Penyebab Ambeien Yang Paling Umum

DokterSehat.Com – Meskipun terlihat sebagai penyakit yang memalukan, ambeien atau wasir ternyata banyak diderita banyak orang di Indonesia. ambeien sendiri adalah adanya benjolan layaknya daging tumbuh pada area anus yang bisa membuat masalah kesulitan buang air besar. Dalam beberapa kasus, penderita ambeien bahkan bisa mengalami buang air besar yang disertai dengan adanyad arah yang tentu akan menimbulkan kepanikan. Sebenarnya, apa sajakan penyebab ambeien atau wasir ini?

doktersehat-pantat-kentut

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah sembelit atau konstipasi adalah hal yang paling umum menyertai para penderita ambeien dimana saja. Bagaimana tidak, saat seseorang mengalami sembelit yang biasanya disebabkan oleh kotoran yang terlalu keras ternyata bisa bisa memunculkan benjolan daging pada anus. Seringkali konstipasi ini disebabkan oleh pola makan yang buruk dimana kita jarang mengkonsumsi makanan kaya serat layaknya sayuran dan buah-buahan. Kebalikan dari sembelit, diare yang bisa menyebabkan buang air besar sangat cair dan perut mulas-mulas ini juga bisa menyebabkan ambeien. Biasanya, diare dengan level akutlah yang pada akhirnya akan menimbulkan ambeien pada dubur. Hal ini dikarenakan diare ini disebabkan oleh kurang bersihnya makanan, tangan, hingga lingkungan tempat kita makan.

Kebiasaan buruk manusia modern dimana kita cenderung duduk terlalu lama di depan komputer untuk bekerja atau bahkan hanya sekedar menonton televisi ternyata menjadi salah satu penyebab utama penyakit ambeien. Tanpa kita sadari, duduk terlalu lama ternyata bisa membuat ketidaklancaran aliran darah dan akhirnya menimbulkan wasir pada dubur. Jika kebiasaan ini dikombinasikan dengan kurangnya konsumsi air putih dalam sehari yang kurang dari 2 liter, maka kita pun akan semakin beresiko terkena wasir.

Penyebab ambeien berikutnya yang kadang kita abaikan adalah wanita yang melakukan proses melahirkan normal dimana saat mengejan dengan keras, maka Ia pun beresiko menimbulkan ambeien dalam duburnya. Jika hal ini terjadi, maka kita pun harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar kita tidak menderita karena masalah ambeien pada dubur.