Penyakit Tifus

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Tifus, mungkin penyakit yang satu ini sudah banyak orang yang tahu. Penderita tifus biasanya mengalami demam tetapi tidak disertai batuk dan pilek. Dan demamnya sukar sekali turun walaupun telah meminum obat penurun demam. Hal itu biasanya berlangsung selama 1 minggu bahkan lebih. Sebenarnya apa itu penyakit tifus, apa penyebab, bagaimana gejala dan penanganannya, berikut adalah penjelasannya.
Penyakit tifus (Thypus Abdominalis) merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).

Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Gejala-gejala

Gejala klinis pada anak-anak biasanya lebih ringan daripada orang dewasa. Masa tunas rata-rata 10-20 hari. Tetapi bisa hanya 4 hari, jika terinfeksinya melalui kuman yang ada di makanan. Selama masa inkubasi akan ditemukan gejala-gejala yang mungkin mirip dengan penyakit lain, seperti tidak enak badan, lesu, nyeri kepala, pusing dan tidak bersemangat. Gejala klinis yang ditemukan setelah masa inkubasi lewat adalah demam tinggi, biasanya malam lebih tinggi daripada siang, dan ini terjadi terus menerus, bisa sampai tiga mingguan. Selain panas tinggi, juga tercium bau mulut yang tidak sedap, bibir kering dan pecah-pecah. Juga ditemukan lidah ditutupi selaput putih. Perut sering kembung, dan konstipasi alias tidak buang air besar selama beberapa hari. Biasanya juga disertai gangguan kesadaran, bahkan penderita dapat kehilangan kesadaran bila penyakit ini tidak tertangani dengan baik.

Penyakit tifus yang tidak tertangani dengan baik, atau diketahui dalam keadaan sudah parah dapat menimpulkan komplikasi yang cukup berbahaya, baik di usus maupun di organ selain usus. Misalnya terjadi perdarahan usus, atau bahkan usus bisa berlubang. Sementara pada organ di luar usus dapat menimbulkan komplikasi pada sistem peredaran darah, gangguan paru, ginjal, hati, dan juga sistem kesadaran.

Proses Penularan

Penularan salmonella thypi dapat melalui makanan, jari tangan/kuku, muntah, lalat, dan feses. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid. Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial. Sel-sel retikuloendotelial ini kemudian melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah dan menimbulkan bakterimia, kuman selanjutnya masuk limpa, usus halus dan kandung empedu.

Semula disangka demam dan gejala toksemia pada typhoid disebabkan oleh endotoksemia. Tetapi berdasarkan penelitian eksperimental disimpulkan bahwa endotoksemia bukan merupakan penyebab utama demam pada typhoid. Endotoksemia berperan pada patogenesis typhoid, karena membantu proses inflamasi lokal pada usus halus. Demam disebabkan karena salmonella thypi dan endotoksinnya merangsang sintetis dan pelepasan zat pirogen oleh leukosit pada jaringan yang meradang.

Penanganan

  • Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhu turun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Sebenarnya tujuan utama dari istirahat total dimaksudkan untuk mencegah terjadinya komplikasi di usus.
  • Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang (diet rendah serat dan tinggi kalori dan protein). Yang dimaksud dengan jenis yang merangsang disini adalah makanan pedas dan asam.
  • Kesembuhan penderita penyakit ini dipengaruhi berbagai hal, di antaranya adalah umur, keadaan umum, tingkat kekebalan penderita, jumlah dan daya infeksi kuman yang masuk tubuh, serta cepat dan tepatnya pengobatan.

Yang Perlu Diperhatikan :

  • Masalah penderita carrier. Setiap orang yang terinfeksi kuman salmonella, akan meng ekskresikan kuman tersebut bersama dengan feses dan air seni selama beberapa waktu tertentu atau sekitar tiga bulan. Jika hal ini terjadi terus menerus setelah lebih tiga bulan maka yang bersangkutan dikatakan sebagai carrier. Orang yang menjadi carrier ini merupakan sumber penularan penyakit tifus kepada orang lain. Kuman tifus bisa tetap ada pada carrier tadi hingga lebih dari 1 tahun.
  • Pencegahan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara menyediakan sarana air minum yang memenuhi syarat, pembuatan jamban yang hygienis, pemberantasan lalat dan pengawasan terhadap rumah makan dan penjual makanan adalah beberapa hal yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
  • Terhadap manusia dilakukan upaya imunisasi untuk memberikan kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit ini, sehingga masyarakat akan berusaha untuk menjaga dirinya dan lingkungannya untuk selalu bersih dan sehat.

Sumber : mojokertocyber.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Sinta

    Dok saya panas pusing sakit badan setelah pergi ke dokter katanya terkena gejala tipus mau tanya kenapa ya dok saya susah bab? Sudah di coba makan pepaya tetep aja hampir 4 hari tidak bab padahal perut sudah kembung dan sering bunyi juga sakit dok kadang sakit dada juga gimana ya dok supaya bisa bab dengan lancar? Makasih dok

    1. Dr. Vanny bernadus

      Apakah Selalu seperti Ini atau hanya saat Ini saja? Penyakit tifus menandakan adanya infeksi pada saluran pencernaan. Dan tentu saja Ada gangguan pada pola BAB, banyak incumbent air Putih Dan makan buah berserat serta sayuran. Trims

  2. cipun

    dok saya mau tanya, kan di tifus itu yang terserang di usus halus nya kan, di bagian ileum nya, nah di ileum nya itu di lapisan yang mana nya ya dok?

    1. Dr. Vanny bernadus

      Untuk mengetahui secara jelas mengenai patofisiologi penyakit thypoid, anda bisa membaca langsung pada text book kedokteran. Trims

  3. dyah

    dok,saya mau tanya,minggu lalu kamis tgl 12/6/2014 setelah saya sempat demam (pada malam hari dan berkeringat dipagi hari),saya dikatakan sakit thypus tapi katanya masih ringan, saya di kasih berbagai macam obat dan dianjurkan untuk bedrest selama seminggu,tetapi tanggal 17 saya nekat kekampus,pulang dari kampus saya tidur,tetapi pas bangun saya pusing dan badan jd panas lagi, dan akhirnya kemarin tanggal 18 saya dibawa kedokter lagi,dan dikasih obat lagi,saya juga sudah 1minggu tdk bisa ke belakang,tetapi kemarin saya bisa,tidak sakit,tetapi warna feses nya menjadi hijau kehitaman tetapi tidak berbau darah,

    kira” saya harus melakukan apa ya dok?
    trimakasih..

    1. Dr. Vanny bernadus

      Lakukan terapi sesuai anjuran dokter anda, Dan istirahat Yg cukup. Jaga pola makan anda, sementara makan Yg Lunak dulu seperti bubur, sup, jangan goreng2an, sambal, Dan makanan berlemak lainnya, serta banyak minum air Putih. Trims

  4. Muh. Ridwan

    dok. Bru beberapa hri sya kluar dri rumah sakit stelah hmpir 10 terkena penyakit tifus, dok bisa tidak sya berpuasa kembali?

    1. dr. Vanny Bernadus

      Sebaiknya anda tanyakan dulu kepada dokter yg menangani anda karena beliau yg tahu jelas kondisi anda. Yg terpenting ialah istirahat yg cukup dan jangan makan makanan yg merangsang dan yg keras. Trims

      1. Muh. Ridwan

        bagaimana dok dgn sya yg sering berkeringat dan keringatnya rasanya hambar

        1. dr. Vanny Bernadus

          Sering berkeringat menandakan metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Trims

  5. Edo

    Dok, saya kena typus. Sore malam sudah tidak demam.
    Namun demam nya jadi siang jam 12-14 (selama 2 hari ini). dan itu di ikuti mual muntah yg sebelumnya tidak ada. Karna apakah ya dok?

    1. dr. Vanny Bernadus

      Tipus ialah infeksi usus. Tentu saja akan menimbulkan gejala mual muntah dan gangguan BAB. Trims

    1. dr. Vanny Bernadus

      bila tidak diterapi sampai tuntas, maka bisa terjadi komplikasi sampai ke perforasi atau usus menjadi pecah dan berakibay fatal sampai ke kematian. trims

  6. dika

    Salam Sehat dok,
    ijin menanyakan,
    saya 10 hari lalu di fonis tifus oleh dokter setelah tes widal 2x dan menunjukan kenaikan titer.
    sekarang kondisi saya sudah banyak perubahan kearah positif, namun yang masih terasa adalah pening ketika bwrjalan terlalu lama, dan kadang terasa kembung, bagaimana cara menangani ini dok, terimakasih sebelumnya

    1. dr. Vanny Bernadus

      Rasa pening akan hilang dengan sendirinya, bisa karena berbaring terlalu lama. Untuk kembung juga perlu waktu karena pada tipus terjadi infeksi saluran pencernaan. Trims

  7. Imellivia

    Dok saya dulu pernah menderita penyakit tifus setelah itu kok gejala”nya muncul kembali seperti tiba” panas tinggi tp stlh minum obat parasetamol langsung turun setelah itu ga panas lg tp perut bagian kiri sering nyeri,pusing,lidah saya putih dan bibir pecah”.Sebelum panas saya batuk dan pilek tp batuk dan pilek itu sudah lama tau” badan saya panas tinggi disertai gelaja” seperti td.Saya sakit batuk sudah 2 minggu lebih dan bagian belakang perut terasa sakit sekali sudah lama tak kunjung sembuh.Apakah ini tanda” saya kena tifus lg atau penyakit lain dok ? Tolong informasinya ya dok.Makasih

  8. Maya vania rahmasari

    Dok saya terkena tifus hampir 3 bulan yg lalu tapi sampe sekarang saya masih agak pusing ( kayak mgefly gtu) dikit apalagi kalo mau tidur, trs kalo makan makanan yg kecut ato pedas sedikit masih mual, yg saya tanyakan, apakah itu wajar? Ato normal? Padahal saya sudah rawat inap sampe 10 hr di rs pada awal saya menderita tifus

    1. dr. Vanny Bernadus

      Jaga pola makan anda terlebih dulu, jangan makan makanan yg merangsang pencernaan dan istirahat yg cukup. Trims

  9. donny wahyudi

    Dok saya mw tanya,saya sedang terkena tifus sdh 12 hari tp knp diminggu ke dua kemarin saya jd susah tidur malam bahkan kadang pagi hari jg susah mw tidur,apakah ini krna obat2an yg sy konsumsi..sy sdh bbrp kali ke dokter dan jg rawat jalan,tks.

  10. Match.com Free Trial Coupon Code

    Howdy would you mind sharing which blog platform you’re working with?

    I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a hard
    time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for
    something completely unique. P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

  11. Sasmiarti

    Dokter yang baik, sebulan yang lalu saya terkena tiphus, sekarang masih terasa mendingin, biasanya sampai berapa lama
    rasa dingin itu akan hilang dok ???

  12. Novi

    Dokk putri sy umur 8th sdh 16hr ini panasny ga sembuh” klo panas d mlm hr udh sempat k dr malah ampe 3x k dr tp msh demam aj dok tiap hr mnum obat demam dan antibiotik knp y dok bs lama gt ? Brp lama sih dok biasany anak yg skt tipes sy rawat d rmh

    1. Dr. Eko

      Selamat Pagi Bu Novi untuk pengobatan Demam Tifoid pada anak memang memakan waktu lama
      Bia antibiotik menggunakan Chloramphenicol/Thiamphenicol, makan perlu terus diminum hingga 1 minggu bebas demam
      karena kuman Salmonella Typhi bila tidak diobati secara tuntas dapat menetap di dinding usus dan menyebabkan kekambuhan
      Terima kasih

  13. Santi

    Pagi dokter,
    Anak saya panas nya naik turun sejak 10 hr yg lalu, bbrp kali pemeriksaan, tdk ada indikasi dbd, lebih cenderung kepada thipoid. Skrg masih dalam perawatan RS. Usia 23 tahun laki2..
    Yang jadi pertanyaan saya, brp lama panas akan benar2 hilang, krn smp sekarang, walaupun sdh di infus masih panas, kadang menggigil.
    Sekarang ada nyeri di dada, dokter menyarankan rekam jantumg. Sy berfikir, kenapa harus rekam jantung?
    Apakah infeksi bisa sampai ke jantung.. mohon advice. Mksh

    1. Dr. Eko

      Selamat pagi Bu Santi
      panas akan turun bila antibiotik yang diberikan cocok dan koloni kuman salmonella berkurang
      dan diberikan obat penurun panas (bisa tablet ataupun infus)

      Memang ada keadaan infeksi dan demam yang dapat berdampak pada jantung, yaitu demam rematik yang disebabkan oleh kuman streptococcus

      Sebaiknya komunikasikan dengan baik dengan Dokter yang merawat anak ibu, karena beliau yang memeriksa keadaan anak ibu secara langsung
      Terima kasih

  14. resti

    selamat pagi dok.
    dok udah dalam 2 minggu ini saya menderita penyakit tipes, makan sama bubur, tim, ga pernah makan yg keras2, sempet dirawat di rs selama 4hari, dikasih obat paracetamol, tetapi panas nya suka masih ada kadang naik kadang turun. perut yg sebelah kiri terkadang suka sakit, sempet dikasih obat cacing tanah ,sekarang udah aga mendingan. tapi terkadang panasnya suka ada dok, bagaimana cara penanganan nya dok. trims

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Resti
      Penyakit Tifus disebabkan oleh infeksi banteri Salmonella Typhii
      sehingga yang penting untuk pengobatan sakit tifus adalah meminum obat antibiotik sampai tuntas, dan kontrol kembali ke dokter bila obat habis
      bila anda masih mengalami demam, berarti infeksi nya masih ada dan perlu dilanjtkan minum obat

      disamping itu istirahat total (bedrest) juga penting untuk proses penyembuhan dan pemulihan dari sakit

      Semoga lekas sembuh

  15. dr. Eko B

    Selamat malam Resti
    Penyakit Tifus disebabkan oleh infeksi banteri Salmonella Typhii
    sehingga yang penting untuk pengobatan sakit tifus adalah meminum obat antibiotik sampai tuntas, dan kontrol kembali ke dokter bila obat habis
    bila anda masih mengalami demam, berarti infeksi nya masih ada dan perlu dilanjtkan minum obat

    disamping itu istirahat total (bedrest) juga penting untuk proses penyembuhan dan pemulihan dari sakit
    Semoga lekas sembuh

Leave a Comment