Penyebab BAB Berdarah

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pertanyaan Konsultasi

Salam Dokter,
Saya baru saja bab dan kaget bangat,soalnya keluar darah. Pertama keluar tinja biasa tanpa ada darah,kemudian cuma darah segar yang keluar tanpa ada tinja. Apa penyebab semua ini dokter? Apakah saya terkena penyakit yang berbahaya atau gimana dokter?

Salam

Bapak Samsul

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Darah yang keluar menyusul setelah keluaranya bab dapat disebabkan oleh beberapa hal,bisa saja dari robeknya pembuluh darah yang terdapat di mukosa anus,dari infeksi saluran cerna atau bisa juga dari adanya perdarahan pada saluran cerna bagian bawah. Bila boleh tahu,adakah rasa nyeri yang sangat pada perut sebelum hal tersebut terjadi atau adakah bab yang sebelumnya terasa sangat keras?
Keparahan dan pengobatan yang dilakukan pun akan sangat berbeda tergantung pada penyebab perdarahan itu sendiri. Umumnya hal tersebut dikatakan berbahaya bila berlangsung lebih dari 1kali.Untuk memastikannya lebih lanjut,diperlukan anamnesa,pemeriksaan fisik kadang juga pemeriksaan lab lebih lanjut. Oleh karena itu kepada kakak saya sangat menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebagai tambahan, Bila pak samsul kesulitan / keras saat BAB cobalah dengan memakan serat (buah-buahan dan sayuran ) lebih banyak.

Salam

dr. Nellyn Angela

Team DokterSehat.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. hilda

    Dear dokter
    Usia saya 33 th…sudah 2x saya mengalami BAB berdarah. Darah yg keluar cukup banyak hampir spt mens..tp saya tidak merasakan sakit atau nyeri pada perut ,cuma waktu BAB, fesis awal memang terasa agak keras baru disertai darah setelah itu feses yg keluar normal tp ttap berdarah n saya tdk merasakan ada yg mengganjal pada anus.saya memang biasa BAB tidak tiap hari..n sekedar diketahui saya baru 3 bln hbs operasi melahirkan.
    Apakah itu gejala penyakit berbahaya dan apa ada hubungannya dengan bekas operasi saya…apa yg harus saya lakukan u mengatasinya?sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    Wasalam

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment