Penyakit Yang Biasanya Menyerang Wanita Ini Ternyata Juga Bisa Menyerang Kaum Pria

DokterSehat.Com – Meskipun sama-sama manusia, ternyata secara struktur gen, hormon, hingga anatomi, pria dan wanita memiliki perbedaan yang cukup kentara. Sayangnya, adanya perbedaan ini membuat wanita cenderung lebih mudah mengalami berbagai macam penyakit jika dibandingkan dengan pria. Sebagai contoh adalah osteoporosis. Namun, meskipun memiliki kecenderungan menyerang kaum wanita, bukan berarti pria terbebas dari berbagai resiko terkena berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa penyakit yang biasanya menyerang wanita namun juga berpotensi menyerang kaum pria.

doktersehat-kanker-payudara-penyakit

Osteoporosis adalah penyakit yang sangat identik dengan penyakit kaum wanita, khususnya yang sudah berusia lanjut. Memang satu dari tiga wanita yang sudah memasuki fase menopause akan memiliki resiko terkena masalah osteoporosis dan tentu rasio ini sangatlah besar. Namun, tahukah anda, resiko terkena masalah kepadatan tulang di usia lanjut ini juga masih cukup besar bagi kaum pria, yakni setidaknya satu dari lima pria memiliki resiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Sebagaimana namanya, kanker payudara tentu akan sangat identik dengan bagian tubuh wanita. Sayangnya, penyakit yang mematikan ini juga bisa menyerang kaum laki-laki. Memang, data kesehatan menunjukkan hanya sekitar 1 persen pria yang beresiko terkena kanker payudara. Namun, belakangan rasio ini meningkat dan karena tubuh pria cenderung lebih adem ayem dan tidak menunjukkan gejala-gejala adanya penyakit, khususnya yang disebabkan dari kanker, banyak pria yang akhirnya terlambat menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara.

Anoreksia atau gangguan makan seringkali dikaitkan dengan penyakit yang menyerang kaum hawa, apalagi bagi mereka yang terobsesi dengan tubuh yang sangat ideal dan ramping. Sayangnya, kini banyak pria yang juga memiliki obsesi untuk tampil dengan tubuh yang ideal sehingga anoreksia pun semakin banyak menyerang pria. Tercatat, 10 hingga 15 pria ternyata mengalami anoreksia dan berpotensi membuat masalah kesehatan pada organ jantung, tulang, hingga saluran pencernaan yang tentu sangat berbahaya.