Penyakit Wanita Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Dalam dunia yang semakin modern ini, masalah kesehatan menjadi topik yang umum dibicarakan. Selain karena pemahaman akan gaya hidup sehat menjadi lebih baik, manusia modern, baik pria maupun wanita, sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Bukan saja karena konsumsi jenis makanan yang makin jauh dari sifat alaminya, namun juga karena berbagai jenis penyakit baru muncul akibat makin rusaknya lingkungan dimana kita tinggal.



Oleh karena itu masalah kesehatan sebaiknya menjadi prioritas utama dalam hidup, terutama bagi kaum wanita. Ini tidak ada hubungannya dengan pemikiran bahwa kaum wanita lebih lemah dibandingkan pria, namun lebih karena wanita menghadapi ancaman gangguan kesehatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan pria.

Berikut akan dijelaskan beberapa dari masalah kesehatan pada wanita yang umum ditemukan :

  1. Keputihan
    Merupakan jenis penyakit wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak normal pada vagina, biasanya disertai dengan rasa gatal pada vagina dan bagian luar vagina, berbau busuk, terasa nyeri sewaktu buang air kecil dan sewaktu melakukan hubungan seks. keputihan bukan penyakit tersendiri tetapi dapat merupakan gejala dari penyakit yang lain.
  1. Kanker payudara
    Merupakan tumor ganas yang telah berkembang dari sel – sel yang ada di dalam payudara. Berdasarkan sifat serangannya kanker payudara dibagi menjadi 2 yaitu kanker payudara invasif dan kanker payudara non invasif. Berdasarkan prevalensinya kanker payudara dibagi menjadi 2 yaitu kanker payudara yang umum terjadi dan kanker payudara yang jarang terjadi. Kanker payudaya yang umum terjadi terdiri dari : Lobular Carsinoma in Situ ( LCIS ), Ductal Carsinoma in Situ ( DCIS ), Infiltrating Lobular Carsinoma ( ILG ), Infiltrating Ductal Carsinoma ). Jenis kanker payudara yang jarang terjadi terdiri dari :  Modullary Carsinoma, Mucinous Carsinoma, Tubular Carsinoma, Inflammatorybreast Cancer, Paget’s Disease of Nipple, Phylloides Tumor.
  1. Kanker leher rahim (cervical cancer) atau kanker serviks
    Penyakit wanita yang satu ini merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim  yang terlatak antara rahim ( uterus ) dengan liang senggama ( vagina ).
  1. Kanker rahim
    Adalah tumor ganas pada endometrium ( lapisan rahim ). Kanker rahim biasanya terjadi setelah menopause, paling sering menyerang wanita pada usia 50 hingga 60 tahun. Penyakit ini bisa menyebar ( metastase ) secara lokal maupun ke berbagai bagian tubuh ( misalnya kanalis servikalis, tuba  falopii, ovarium, daerah di sekitar rahim, sistem getah bening atau ke bagian tubuh lainnya melaui pembuluh darah.
  1. Hamil di luar kanadungan
    Adalah kehamilan dimana sel telur ( ovum ) yang sudah dibuahi oleh spermatozoon tidak berada  ( implantasi ) di rongga rahim ( endometrium ). Berdasarkan tempatnya, kehamilan di luar kandungan terdiri dari : Kehamilan tuba, kehamilan pada leher rahim ( servikalis ), kehamilan indung telur ( ovarium ), kehamilan jaringan ikat rahim ( intra ligamenter ), kehamilan rongga perut ( abdomen ), kehamilan kombinasi ( ada 2 kehamilan, yang satu kehamilan di luar kandungan, satunya lagi kehamilan dalam rahim secara bersamaan ).
  1. Keguguran
    Adalah kehilangan kandungan pada saat janin berusia dibawah 20 minggu, bila lebih maka dikatakan sebagai kelahiran prematur. Pada umumnya wanita dapat kembali hidup normal pasca keguguran, asalkan terjadi dengan sempurna, keguguran tidak akan membahayakan. Calon ibu dapat kembali setelah melewati satu periode menstruasi.
Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Masalah Serangan Jantung atau Stroke

Penyakit – penyakit khas pada wanita seperti di atas sering tidak disadari para penderitanya, gejala – gejala yang timbul sering dianggap sebagai hal biasa karena kondisi tidak fit saja, sehingga yang terjadi adalah terlambat penanganan karena kanker atau penyakit wanita tersebut telah berkembang ke stadium lanjut. Jika anda mengalami gejala ataukondisi yang tidak biasa pada diri anda segeralah periksa ke dokter untuk menghindari kondisi yang lebih parah.