Penyakit Migrain, Penyakit Umum Pekerja Kantoran

DokterSehat.Com – Bagi masyarakat awam, sakit kepala, apapun jenisnya hanya akan disebut sakit kepala dan diobati dengan obat sakit kepala biasa. Padahal, terdapat beberapa jenis sakit kepala yang bisa menyerang manusia kapanpun, dimanapun. Sebagai contoh, sakit kepala cluster atau vertigo jelas harus ditangani secara berbeda dengan sakit kepala biasa. Disamping itu, kini banyak masyarakat yang terkena sakit kepala migrain atau sakit kepala sebelah yang tentu saja bisa mengganggu aktifitas harian kita. Sakit kepala migrain juga harus ditangani dengan obat yang berbeda dengan obat sakit kepala biasa.

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

Sakit kepala migrain kerap dianggap sebagai penyakit orang kantoran. Bagaimana tidak, tekanan kerja yang hebat dan disertai dengan rasa stress serta seringnya orang kantoran menunda makan karena pekerjaan yang menumpuk ternyata bisa menjadi pemicu utama sakit kepala migrain. Dikarenakan sering menunda makan, tubuh pun mengalami penurunan kadar gula darah sehingga menimbulkan sakit kepala sebelah. Disamping karena menunda makan, orang yang terlalu banyak tidur, khususnya di akhir pekan karena ingin beristirahat dengan lama, ternyata bisa memicu masalah sakit kepala migrain. Ada baiknya anda tidur dengan durasi yang biasa saja karena asalkan waktu tidur anda sudah berkualitas, maka anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup.

Penyebab lain dari sakit kepala migrain adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan karena kita hanya mengkonsumsi sedikit air minum. Banyak pekerja kantoran yang lupa untuk minum air karena dikejar pekerjaan yang begitu banyak. Dengan kondisi dehidrasi, maka kinerja organ tubuh dan sel-sel tubuh pun terhambat dan bisa memicu sakit kepala sebelah. Hanya saja, untuk menghindari dehidrasi, anda tentu sebaiknya mengkonsumsi air putih, bukan minuman berkafein tinggi yang ternyata juga menjadi pemicu migrain.

Baca Juga:  Seputar Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH/ ADHD)

Jika anda adalah pekerja kantoran yang tidak ingin terkena sakit kepala migrain, anda harus mengelola waktu dan pekerjaan dengan cerdas. Jangan lupakan waktu makan dan juga minum sehingga anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dan tenaga yang cukup. Disamping itu, anda harus mampu mengelola stress dan menjaga postur tubuh saat bekerja dalam kondisi yang nyaman. Jangan ragu untuk mengambil beberapa waktu untuk meregangkan tubuh atau jalan-jalan menghilangkan stress setiap dua jam bekerja karena hal ini ternyata sangat aktif untuk mencegah serangan sakit kepala migrain.