Penyakit Tetanus Bukan Hanya Disebabkan Besi Berkarat

DokterSehat.Com – Tetanus kerap kali dikaitkan sebagai penyakit yang diderita jika kita tertusuk besi yang berkarat. Padahal, tertancap besi yang berkarat hanyalah salah satu dari berbagai penyebab tetanus. Jika seseorang terkena tetanus, maka sistem saraf pada tubuhnya akan mengalami masalah berupa kejang otot yang sangat hebat, khususnya pada area leher dan juga rahang. Hal inilah yang membuat penderita tetanus cenderung kesulitan membuka mulut. Jika dibiarkan begitu saja, maka penderitanya bahkan bisa meninggal dunia.

doktersehat-kawat-karat-tetanus

Penyebab Penyakit Tetanus
Tetanus sendiri bukan disebabkan karena besi berkarat. Bakteri yang bernama clostridium tetani adalah penyebab utama dari penyakit ini. Sayangnya, bakteri ini bisa ditemui dengan mudah pada tanah, debu, dan juga kotoran hewan. Hal inilah yang membuat beberapa petani yang mengalami luka kecil pada kulit karena tertusuk atau tersayat tanaman bisa mengalami tetanus. Selain luka alami, penggunaan obat suntik sembarangan atau tato yang kurang steril juga bisa menyebabkan masalah tetanus. Penggunaan narkoba yang disuntikkan melalui peredaran darah, gigitan hewan, hingga patah tulang dengan robekan kulit juga bisa menjadi penyebab tetanus.

Gejala Tetanus
Penderita tetanus bisa menyebabkan penderitanya mengalami masalah dalam membuka mulut dan juga menelan makanan mengingat otot pada area rahang dan leher sedang mengalami kejang. Disamping itu, sakit kepala dan kesulitan bernafas juga bisa dirasakan penderita tetanus. Jika tetanus disebabkan oleh luka, maka area luka cenderung akan terasa kesemutan dan nyeri yang sangat hebat. Tetanus juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam menggiling yang disertai dengan keringat, tekanan darah yang terus meningkat, serta denyut jantung yang sangat tidak normal.

Pencegahan dan Perawatan
Jika penyakit tetanus dibiarkan hingga menjadi komplikasi, maka sistem saraf tubuh pun bisa mengalami kerusakan. Jika kejang yang dialami penderita tetanus mengalami kejang yang hebat, otot dan juga tulang pada tubuh bisa mengalami kerusakan yang parah. Dalam beberapa kasus, tetanus bahkan bisa menyebabkan kegagalan sistem pernafasan sehingga penderitanya pun meninggal. Agar kita tidak mudah terkena tetanus, maka kita tentu harus divaksinasi tetanus semenjak kecil. Jika tubuh ternyata sudah terkena tetanus, kita bisa mendatangi rumah sakit atau dokter terdekat sehingga tetanus bisa diobati dengan memakai antibiotik dan juga vaknisani tetanus.

Baca Juga:  Pakar Kesehatan: Penduduk Kota Besar Cenderung Mudah Marah di Jalan Raya