Penyakit Panu Yang Memalukan

DokterSehat.Com – Panu kerap diidentikkan dengan penyakit yang memalukan dan menandakan penderitanya kurang cakap dalam menjaga kebersihan badan. Memang, penyakit yang memberikan penanda berupa bercak terang yang cenderung putih ini akan sangat mudah dikenali banyak orang. Dalam beberapa kasus, panu bisa menyebar ke berbagai tempat dan bahkan bisa semakin membesar sehingga penderitanya bisa kehilangan kepercayaan diri. Panu yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kulit bersisik dan terasa kasar.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Panu kerap kali muncul di area punggung atau lengan. Namun, area perut, leher, dan juga area dada atas juga bisa diserang oleh penyakit yang dalam mitos masyarakat dianggap sebagai penyakit menular ini. Penyebab dari penyakit kulit ini adalah gangguan dari jamur malassezia. Uniknya, jamur ini sebenarnya memang mudah ditemukan di kulit manusia dan biasanya tidak memberikan efek samping apapun. Namun, jika ada iritasi yang terjadi pada kulit, maka jamur ini tiba-tiba berkembang dengan pesat dan menyebabkan bercak-bercak putih di kulit. Disamping itu, adanya kondisi kulit berminyak dan berkeringat berlebihan pada kulit menyebabkan kulit menjadi lebih lembab dan menyebabkan panu pada kulit.

Beruntung panu tergolong sebagai penyakit yang mudah untuk diobati. Obat panu dan gangguan jamur lainnya sangatlah mudah ditemukan di warung-warung terdekat berupa krim atau salep. Asalkan mematuhi aturan pakai, panu sudah bisa diobati dalam jangka seminggu atau dua minggu saja. Hanya saja, jika panu sudah terlanjur berkembang dengan pesat dan sangat besar, kita bisa berkonsultasi ke dokter dan diberikan obat berupa tablet yang bisa menghilangkan jamur pada kulit.

Untuk mencegah panu tumbuh di kulit kita, kita bisa memakai shampoo atau sabun anti jamur yang diyakini bisa mencegah tumbuhnya jamur kulit sekali dalam dua minggu atau satu bulan. Shampoo atau sabun anti jamur sendiri bisa ditemukan di apotek. Jaga kebersihan kulit dan badan dengan mandi setidaknya dua kali sehari dan menjaga agar kulit tidak terlalu lembab.

Baca Juga:  Apakah Ruam Pada Bokong Bayi Selalu Disebabkan Oleh Popok?