Penyakit Yang Biasa Dialami Malam Hari

DokterSehat.Com – Penyakit-penyakit ini akrab disebut dengan penyakit nocturnal karena memang seringkali muncul dan menyerang di malam hari, kemunculannya seringkali mendadak dan tak tampak ada gejala apa-apa. Mengejutkan dan tak jarang terasa sakit.



Munculnya penyakit ini malah bisa dikatakan sebagai gejala penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai apabila kemunculannya terlalu sering dan mengganggu.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang kerap muncul saat malam tiba :

  1. Mulas disertai turun berat badan
    Bila anda kerap mengalami mulas saat malam hari selama berhari-hari dan diikuti kemerosotan pada berat badan, waspada dengan segala kemungkinan yang berhubungan dengan hernia, infeksi saluran pencernaan dan gastritis. Gangguan kesehatan ini perlu segera diatasi supaya berat badan tidak di bawah normal.
  1. Suara keratan gigi
    Suara keratan gigi di malam hari saat anda tengah tertidur pulas merupakan pertanda bahwa anda sering mengalami stres, insomnia hingga mengorok. Untuk meminimalisir timbulnya suara keratan saat tidur, anda perlu menjauhi rokok, minuman keras dan kopi. Buat diri anda lebih tenang dan rileks sebelum tidur.
  1. Kram kaki
    Nutrisi yang tidak seimbang bisa memicu kram kaki. Gangguan kesehatan ini bisa dikarenakan kurangnya asupan magnesium, potassium, kalsium dan elektrolit. Untuk mengatasi penyakit di malam hari ini anda perlu memperbanyak konsumsi pisang, sayuran hijau, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan. Hindari terlalu banyak mengasup makanan yang mengandung garam.
  1. Keringat dingin
    Jangan menyelepekan keringat dingin saat anda akan tidur. Banyak orang tak tahu bahwa munculnya keringat dingin saat malam tiba menjadi pertanda  tuberculosis. Suhu tubuh biasanya akan meningkat saat sore hari disertai dengan demam.
  1. Mulas berlebihan
    Perut yang terasa mulas berlebihan saat malam hari bisa merujuk pada timbulnya penyakit kanker di dalam tubuh. Disarankan bagi anda yang sering mengalami gangguan kesehatan semacam ini untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin. Tak ada salahnya bila anda menghindari makanan ataupun minuman yang bisa membuat rasa mulas kambuh setiap malam hari.