Penyakit Radang Kandung Lendir

DokterSehat.Com – Pada beberapa bagian tubuh terdapatlah kantong-kantong lendir yang terdiri dari selaput, terutama pada daerah tulang sendi di bagian bahu , sikut , lutut , di mana urat daging atau daging itu sendiri bergesekan dengan urat daging lain, otot arau tulang-tulang yang menonjol. Dinding kantong itu mirip susunan tulang rawan, dan dindingnya mengeluarkan cairan pelumas sama dengan tulang sendi.



Apabila lapisan kandung lendir itu meradang, inilah yang di sebut dengan radang kandung lendir. Kalau di gerakan terasa sakit, kalau ditekan terasa lunak, dan biasanya bagian itu membengkak. Kadang-kadang bertumpuklah garam-garam kapur di dalam kantong atau pada dindingnya. Bagian yang terkena itu harus di istirahatkan dan peredaran darah harus di rangsang. Inilah tujuan pengobatan yang masul di akal. Untuk mengistirahatkannya boleh juga memakai pembalut atau gips.

Cara penyembuhannya

  • Usahakan Agar bagian itu tidak bergerak. Gunakanlah kompres panas dan dingin secara bergantian dua kali sehari , kalau itulah yang menghilangkan rasa sakit.
  • Apa bila bahu terasa pegal, membungkuklah kedepan sambil mengayun-ayunkan tangan ke belakang dan kedepan, ke kiri dan ke kanan, ini kan mengembalikan ruang gerak yang sebenarnya. Tetapi janganlah terlalu cepat mengerakkannya Dan jangan dengan paksa.
  • Seorang dokter mungkin akan memberikan kompres panas atau injekti matirasa di tambah dengan olesan Cor-ticosteroid pada bagian yang sakit. Kalau tidak dia akan memberikan pengobatan yang lain.
  • Kalau belum sembuh setelah pengobatan ini, bagian itu perlu di bedah untuk membuang endapan zat kapur atau melenyapkan kantong-kantong itu.