Penyakit Yang Bisa Diobati Akupuntur

DokterSehat.Com – Akupunktur merupakan praktek penyembuhan kuno dari pengobatan Cina tradisional di mana jarum tipis ditempatkan pada titik-titik tertentu di dalam tubuh, terutama digunakan untuk meredakan nyeri, tapi bisa juga digunakan untuk mengobati kondisi lain. Lebih dari 3 juta orang Amerika pernah melakukan akupunktur. Tetapi sesungguhnya pengobatan ini lebih populer di negara-negara Asia.

7

Cara kerja akupuntur

Akupunktur bekerja dengan cara berusaha melepaskan aliran energi vital tubuh atau “chi” dengan merangsang titik sepanjang 14 jalur energi. Para ilmuwan mengatakan, jarum membantu tubuh melepaskan endorfin (obat penghilang rasa sakit alami) dan meningkatkan aliran darah serta mengubah aktivitas otak. Namun bagi kaum Skeptis mengatakan, akupunktur bekerja hanya karena orang-orang percaya akan efek yang disebut efek plasebo.

Apakah akupuntur menyakitkan?

Jarum akupunktur sangat tipis dan kebanyakan orang mengaku tidak merasakan sakit atau hanya sedikit merasakan sakit ketika jarum ditusukkan ke tubuh mereka, mereka yang sudah sudah atau sering melakukannya mengatakan, tubuhnya jadi lebih berenergi atau santai setelah perawatan.

Berikut beberapa penyakit yang dipercaya bisa diobati dengan akupuntur :

  1. Penyakit pencernaan seperti gastritis dan hyperacidity (asid dispepsia), kolik, sembelit, dan diare.
  1. Penyakit pernafasan seperti sinusitis, sakit tenggorokan, bronkitis, asma.
  1. Penyakit saraf dan otot seperti sakit kepala, kaku pada wajah, sakit leher, neuritis pada rusuk, kaku bahu, siku yang membesar seperti bola tenis, berbagai jenis radang otot atau tendinitis, rasa sakit di bagian bawah punggung, dan osteoartritis.
  1. Masalah saluran air kencing, haid, dan kesuburan.

Efek samping akupunktur pun terbilang ringan. Seseorang yang melakukan pengobatan akupunktur mungkin mengalami perubahan selera makan, kebiasaan tidur, kebiasaan buang air besar maupun kecil, hingga emosi. Namun, Anda tak perlu cemas sebab keberadaan efek samping menandakan akupunktur tengah bekerja. Sensasi rileks ataupun kebingungan ringan yang singkat wajar terjadi dan hanya berlangsung sementara.