Penyakit West Nil Dan Gejala-gejalanya

DokterSehat.Com – Virus West Nile merupakan jenis virus yang ditularkan melalui nyamuk dan bisa menimbulkan penyakit. Mendapatkan bantuan medis secepatnya merupakan salah satu langkah paling penting dalam mengambil tindakan terhadap penyakit ini. Mereka yang lebih awal mendapatkan bantuan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk pulih dari penyakit ini. Bahkan dengan perawatan medis sekalipun, bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bagi seseorang untuk pulih sepenuhnya dari virus West Nil. Penyakit ini juga dapat sangat memperlemah sistem kekebalan tubuh penderitanya sehingga membuat mereka rentan terhadap berbagai penyakit lainnya.



Gejala-gejala virus West Nil mungkin dapat sangat ringan atau sangat berat pada seseorang. Pada awalnya, banyak orang merasa mereka hanya terkena flu. Mereka akan merasa sangat lelah dan mungkin merasa pegal di seluruh tubuh mereka. Kadang-kadang ini juga disertai dengan sakit kepala atau demam. Sebagian orang akan melihat kalau mereka memiliki ruam di bagian tubuh mereka, umumnya di tempat di mana nyamuk menggigitnya. Meskipun begitu, salah satu gejala yang paling umum adalah pembengkakan kelenjar limfe.

Dalam kasus virus west nil yang lebih parah, seseorang akan mengalami muntah dan diare. Ini dapat mengakibatkan orang tersebut mengalami dehidrasi dan lesu. Kebanyakan orang akan mencari pertolongan karena mungkin khawatir mereka telah keracunan makanan. Seseorang akhirnya dapat menjadi kehabisan energi dan kelelahan selama berbulan-bulan setelah awalnya mereka didiagnosa menderita virus West Nil.

Ada beberapa gejala lanjutan dari virus West Nil yang mengancam kehidupan. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebar ke otak. Jika hal ini terjadi, kematian adalah hal yang hampir pasti. Jaringan yang ada di sekitar otak akan meradang dan bengkak. Ini dikenal sebagai Ensefalitis. Kadang-kadang jaringan saraf pusat juga akan meradang, yang dikenal sebagai meningitis.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Sakit Perut pada Anak

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki gejala yang dapat dikaitkan dengan penyakit virus West Nil, Anda harus mencari perawatan medis. Mereka bisa melakukan tes untuk mengetahui secara pasti. Ini mungkin hanya flu biasa atau sesuatu yang lain, tapi Anda harus mencari tahu terlebih dahulu. Virus West Nil terlalu brutal bagi Anda untuk dimiliki dan dibiarkan tidak diobati.

BACA JUGA : Ketahui Resiko Terlalu Banyak Minum Air Putih