Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri Helicobacter Pylori

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang masalah pada lambung, maka kita pun akan cenderung berpikir jika penyebab masalah ini adalah dari makanan yang kita konsumsi. Padahal, ada penyebab lain dari masalah lambung yang patut kita waspadai; yakni bakteri helicobacter pylori. Yang mengerikan adalah, bakteri ini bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui media ciuman! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-virus-kanker-cancer-rubella-gaucher-disease-rhabdomyosarcoma

Pada jaman dahulu, pakar kesehatan berpikir jika penyebaran bakteri helicobater pylori disebabkan oleh alat-alat makan yang kurang dibersihkan dengan baik, khususnya pada rumah makan, warung, cafe, dan tempat makan luar rumah lainnya. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika penularan bakteri ini justru berasal dari kontak oral yang diantaranya adalah ciuman, sebagaimana guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Marcellus Simadibrata mengungkapkan fakta ini.

Bakteri helicobater pylori sendiri ternyata mampu menyebabkan lambung mengalami peradangan atau yang disebut sebagai penyakit dispepsia. Jika hal ini terjadi, lambung pun beresiko mengalami maag. Yang menjadi masalah adalah, jika bakteri ini terus berkembang dengan pesat dan menyebabkan infeksi pada lambung, dikhawatirkan lambung akan mengalami penyakit berbahaya layaknya ulkus atau bahkan kanker lambung!

Selain penularan melalui media ciuman oral, yang sayangnya kini banyak dilakukan oleh anak-anak muda dan bisa bergantian, pakar kesehatan juga menyebutkan jika sentuhan tangan yang berasal dari tangan yang kurang dicuci dengan bersih namun sudah terkena cipratan muntahan dari mereka yang sudah tertular bakteri ini juga beresiko tertular. Karena alasan inilah kini ada baiknya kita lebih rutin mencuci tangan dengan bersih dan memakai sabun. Untuk mengatasi bakteri helicobater pylori sendiri bisa dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik dan obat penekan asam lambung selama dua minggu.