      sebaiknya lakukan stretching otot tangan dan punggung secara perlahan-lahan dan jangan dipaksa bila terasa nyeri
      bila keluhan berlanjut sebaiknya periksa ke dokter terdekat untuk pemeriksaan dan diberikan obat anti peradangan
      terima kasih

  3. Sisca

    Dok mau nanya mama saya bahunya sering bengkak dan sakit dan posisi bengkaknya sering berpindah, terkadang di sebelah aknan dan terkadang di sebelah kiri. Sakit yang dirasakan dari leher sampai lengan bagian atas. Kira-kira ini sakit apa ya dok dan bagaimana cara menyembuhkannya ?

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Sisca,
      apkah rasa nyeri muncul ketika digerakkan?
      atau nyeri muncul tiba tiba saat sedang diam?
      keluhan yang dialami oleh mama anda dapat disesbabkan karena kekakuan otot, mislanya frozen shoulder, ataupun karena peradangan pada sendi atau rheumatoid arthritis
      perlu pemeriksaaan fisik lebih lanjut secara langsung
      terima kasih

  4. Sisca

    Dok mau nanya mama saya bahunya sering bengkak dan sakit dan posisi bengkaknya sering berpindah, terkadang di sebelah knan dan terkadang di sebelah kiri. Sakit yang dirasakan dari leher sampai lengan bagian atas. Kira-kira ini sakit apa ya dok dan bagaimana cara menyembuhkannya ?
    Terimakasih dok

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Sisca,
      apkah rasa nyeri muncul ketika digerakkan?
      atau nyeri muncul tiba tiba saat sedang diam?
      keluhan yang dialami oleh mama anda dapat disesbabkan karena kekakuan otot, mislanya frozen shoulder, ataupun karena peradangan pada sendi atau rheumatoid arthritis
      perlu pemeriksaaan fisik lebih lanjut secara langsung
      terima kasih

  5. Agusta Nugraha

    awalnya bermula dr sekitaran telapak tangan dan jari2 tangan sebelah kiri yg sesekali seperti kebas dan kesemutan. lalu skg berpindah ke bahu sebelah kiri dan seringkali jadi nyeri terutama saat mengendarai motor atau cuaca dingin.
    kondisi akan diperparah saat naek motor dan menggendong tas ransel yg diletakkan di punggung. nyerinya seringkali terasa di pundak sebelah kiri dan seringkali kebas dan kesemutannya menjadi. bila ransel disimpan di depan dada, rasanya tidak sesakit ransel di punggung.
    sdh pernah ke dokter dan diberikan vitamin b kompleks tp tdk ada perubahan.
    sdh cek lab dan kadar gula normal, kolesterol di ambang batas tinggi, asam urat sesekali di ambang batas tinggi, diberi obat tp tdk menolong banyak. sesekali diresepkan natrium diklovenak tp saya gak suka minum obat kalau masih bisa saya tahan rasa sakitnya.
    rasanya ada yang salah dengan situasi ini dan diperberat dg bila menggunakan tas ransel di belakang yg rasanya menekan bahu sebelah kiri.
    apa yg mesti saya lakukan?
    seorang kawan menyarankan saya konsultasi ke bagian syaraf tp saya masih belum yakin.
    saya tunggu advisenya dan terima kasih…

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Pak Agusta
      maaf, berapa usia anda?
      dari keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena jepitan saraf oleh karena adanya pembengkakakan/peradangan pada otot punggung
      sehingga menimbulkan rasa kesemutan yang menjalar sampai ke ujung jari
      dari keluhan yang anda alami perlu pemeriksaan fisik secara langsung untuk menentukan pada saraf mana yang mengalami gangguan, perlu diperiksa oleh Dokter Sp. Saraf

      untuk penanganan sendiri anda dapat melakaukan stretching pada punggung dan otot2 tangan, dan menghindari gerakan yang menghentak

      Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
      Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

  6. Tanti Losari

    Siang dok ,saya wanita berusia 22th.
    Saya mengalami sakit di bahu kiri bahkan sampai tulang di bawah leher dan lengan juga ikutan sakit ketika di sentuh dan di gerakkan ke atas.

    1. dr. Vanny Bernadus

      @Tanti
      pernah terbentur atau riwayat trauma lainnya? sering mengangkat beban berat pada bahu yg nyeri?

  7. Dian

    Dok saya irma usia 31 th.tangan kanan saya terasa sakit saat digerakan.bahu dan tangan bagian atas saja yg terasa sakit.kl tangan saya gerakkan ke belakang gak bisa dok terasa sakit banget.itu knp y dok.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malma Dian
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena peradangan pada otot gelang bahu, yang disebut frozen shoulder
      silakan periksa ke dokter terdekat
      terima kasih

  8. Pera

    Selamat pagi dok.
    Saya pera usia saya saya 20 tahun saya sudah 3 tahun ini mengalami sakit di bahu kanan saya… rasanya tuh pegel sama kaku dok, kalau di tekan sakit banget bahkan hanya di tekan dengan telunjuk rasanya tuh nyeri dok,. Sebenernya apa yang saya alami dok.?? Terus kalau mau ke dokter sebaiknya ke dokter spesialis apa yah dok.??

    Terima kasih.

  9. Atqiya F

    Selamat siang Dok,
    Saya merasakan sakit di bagian bahu kanan. Bagian tersebut pernah terbentur, tapi rasa sakitnya baru terasa setelah selang beberapa hari. Kadang rasa sakitnya terasa panas dan seperti ditusuk-tusuk.
    Mohon sarannya, Dok.
    Hatur nuhun

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *