Ayo Cegah Penyakit Osteoporosis Pengeroposan Tulang

DokterSehat.Com – Osteoporosis adalah sebuah penyakit yang bisa membuat tulang menjadi rapuh dan keropos. Tanpa kita sadari, tubuh selalu melakukan regenerasi pada tulang dan seiring dengan semakin tuanya usia seseorang, tulang pada manusia dewasa ternyata akan semakin sulit untuk melakukan regenerasi sehingga yang tersisa adalah tulang-tulang yang tua dan mudah untuk rapuh. Manusia dewasa memiliki resiko yang lebih besar mendapatkan masalah osteoporosis sehingga tulangnya akan mengeropos dan beresiko mengalami patah tulang dengan mudah.

doktersehat-kelainan-tulang-kurva-skoliosis

Tulang-tulang yang mudah mengalami osteoporosis adalah tulang belakang dan tulang pinggul. Disamping itu, area pergelangan tangan juga mudah mengalami pengeroposan. Hanya saja, sebelum mendapatkan masalah patahnya tulang, penderita osteoporosis akan semakin membungkuk karena kekuatan tulang yang menghilang. Banyak orang berpikir bahwa hanya manusia dewasa yang mengalami osteoporosis. Padahal, jika tulang tidak diberi nutrisi yang benar sejak usia tiga puluhan, maka osteoporosis bisa menyerang lebih dini.

Wanita cenderung lebih rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria, khususnya bagi mereka yang telah melalui masa menopause. Masa menopause sendiri menyebabkan wanita menjadi lebih mudah kehilangan keseimbangan hormon, khususnya kadar estrogen yang bisa memicu pelemahan tulang secara signifikan. Hormon tiroid yang cenderung akan semakin meningkat secara signifikan juga memperkuat resiko pengeroposan tulang. Namun, penyebab utama dari masalah osteoporosis adalah karena gaya hidup yang sangat tidak sehat, khususnya para pekerja kantoran yang lebih banyak duduk dan bekerja dan jarang menggerakkan tubuh. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan dan juga perokok aktif juga bisa mudah mudah mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Untuk mencegah osteoporosis, semenjak usia muda kita harus memperhatikan asupan kalsium per hari agar cukup bagi kebutuhan tulang. 1000 miligram kalsium dan meningkat menjadi 1200 miligram kalsium bagi wanita dewasa bisa menjadi solusi pencegahan kalsium. Disamping susu rendah lemak dan kaya kalsium, beberapa jenis makanan layaknya salmon, sarden, sayuran hijau gelap, dan produk kacang kedelai harus banyak-banyak kita konsumsi per hari. Kita juga harus rajin-rajin berolahraga di bawah sinar matahari agar mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dan memperlambat pengeroposan tulang. Olahraga layaknya berjalan, jogging, atau aktifitas lain di bawah sianr matahari bisa memperkuat tulang hingga waktu yang lama.

Baca Juga:  Orang Tua Perokok Berpotensi Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung Bagi Anaknya