informasi kesehatan


Penyakit Tifus

Penyakit Tifus

DokterSehat.com – Tifus, mungkin penyakit yang satu ini sudah banyak orang yang tahu. Penderita tifus biasanya mengalami demam tetapi tidak disertai batuk dan pilek. Dan demamnya sukar sekali turun walaupun telah meminum obat penurun demam. Hal itu biasanya berlangsung selama 1 minggu bahkan lebih. Sebenarnya apa itu penyakit tifus, apa penyebab, bagaimana gejala dan penanganannya, berikut adalah penjelasannya.
Penyakit tifus (Thypus Abdominalis) merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Gejala-gejala

Gejala klinis pada anak-anak biasanya lebih ringan daripada orang dewasa. Masa tunas rata-rata 10-20 hari. Tetapi bisa hanya 4 hari, jika terinfeksinya melalui kuman yang ada di makanan. Selama masa inkubasi akan ditemukan gejala-gejala yang mungkin mirip dengan penyakit lain, seperti tidak enak badan, lesu, nyeri kepala, pusing dan tidak bersemangat. Gejala klinis yang ditemukan setelah masa inkubasi lewat adalah demam tinggi, biasanya malam lebih tinggi daripada siang, dan ini terjadi terus menerus, bisa sampai tiga mingguan. Selain panas tinggi, juga tercium bau mulut yang tidak sedap, bibir kering dan pecah-pecah. Juga ditemukan lidah ditutupi selaput putih. Perut sering kembung, dan konstipasi alias tidak buang air besar selama beberapa hari. Biasanya juga disertai gangguan kesadaran, bahkan penderita dapat kehilangan kesadaran bila penyakit ini tidak tertangani dengan baik.

Penyakit tifus yang tidak tertangani dengan baik, atau diketahui dalam keadaan sudah parah dapat menimpulkan komplikasi yang cukup berbahaya, baik di usus maupun di organ selain usus. Misalnya terjadi perdarahan usus, atau bahkan usus bisa berlubang. Sementara pada organ di luar usus dapat menimbulkan komplikasi pada sistem peredaran darah, gangguan paru, ginjal, hati, dan juga sistem kesadaran.

Proses Penularan

Penularan salmonella thypi dapat melalui makanan, jari tangan/kuku, muntah, lalat, dan feses. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid. Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial. Sel-sel retikuloendotelial ini kemudian melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah dan menimbulkan bakterimia, kuman selanjutnya masuk limpa, usus halus dan kandung empedu.

Semula disangka demam dan gejala toksemia pada typhoid disebabkan oleh endotoksemia. Tetapi berdasarkan penelitian eksperimental disimpulkan bahwa endotoksemia bukan merupakan penyebab utama demam pada typhoid. Endotoksemia berperan pada patogenesis typhoid, karena membantu proses inflamasi lokal pada usus halus. Demam disebabkan karena salmonella thypi dan endotoksinnya merangsang sintetis dan pelepasan zat pirogen oleh leukosit pada jaringan yang meradang.

Penanganan

  • Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhu turun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Sebenarnya tujuan utama dari istirahat total dimaksudkan untuk mencegah terjadinya komplikasi di usus.
  • Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang (diet rendah serat dan tinggi kalori dan protein). Yang dimaksud dengan jenis yang merangsang disini adalah makanan pedas dan asam.
  • Kesembuhan penderita penyakit ini dipengaruhi berbagai hal, di antaranya adalah umur, keadaan umum, tingkat kekebalan penderita, jumlah dan daya infeksi kuman yang masuk tubuh, serta cepat dan tepatnya pengobatan.

Yang Perlu Diperhatikan :

  • Masalah penderita carrier. Setiap orang yang terinfeksi kuman salmonella, akan meng ekskresikan kuman tersebut bersama dengan feses dan air seni selama beberapa waktu tertentu atau sekitar tiga bulan. Jika hal ini terjadi terus menerus setelah lebih tiga bulan maka yang bersangkutan dikatakan sebagai carrier. Orang yang menjadi carrier ini merupakan sumber penularan penyakit tifus kepada orang lain. Kuman tifus bisa tetap ada pada carrier tadi hingga lebih dari 1 tahun.
  • Pencegahan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara menyediakan sarana air minum yang memenuhi syarat, pembuatan jamban yang hygienis, pemberantasan lalat dan pengawasan terhadap rumah makan dan penjual makanan adalah beberapa hal yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
  • Terhadap manusia dilakukan upaya imunisasi untuk memberikan kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit ini, sehingga masyarakat akan berusaha untuk menjaga dirinya dan lingkungannya untuk selalu bersih dan sehat.

Sumber : mojokertocyber.com

pf button both Penyakit Tifus
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

102 Responses to “Penyakit Tifus”

  1. EVA says:

    sakit tipes tuh suatu saat bisa kambuh gk ya????
    anak saya umur 1tahun 6 bulan, baru sembuh dari sakit tipes,4 hari dirawat di rumah sakit.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Keponakan sya sering sakit perut dan malam hari badannya hangat.kami sdh membawa ke dokter cek darah negatif DB…yang kami takutkan keponakan sya kena gejala tifus.artikel ini sangat membantu sya untuk mencek kondisi si kecil…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Nita says:

    dok saya mau tanya suami saya kan kemarin terserang gejala tifus api sudah agak pulih trus dia puasa dok api malah kalo sudah jam lewat dia pusing dan mual, keringat dingin bgaimana ya dok apa suami saya msh sakit tifusnya tapi kalo sudah buka dok jam 8malam itu pusing ya ilang dok terima kasih dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,
      Salam sehat,

      Kalau boleh tau kemarin disini maksudnya sudah berapa lama yang lalu? Apakah sudah meminum obat dari dokter dan dinyatakan sudah sembuh sebelumnya?

      Yang banyak dialami pada orang berpuasa dengan gejala di atas adalah gastritis akut atau yang lebih dikenal awan adalah sakit mag. Selain itu gejala pusing sendiri dapat disebabkan karena kondisi hipoglikemia atau kadar gula darah yang turun karena telah lama tidak makan.

      Bila memang keluhan masih saja berlanjut, sangat disarankan untuk bapak berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk diberikan terapi yang sesuai.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Hadi says:

      dok saya mau tanya gmna cara menikan trombosit yg cepat dan tensi dok ????

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        @hadi, pertanyaan anda kurang jelas. Tolong diperjelas maksudnya. Trims

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. rudi says:

    Thanks bt infonya
    Sgt membantu.
    (Rudi)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Kalo masih gejala tifus sebenarnya sudah tifus atau belum dok ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,
      Salam sehat,

      Sebenarnya bergantung kepada dokter yang menangani anak ibu tersebut, namun secara umum maksud gejala tifus adalah pasien memiliki gejala yang mengarahkan kecurigaan kita ke diagnosa penyakit tifus itu sendiri sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan( tambahan )dan observasi pasien untuk memastikannya.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • guntur says:

        anak saya terkena gejala tifus, makanan apa sj yang harus dihindari?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Kurangi gorengan, minyak, santan, sambal, mie instant, perbanyak makanan yg direbus, sayuran, buah, minum air Putih Dan istirahat Yg banyak.
          Selain itu minum obat secara teratur. Semoga lekas sembuh. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. indra says:

    tifus (thypus) cause by ricketsiae

    tipes/tipes/demam tifoid (thypoid fever) cause by salmonell tyhpii et.all

    thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Haris says:

    Dok saya mau tanya
    Saya pernah menderita penyakit tifes slama 5 bulan..
    Sesudah itu saya sudah bisa braktivitas lagi seperti berolahraga..
    Kirain saya sudah sembuh total,tapi seperti dokter jelaskan diatas gejalanya persis awal mula sya terserang tipes..
    nah yang mau sya tanyakan bagaimana cara mencegah untuk tidak terkena penyakit tifes akut,dan kemungkinan apa sya dapat sembuh total dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Pada pasien yang terserang demam tifoid, post rawat (keadaan membaik) tidak boleh untuk beraktifitas berat terlebih dahulu, lebih idealnya untuk melakukan bed rest sampai 7-10 hari bebas demam, makanan pun harus lunak dan tidak berserat. Bila langsung beraktifitas berat maka kemungkinan besar akan kambuh kembali.

      Untuk pencegahan sendiri terdapat imunisasi untuk penyakit ini, namun harus dipastikan orang yang menerima imunisasi tersebut telah sehat total.

      Semoga bemrnafaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Haris says:

        “imunisasi” maksudnya yang seperti apa dok ya?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. nellyn angela says:

          Selamat pagi,
          Salam sehat,

          Imunisasi terhadap salmonella typhii, diberikan lewat suntikan, dan mempunyai daya efektifitas antara 1,5-2tahun untuk mencegah terjangkitnya penyakit demam tifoid. Imunisasi ini tersedia di banyak tempat (klinik & RS).

          Bila tidak melakukan imunisasi tersebut, pencegahan dapat dilakukan dengan memastikan makanan &minuman yang kita komsumsi bersih, karena penularan tifoid adalah rute fecal oral, dalam arti melalui apa yg masuk melalui mulut kita.

          Semoga bermanfaat
          Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • haris says:

            dok ada cara lain juga gx dok,misalnya dengan madu. Menurut artikel yg saya baca madu juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit tipes.
            apakah boleh dok kalau di bantu dengan madu….?

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. haris says:

    terimakasih atas nasehat nya sngat bermanfaat….

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Fitri says:

    dok, saya mau tanya.
    saya baru dapat kabar teman saya sedang dirawat di rumah sakit. dia terserang penyakit tifus dan katanya sudah parah sampai dimasukan di ruang ICU. memangnya penyakit itu sangat berbahaya sekali ya dok? terimakasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Tifus ialah penyakit infeksi pada saluran pencernaan dimana bila tidak diterapi bisa menyebabkan perforasi usus atau pecahnya usus, Dan tentu saja Ini membahayakan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. Hafiz says:

    Met pg dok
    sy sudah 1 bulan lebih menderita tipes. Sudah 4x berobat jalan, 1x opname di rumah sakit… Obat dr dokter sudah sy minum, obat tradisional mulai dari yg berbahan herbal tumbuhan, cacing tanah, gamat, dan terakhir ini, sy sedang konsumsi Imunos, gamat dan air rebusan cacing. Kondisi badan: kalo capek sedikit, badan jd lemas. Lidah masih berwarna putih.
    Pertanyaan sy, bagaimana mempercepat proses penyembuhan tipes ini. Karena sy sangat jenuh bed rest dan banyak pekerjaan yg terbengkalai… Terima kasih atas jawabannya. Mohon dibls juga lewat email sy

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk penyakit types, perlu bed rest total. Dan dalam masa pemulihan, kondisi badan memang masih lemas. Lidah berwarna Putih bukanlah petanda patognomomik Dari tipes. Bila perlu anda periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dievaluasi ulang mengenai kondisi anda.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Rian Arista says:

      Saya juga sama dengan hafis. Tipes saya sering kambuh . Gak pernah sembuh total. Lidah pun masih berwarna putih. Apakah hafis susah sembuh total sekarang?

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Hafiz says:

    Obat2an apa saja yg harus sy konsumsi agar benar2 sembuh total?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Maaf disini kami tidak meresepkan obat. Sebaiknya periksakan Dulu ke dokter spesialis enhakit dalam, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. dhilla says:

    dokter saya mahasiswa usia 20th, saya kena typus dri dduk d bgku kls 4 SD saya udh 2x rawat inap(saat SD) sisanya rawat jlan, smjak SMA thypus saya mkin jadi saya jdi lbih rentan kena pnyakit, tp dokter slalu ksih diagnosa yg sama yaitu thypus, cumn saya juga suka sakit pd tulang ekor dan persendian rasanya seperti nyeri gitu, saya mau lakukan check up smua bdan cumn g sempet

    kalo trlalu lama jalan rasanya bgian pinggang dan punggung suka sakit,

    dan semalam saya berobat d dokter umum krna saya ngkos dan dskitar hny ad dokter umum lagi2 saya di diagnosa thypus, pdhl lmbung saya gak sakit dan soal thypus itu mnurut saya emg saya udh ada riwayat thypus dan bakteri itu mgkn emg msih ada, cumn saya masi pnasaran dgn tulang saya, tp dokter itu bilang yg nybebpin tulang2 saya sakit krn leukositnya tinggi,

    tp yg saya bgungin saya suka baca artikel ttg thypus tp djlaskan bahwa jika infeksi dsebabkan oleh bakteri salmonella maka leukosit menurun dan semua yg artikel saya baca berargumen sama, lantas kenapa hasil test darah saya leukosit 11700 dan sblmnya jg prnh test darah hasilnya jg tinggi tp di diagnosa thypus oleh dokter,,
    pdhl yg saya sakitin itu tulang saya yg mudah bunyi dan persendian suka nyeri kalo dtekuk,,trs kalo saya dkasih obat sama dokter tiba2 dingin menggigil sampe gak bisa tidur, krna saya alergi dingin trkadang saat ngonsumsi obat dari dokter umum tmpt saat check jd timbul alergi saya,, yg saya bingung jg apa obat itu harus dlanjutin atau brenti krna saya gak tahan sama alergi saya kalo saya kdinginan sambil mnum obat itu,,

    makasi sebelumnya dokter jawaban dokter sangat berarti buat saya dan semua orang indonesia lainnya yg pnya pengalaman seperti saya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk tulang anda, kemungkinan rasa nyerinya disebabkan Karena gejala2 Dari infeksi Yg sedang anda Alami, dimana pada beberapa penyakit memang menimbulkan gejala nyeri pada sendi2 Dan tulang, atau pernah Ada riwayat Jatuh/terbentur atau riwayat trauma lainnya.
      Untuk alergi anda, harus dibedakan apakah alergi Karena obat/cuaca. Bila memang Karena obat, segera konsultasikan dengan dokter Yg meresepkan obat untuk diganti obatnya.
      Untuk penyakit tipus sendiri, memang bisa kambuh. Dan hasil pemeriksaan lab untuk tipus, dapat dengan tes widal.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • asnan (08562882976) says:

        Reumchec untuk pemeriksaan diangnosa dini RA,yaitu kombinasi unik penanda RA anti-MCV+RF, untuk mendeteksi dini kemungkinan remisi,pembebasan rasa sakit dan fungsi persendian.

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. ela says:

    dokter saya mahasiswa usia 20th, saya kena typus dri dduk d bgku kls 4 SD saya udh 2x rawat inap(saat SD) sisanya rawat jlan, smjak SMA thypus saya mkin jadi saya jdi lbih rentan kena pnyakit, tp dokter slalu ksih diagnosa yg sama yaitu thypus, cumn saya juga suka sakit pd tulang ekor dan persendian rasanya seperti nyeri gitu, saya mau lakukan check up smua bdan cumn g sempet

    kalo trlalu lama jalan rasanya bgian pinggang dan punggung suka sakit,

    dan semalam saya berobat d dokter umum krna saya ngkos dan dskitar hny ad dokter umum lagi2 saya di diagnosa thypus, pdhl lmbung saya gak sakit dan soal thypus itu mnurut saya emg saya udh ada riwayat thypus dan bakteri itu mgkn emg msih ada, cumn saya masi pnasaran dgn tulang saya, tp dokter itu bilang yg nybebpin tulang2 saya sakit krn leukositnya tinggi,

    tp yg saya bgungin saya suka baca artikel ttg thypus tp djlaskan bahwa jika infeksi dsebabkan oleh bakteri salmonella maka leukosit menurun dan semua yg artikel saya baca berargumen sama, lantas kenapa hasil test darah saya leukosit 11700 dan sblmnya jg prnh test darah hasilnya jg tinggi tp di diagnosa thypus oleh dokter,,
    pdhl yg saya sakitin itu tulang saya yg mudah bunyi dan persendian suka nyeri kalo dtekuk,,trs kalo saya dkasih obat sama dokter tiba2 dingin menggigil sampe gak bisa tidur, krna saya alergi dingin trkadang saat ngonsumsi obat dari dokter umum tmpt saat check jd timbul alergi saya,, yg saya bingung jg apa obat itu harus dlanjutin atau brenti krna saya gak tahan sama alergi saya kalo saya kdinginan sambil mnum obat itu,,

    makasi sebelumnya dokter jawaban dokter sangat berarti buat saya dan semua orang indonesia lainnya yg pnya pengalaman seperti saya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk tulang anda, kemungkinan rasa nyerinya disebabkan Karena gejala2 Dari infeksi Yg sedang anda Alami, dimana pada beberapa penyakit memang menimbulkan gejala nyeri pada sendi2 Dan tulang, atau pernah Ada riwayat Jatuh/terbentur atau riwayat trauma lainnya.
      Untuk alergi anda, harus dibedakan apakah alergi Karena obat/cuaca. Bila memang Karena obat, segera konsultasikan dengan dokter Yg meresepkan obat untuk diganti obatnya.
      Untuk penyakit tipus sendiri, memang bisa kambuh. Dan hasil pemeriksaan lab untuk tipus, dapat dengan tes widal.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. maryiono says:

    pagi tadi saya jg divonis typhus 1/320 setelah hasil cek darah.
    angka tsb artinya apa ya? trus saya jg disuruh bed rest.
    jenuh euy di kamar terus (padahal br 5 jam).
    sepertinya saya terlalu lelah n makan gak teratur waktu trip k makasar akhir november lalu.
    jadi saya tadi dikasi antibotik, pereda panas dan vitamin.
    makan juga bubur n jus saja.
    siang ini keringat mngucur deras.
    apakah saya mesti nginap di rumah sakit agar cpat sembuh?
    apakah dirawat di rumah saja bisa sembuh dr pnyakit thypus?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Dalam hasil lab tes widal ada petanda khusus Yg bila terjadi peningkatan dapat berarti positif Thypoid. Bila makan Dan minum baik, serta keadaan umum baik, maka tidak perlu di rawat di RS. Minum obat secara teratur Dan kontrol Kali ke dokter, semoga lekas sembuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. asnan says:

    ada alat untuk diagnosa typoid, yaitu typhidot generasi baru menggunakan antigen OMP 50Kdh untuk mendeteksi antigen spesifik salmonella typhi, lebih spesifik dan sensitif di bandingkan dengan menggunakan antigen LPS dari metode sebelumnya untuk info bisa hubungi Asnan(08562882976)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. daffa says:

    selamat pagi dokter.
    mohon pencerahan, sabtu kemarin anak saya berumur 4 tahun cek darah setealah 5 hari demam.hasilnya positif typus,berhubung kamar rawat inap penuh semua akhirnya kita putuskan rawan dirumah dengan catatan bedrest total.
    obat dan penurun panas diberikan pada hari pertama demam langsung turun , suhu badan stabil di 36 an *C.(suhu ketiak).setelah obat habis kami belum berani kontrol karena anaknya takut jika di ambil sample darah lagi.kalau nangis sambil banyak gerak takut malah jadi panas lagi.
    yang jadi pertanyaan kenapa telapak tangan masih hangat.saat ini kemana – mana masih kita gendong.apakah typus masih positif? apa yang harus kami lakukan dengan kondisi seperti ini?
    terima kasih sebelumnya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila obat baru diminum 1 hari, maka kumannya belum tuntas. Minum obat sampai habis, bed rest Dan Pantang makan, jangan Yg berminyak, goreng2an, Dan makanan Yg merangsang lainnya. Makan bubur dulu, soup2. Dan jangan lupa kontrol ke dokter Yg menangani. Anak menangis bila jumpa dokter itu adalah Hal Yg biasa Dan normal, anda tidak perlu khawatir, kalau anda tidak kontrol hanya Karena takut Anak menangis maka sulit untuk menentukan kondisi kesehatan Anak anda apakah membaik atau tidak. Thypus harus diwaspadai, Karena terjadi infeksi pada usus, Dan bisa menyebabkan perforasi atau robeknya usus Dan bisa berakibat kematian,
      Semoga lekas sembuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Tya says:

    Malam dokter.
    Sya mau tanya. Sudah 2 hari ini sya merasa tdk enak badan. Kepala pusing klo bangun/berdiri. Dalam posisi tiduran pun terasa pusing dan berat.
    Badan anget tp kedinginan. Klau kena air sdikit saja badan langsung merinding.
    Lemes, tdk nafsu makan. Lidah pait dan warnanya putih.
    Apakah yg sya alami ini trmasuk gejala tifus/tidak dok? Apa gejala pnyakit lain?
    Mohon informasinya dok
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Berapa usia anda? sudah menikah/berhubungan badan? Bagaimana dengan pola buang air kecil Dan besar anda? Pola mens? Sebaiknya periksakan ke dokter Karena sulit kami nyatakan apa penyakit anda tanpa mendapatkan keterangan jelas Dan pemeriksaan Fisik. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Tya says:

        Usia saya 21th dok, belum menikah
        pola buang air kecil normal, tapi buang air nesarnya tidak rutin. Kadang susah BAB, kadang juga BAB lembek tapi susah keluarnya.
        Pola mens teratur.
        jadi, gejala penyakit apa dok?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Apakah sampai saat Ini anda masih merasakan keluhan Yg sama? Bila ya, sebaiknya segera ke dokter Dan jangan biarkan terlalu lama. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. vivi says:

    dok, saya tifus sudah sekitar seminggu yang lalu. pas kontrol sudah dinyatakan sehat. yang saya mau tanyakan berapa lama saya harus makan makanan lunak? berapa lama juga saya harus diet makanan berserat? untuk makanan pedas berapa lama? dokter yang menangani saya tidak menjelaaskannya. dia hanya bilang kalau makan seperti biasa saja.
    mohon penjelasannya dok. saya sudah bosen makan makanan hambar

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk anda memang disarankan Nyuk diet Lunak dulu, namun bukan berarti hambar. Boleh menambah lain garam, kecap, dll. Namun untuk minyak, pedas Dan makanan merangsang lainnya sebaiknya dikurangi dulu sampai 2-3 minggu. Untuk makanan berserat tetap harus dilanjutkan Karena baik untuk pencernaan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. PENYAKIT TIFUS | nataliachristinakarame - [...] Penyakit Tifus [...]
  2. Tentang Penyakit Tifus - TPB Blog | TPB Blog - [...] Tentang Penyakit Tifus - Lagi musim Penyakit Tifus, Melihat kejadian Temenku yang terkena Penyakit Tifus. So Simak Tentang Penyakit Tifus yang saya cari …