Penyakit Yang Sering Diderita Anak Perempuan Usia Remaja

DokterSehat.Com – Ketika menjadi orangtua dari remaja, maka banyak sekali masalah yang harus dihadapi oleh kita. Masalah-masalah yang muncul ini bukan hanya dari masalah sosial atau pribadi saja melainkan masalah kesehatan pun menjadi topik yang sering diperbincangkan. Banyak sekali gangguan kesehatan yang dialami oleh remaja. Seperti apa penyakit yang sering diderita anak perempuan usia 13 sampai 18 tahun sekarang ini?

8

  1. Jerawat
    Masalah yang paling sering muncul pada anak perempuan remaja adalah jerawat, menstruasi,dan perubahan bentuk tubuh. Jerawat seringkali membuat anak peremuan minder dan tidak ingin menghabiskan waktunya bersama teman-teman sebayanya di luar rumah. Anak akan berusaha keras mencoba produk yang cocok untuk menghilangkan jerawatnya. Meskipun hanya satu jerawat tetapi rasanya sangat mengganggu bagi remaja putri.

    Jerawat bisa  menjadi masalah yang sangat berat bagi remaja putri karena jerawat muncul dengan porsi yang berbeda di setiap orang. Ada yang mengalami masalah jerawat sangat parah sehingga susah hilang dan membuat wajah menjadi rusak, ada juga yang hanya mendapat satu atau dua jerawat kecil yang tidak begitu mengganggu. Jerawat mungkin salah satu penyakit yang sering diderita anak perempuan usia 13 sampai 18 tahun.

  1. Bulimia dan anoreksia
    Selain jerawat yang sering mengganggu kehidupan anak perempuan adalah gangguan makan. Banyak remaja putri yang sangat mengkhawatirkan berat badannya sehingga mereka melakukan diet yang tidak sehat dan merugikan, remaja masih berada dalam tahap pertumbuhan yang memerlukan asupan nutrisi besar bagi perkembangan tubuhnya. Namun kekhawatiran akan gemuk menjadi salah satu gangguan yang serius.

    Penyakit serius yang harus dikhawatirkan bisa terjadi pada anak remaja Anda adalah bulimia dan anoreksia yang merupakan gangguan psikologis yang melibatkan gangguan besar pada pola makan anak. Remaja dengan anoreksia menolak punya berat badan yang normal sedangkan remaja dengan bulimia menolak memasukkan makanan ke dalam tubuhnya. Makanan yang sudah masuk dikeluarkan kembali dengan cara memuntahkannya.

Namun, gangguan seperti ini banyak terjadi di negara barat sana. Di Indonesia jarang sekali remaja terkena anoreksia atau bulimia, itulah penyakit yang sering diderita anak perempuan usia 13 sampai 18 tahun.