Penyebab Alergi Mata dan Cara Mengatasinya

Doktersehat.com – Pernahkah mata Anda terasa gatal, berair, dan merah setelah bersin-bersin? Bila hal ini pernah terjadi pada Anda bisa jadi itu disebabkan alergi pada mata atau konjungtivitis alergi. Lalu, apa kaitannya dengan bersin-bersin? Biasanya alergi mata terjadi pada kedua mata yang  berhubungan dengan rinitis alergi atau alergi hidung seperti bersin-bersin.



Alergi mata diakibatkan reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang masuk ke mata. Sel mast akan memproduksi histamin yang mengakibatkan gangguan pembuluh darah dan menyebabkan kelopak mata membengkak. Zat yang menyebabkan munculnya reaksi alergi disebut dengan alergen, misalnya debu, kosmetik, lensa kontak, dan polutan dari kendaraan.

Alergi mata bisa mengakibatkan munculnya lingkaran hitam dan bengkak di daerah mata. Menurut Kris G. McGrath, Profesor medik di Northwestern University Feinberg School of Medicine, mata bengkak dan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata disebabkan adanya gangguan aliran darah pada pembuluh darah di area mata ketika terjadi alergi mata.

Untuk mengatasi terjadinya alergi, Anda sebaiknya menghindari apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya alergi, bila kondisi makin memburuk segera hubungi dokter.

Menurut McGrath pengobatan alergi mata dapat dilakukan dengan menghindari alergen dan obat untuk mengurangi inflamasi pada hidung.

Selain itu ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan alergi mata atau bisa juga dijadikan stretegi pencegahan munculnya gejala alergi mata.

1. Cuci tangan

Umumnya alergi mata disebabkan masuknya alergen ke mata melalui tangan. Karena itu, pastikan  tangan Anda bersih sebelum menyentuh mata.

2. Pakai obat tetes mata

Untuk mengeluarkan alergen dari mata, Anda bisa membilas mata dengan garam dan air mata buatan. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mampu mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan histamin. Meski begitu, jangan terlalu sering menggunakan produk ini sebab bisa membuat mata lebih sensitif dan mudah teriritasi.

Baca Juga:  Segudang Manfaat dari Pahitnya Daun Pepaya

3. Kompres dingin

Saat terjadi alergi kelopak mata akan membengkak dan terasa gatal. Untuk mengatasinya Anda bisa mengompres mata dengan handuk dingin atau kantong beku.

4. Tutup jendela

Alergen yang berada di luar ruangan tidak selalu bisa Anda hindari, namun alergen dapat dicegah masuk ke dalam ruangan dengan cara menutup jendela rumah atau mobil, terutama saat cuaca berangin.

5. Pakai kacamata
Kacamata dapat menghalau alergen masuk ke dalam mata

Sumber:  kompas.com