Penyakit Psoriasis Dan Penanganannya

Dokter Sehat – Psoriasis merupakan penyakit radang yang terjadi pada kulit, ditandai dengan kulit bersisik dan bercak merah. Sisik ini cukup tebal, terkadang rontok sendiri. Jika digaruk, bercak ini akan seperti bekas kerikan lilin sehingga sering disebut dengan bercak lilin. Penyakit ini adalah penyakit menahun dan diduga disebabkan oleh gangguan autoimun (kekebalan tubuh) sehingga sel-sel kulit mati diproduksi secara berlebihan.

12

Sekalipun tidak menular, penyakit ini tergolong kronis dan mudah kambuh. Kambuhnya penyakit dapat terjadi bila ada trauma dari luar seperti cuaca, garukan, atau gesekan. Bisa juga dipicu faktor yang ada hubungannya dengan hormon, seperti tekanan emosional, haid, kelelahan, hamil, kesehatan, maupun obat-obatan. Sampai saat ini, obat yang mampu menyembuhkan penderita penyakit kulit psoriasis secara penuh belum ditemukan.

Penyebab psoriasis

1.Faktor herediter (genetik)
Disebutkan bahwa seseorang beresiko menderita Psoriasis sekitar 34-39% jika salah satu orang tuanya menderita Psoriasis, dan sekitar 12% jika kedua orang tuanya tidak menderita Psoriasis.

2.Faktor psikis
Sebagian penderita diduga mengalami Psoriasis karena dipicu oleh faktor psikis. Sedangkan stress, gelisah, cemas dan gangguan emosi lainnya berperan menimbulkan kekambuhan. Padahal penderita Psoriasis pada umumnya stress lantaran gemas melihat bercak di kulitnya tak kunjung hilang.

3.Faktor infeksi fokal
Beberapa infeksi menahun (kronis) diduga berperan pada timbulnya Psoriasis.

4.Penyakit metabolik (misalnya diabetus melitus laten).

5.Faktor cuaca
Pada beberapa penderita mempunyai kecenderungan membaik saat musim panas dan kambuh pada musim hujan.

Gejala dan penanganan psoriasis

Pergantian kulit biasanya terjadi selama tiga hingga empat minggu, ini proses yang dialami oleh manusia normal. Sedangkan pada penderita psoriasis mengalami pergantian kulit dalam waktu yang singkat, yaitu sekitar dua hingga empat hari. Pergantian kulit ini bahkan bisa berlangsung lebih cepat. Pada awalnya, kulit penderita penyakit kulit psoriasis terlihat seperti bintik merah yang kemudian semakin melebar lalu tumbuh sisik lebar berwarna putih yang berlapis-lapis. Pertumbuhan sisik ini tidak pada seluruh bagian kulit, tetapi pada bagian tertentu saja. Biasanya timbul di bagian lengan, siku, kuku, kaki, dada, punggung, serta kepala.

Baca Juga:  Penyakit Jengger Ayam Mengincar Organ Intim

Sekalipun hingga kini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan sepenuhnya, penyakit ini tetap dapat ditangani. Tujuan pengobatan bukan untuk menyembuhkan tapi agar kulit terlihat seperti normal. Namun demikian, pengobatan bisa saja memberikan hasil yang berbeda-beda.
Pengobatan terus-menerus dengan diagnosis yang tepat dapat menghilangkan gejala penyakit kulit psoriasis, dengan demikian, sisik dan rasa gatal bisa dihilangkan. Penanganan pun tergantung dari berat atau ringannya gejala. satu dari sepuluh penderita mengalami psoriasis di usia anak-anak, prosiasis yang terjadi pada masa ini cenderung akan menyebar ke seluruh bagian tubuh serta selalu muncul kembali walaupun sempat menghilang. Penderita biasanya diberi obat untuk meringankan rasa gatal yang mereka alami. Selain itu, penanganan secara psikologis juga seringkali dibutuhkan. Penderita penyakit kulit psioriasis sangat mungkin akan mengalamai tekanan psikologis, frustasi, dan merasa rendah diri.