Kebiasaan Makan Siang yang Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gendut

doktersehat-makanan-ganggu-kesehatan-tulang

DokterSehat.Com– Di dalam pola hidup sehat, kita diwajibkan untuk makan secara teratur, yakni tiga kali sehari. Waktu yang tepat dan benar adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Akan tetapi, tidak sedikit yang terbiasa melewatkan salah satu dari jam makan tersebut.

Alasannya adalah karena takut berat badan menjadi bertambah. Padahal, melewatkan jam makan, terutama makan siang akan membuat tubuh menjadi lesu dan mempunyai keinginan untuk menyantap makanan ringan. Bahkan, bisa menghabiskan makan malam dalam porsi yang banyak.

Namun, ada beberapa kebiasaan makan siang yang juga bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Kebiasaan tersebut tanpa disadari sering kita lakukan hampir setiap hari. Beberapa kebiasaan tersebut diantaranya:

1. Membeli Makanan di Luar

Terkadang, kita malas untuk membawa makanan dari rumah sehingga mau tidak mau kita harus membelinya di luar. Padahal, makanan yang di beli di luar belum terjamin kebersihannya. Dan juga, bahan yang digunakan belum tentu sehat. Bisa jadi makanan tersebut mengandung penyedap tambahan atau MSG. seperti yang kita tahu bahwa MSG bisa membuat berat badan naik secara drastis. Oleh sebab itu, sebaiknya membawa makanan sendiri di rumah, karena lebih sehat tanpa menggunakan bahan yang berbahaya.

2. Makan Sambil Bermain Ponsel

Ponsel sudah menjadi kebutuhan utama dan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan, benda kecil tersebut selalu digenggam kemanapun mereka pergi, walaupun hanya ke toilet sekalipun. Tidak sedikit juga yang masih memiliki kebiasaan makan sambil bermain ponsel. Kebiasaan tersebut sebaiknya harus segera dihentikan. Pasalnya, terdapat banyak kuman dan bakteri yang menempel di ponsel. Selain itu, ketika Anda makan sambil bermain ponsel, Anda tidak akan fokus terhadap makanan yang dimakan. Sehingga, menyebabkan Anda menghabiskan lebih banyak makanan dan tentu saja akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk.

3. Minum Soda

Mungkin, sebagian besar orang terbiasa minum air putih setelah makan. Namun, ada juga yang memiliki kebiasaan minum soda setalah makan. Padahal, soda mengandung banyak gula. Jika Anda memiliki kebiasaan minum soda setelah makan, maka timbunan lemak di dalam tubuh Anda akan semakin bertambah.