Penyakit Sinus Bisa Diobati Tanpa Operasi

Doktersehat.com – Melakukan pembedahan terhadap penyakit sinus kerap disarankan para dokter. Namun menurut seorang ahli bedah telinga hidung dan tenggorokan, dr. Christopher Goh Hood Keng, tidak semua masalah sinus memerlukan operasi.



Sinus yang disebabkan alergi tidak perlu dioperasi, penyakit ini masih bisa ditangani dengan menggunakan terapi sea water spray hidung dan obat-obatan.

Terapi ini mampu menyembuhkan sinus yang disebabkan adanya alergi dan peradangan yang menyebabkan terjadinya infeksi dalam rongga sinus. Penderita sinus alergi biasanya menunjukkan gejala bersin-bersin dan pilek.

Namun, jika masalah sinus makin parah sehingga menyebabkan penyumbatan, maka sebaiknya dilakukan operasi.  Sinus infeksi atau sinusitis yang disebabkan oleh polip, bakteri, jamur, atau flu terus menerus yang memicu infeksi di daerah pangkal hidung sehingga memerlukan adanya pembedahan.

Menurut Goh, operasi perlu dilakukan pada penderita sinus infeksi karena sudah terjadi peradangan akut yang mungkin sudah terdapat nanah atau air. Sinus infeksi umumnya disebabkan flu terus menerus yang dialami pasien. Saat flu bakteri yang berkembang biak terhirup di daerah pangkal hidung sehingga menghambat saluran itu dan mengakibatkan terjadinya infeksi.

Gangguan sinus ini bisa menyebabkan pasien mengalami rasa sakit, nyeri, dan berat di bagian wajah. Hal ini dikarenakan rongga sinusnya mengalami penyumbatan.

Menurut Goh, sinus ini merupakan penyakit genetik. Bagi seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit ini bisa berisiko  jauh lebih besar mengalami gangguan ini.

Sumber: forum.detik.com