Penyakit Otak – Infeksi Otak, Kejang, dan Tumor

Penyakit otak datang dalam bentuk yang berbeda-beda. Infeksi, trauma, stroke, kejang, dan tumor adalah beberapa kategori utama dari penyakit otak. Berikut ini adalah ikhtisar dari berbagai penyakit otak.

doktersehat-otak-xray-mri-infeksi-parkinson

Penyakit Otak: Infeksi
Penyakit otak dalam kategori infeksi meliputi:

  • Meningitis: Sebuah peradangan pada selaput di sekitar otak atau sumsum tulang belakang, biasanya karena infeksi. Leher kaku, sakit kepala, demam, dan kebingungan adalah gejala umum.
  • Ensefalitis: Peradangan pada jaringan otak, biasanya karena infeksi virus; meningitis dan ensefalitis sering terjadi bersama-sama, yang disebut meningoencephalitis.
  • Abses otak: Sebuah kantong infeksi di otak, biasanya disebabkan oleh bakteri; antibiotik dan drainase bedah dari daerah yang sakit sering diperlukan.

Penyakit Otak: Kejang
Termasuk dalam kategori penyakit otak kejang adalah epilepsi, suatu kondisi yang ditandai dengan kejang yang disebabkan oleh aktivitas listrik abnormal dan berlebihan di otak berulang. Cedera kepala, infeksi otak, dan stroke juga dapat menyebabkan epilsepsi.

Penyakit Otak: Tumor, Massa, dan Peningkatan Tekanan

Kategori ini penyakit otak meliputi:

  • Tumor otak: Setiap pertumbuhan jaringan abnormal dalam otak; apakah ganas (kanker) atau jinak, tumor otak biasanya menyebabkan masalah dengan tekanan intrakraial dan dapat mendorong posisi otak normal.
  • Glioblastoma: Kanker otak yang agresif, glioblastoma maju dengan pesat dan biasanya sulit disembuhkan.
  • Hidrosefalus: Peningkatan abnormal dari cairan serebrospinal (otak) di dalam tengkorak, biasanya hal ini karena cairan tidak beredar benar.
  • Hidrosefalus tekanan normal: Suatu bentuk hidrosefalus yang sering menyebabkan masalah dengan aliran cairan serebrospinal, bersama dengan demensia dan inkontinensia urin; tekanan di dalam otak tetap normal, meskipun cairan meningkat.
  • Pseudotumor cerebri (tumor otak palsu): Peningkatan tekanan di dalam tengkorak tanpa sebab yang jelas. Perubahan pandangan, sakit kepala, pusing, dan mual adalah gejala umum.