Penyakit Tidak Menular yang Tetap Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak menular seperti cacat fisik, gangguan mental, kanker, penyakit degeneratif, penyakit gangguan metabolisme, dan kelainan-kelainan organ tubuh lain penyakit jantung, pembuluh darah, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis, berat badan lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan.



Penyakit tidak menular (PTM) adalah penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Keadaan dimana penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan penting dan dalam waktu bersamaan morbiditas dan mortalitas PTM makin meningkat merupakan beban ganda dalam pelayanan kesehatan, tantangan yang harus dihadapi dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia.

Penyakit tidak menular sering dianggap tidak berbahaya dibanding penyakit menular. Padahal menurut data Dinas Kesehatan pembunuh nomor satu justru masuk pada kategori penyakit tidak menular seperti serangan jantung, diabetes, ginjal, dan lain-lain.

berikut penyakit tidak menular yang tetap harus diwaspadai :

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
    Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan stroke hingga serangan jantung. Hipertensi biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan dialami oleh orang dengan usia tua. Penyebab dari hipertensi ini meliputi keturunan, usia, konsumsi garam yang berlebihan, kolesterol, kegemukan, perokok, konsumsi kafein, konsumsi alkohol, kurang olahraga, dan obesitas atau kegemukan.
  • Asma
    Asma dapat dialami oleh seseorang karena beberapa hal, yakni faktor stres, udara dingin, debu, makanan dan minuman yang dingin, alergi terhadap makanan seperti ikan laut, dan yang lain. Penyakit ini memang tidak menular, namun ketika seseorang terkena penyakit ini, maka harus ditangani serius agar dapat menghirup udara dengan nyaman.
  • Penyakit maag
    Penyakit maag atau gastritis atau tukak lambung merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia segala usia. Dari muda hingga tua. Penyakit ini berkenaan dengan saluran pencernaan dengan ditandai oleh peradangan pada lambung yang kemudian menyebabkan rasa sakit, mulas, perih, dan kembung pada perut.
  • Penyakit diabetes atau kencing manis
    Gejala dari penyakit diabetes bisa Anda lihat dari penurunan berat badan, penglihatan yang blur, pernafasan yang berbau, mual, muntah, rasa sakit pada perut, kemampuan bernafas yang terganggu, dan kencing yang abnormal. Gejala-gejala ini tentu sangat mengganggu. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah terkena penyakit ini, akan sangat baik jika Anda melakukan tindakan cerdik untuk menanggulanginya dengan cara meminum obat secara teratur, melakukan olahraga secara teratur, menjaga berat badan agar tidak kegemukan, konsumsi makanan yang tidak banyak mengandung karbohidrat, hindari sirup, gula pasir, dan atau makanan manis lainnya termasuk minuman bersoda dan minuman manis.
  • Penyakit rematik
    Penyakit rematik dapat menyerang persendian seperti lutut, tangan dan anggota sendi lainnya. Penyakit ini memang merupakan penyakit tidak menular, namun Anda tetap perlu waspada. Pencegahan dari penyakit ini adalah dengan cara melakukan olahraga rutin dan tidak membiarkan rematik terpapar oleh udara dingin. Tentu saja, dengan menggunakan pakaian yang serba tertutup.