Waspada, Musim Panas Bisa Memperburuk 4 Penyakit ini

Doktersehat-obat-flu

DokterSehat.Com– Pergantian musim atau yang lebih dikenal sebagai pancaroba memang keral memberikan efek negatif bagi kesehatan seseorang. Pasalnya, tubuh akan kembali beradaptasi dengan cuaca baru yang tidak dialami sebelumnya. Jika tidak mempersiapkan diri sebelumnya, maka tubuh akan drop dan terancam berbagai macam penyakit yang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata musim panas juga bisa memperparah kondisi tubuh yang alergi terhadap musim dingin. Dikutip dari laman Readers, ada beberapa jenis penyakit di musim dingin yang akan tambah parah pada musim panas jika Anda belum sembuh total. Apa saja penyakit tersebut? Berikut diantaranya.

1. Flu

Penyakit yang satu ini memang identik dengan cuaca dingin atau musim hujan. Setiap musim hujan tiba, tak sedikit orang yang mengalami flu. Tapi, ketika musim berganti sedangkan kita beleum sembuh total, maka bisa memperburuk kondisi. Hal itu dikarenakan virus dan bakteri akan semakin bertumpuk. Sebab, virus di musim hujan belum terusir, ditambah lagi virus pada musim panas.

2. Kaki Kram

Mungkin Anda sering merasakan kram pada kaki di malam hari ketika musim dingin. Hal itu dikarenakan suhu tubuh yang sangat dingin sehingga aliran darah sedikit beku. Namun, kondisi ini akan semakin parah ketika musim panas tiba. Sebab, neuroan motorik akan mengalami perubahan yang cukup drastis sehingga rasa nyerinya akan dua kali lipat. Untuk mengatasinya, segeralah pergi ke dokter.

3. Masalah Kulit

Ketika musim dingin, kulit akan mengalami kering, walau suhu sangat dingin. Namun, ketika musim panas tiba, kondisi ini tidak akan kembali normal dan justru bisa semakin parah. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan lotion atau pelembap secara rutin agar kukit tetap terjaga kesehatan serta kelembapannya.

4.Asma

Orang yang memiliki riwayat asma cenderung akan kambuh pada saat musim dingin tiba. Namun, tak menutup kemungkinan juga asma akan semakin parah saat musim panas. Sebab, biasanya kualitas udara di musim panas tidak sebaik di musim dingin, berlaku juga dalam takaran kesegaran. Untuk itu dianjurkan agar menggunakan masker setiap kali keluar rumah.