informasi kesehatan


Penyakit Meningitis

Penyakit Meningitis

Penyakit Meningitis

DokterSehat.com – Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meninges, yaitu membrane atau selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur yang menyebar masuk kedalam darah dan berpindah kedalam cairan otak.

Pasien yang diduga mengalami Meningitis haruslah dilakukan suatu pemeriksaan yang akurat, baik itu disebabkan virus, bakteri ataupun jamur. Hal ini diperlukan untuk spesifikasi pengobatannya, karena masing-masing akan mendapatkan therapy sesuai penyebabnya.

Penyebab Penyakit Meningitis

Meningitis yang disebabkan oleh virus umumnya tidak berbahaya, akan pulih tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun Meningitis disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kondisi serius, misalnya kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan Meningitis disebabkan oleh jamur sangat jarang, jenis ini umumnya diderita orang yang mengalami kerusakan immun (daya tahan tubuh) seperti pada penderita AIDS.

Bakteri yang dapat mengakibatkan serangan meningitis diantaranya :
1. Streptococcus pneumoniae (pneumococcus).
Bakteri ini yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi ataupun anak-anak. Jenis bakteri ini juga yang bisa menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus).

2. Neisseria meningitidis (meningococcus).
Bakteri ini merupakan penyebab kedua terbanyak setelah Streptococcus pneumoniae, Meningitis terjadi akibat adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas yang kemudian bakterinya masuk kedalam peredaran darah.

3. Haemophilus influenzae (haemophilus).
Haemophilus influenzae type b (Hib) adalah jenis bakteri yang juga dapat menyebabkan meningitis. Jenis virus ini sebagai penyebabnya infeksi pernafasan bagian atas, telinga bagian dalam dan sinusitis. Pemberian vaksin (Hib vaccine) telah membuktikan terjadinya angka penurunan pada kasus meningitis yang disebabkan bakteri jenis ini.

4. Listeria monocytogenes (listeria).
Ini merupakan salah satu jenis bakteri yang juga bisa menyebabkan meningitis. Bakteri ini dapat ditemukan dibanyak tempat, dalam debu dan dalam makanan yang terkontaminasi. Makanan ini biasanya yang berjenis keju, hot dog dan daging sandwich yang mana bakteri ini berasal dari hewan lokal (peliharaan).

5. Bakteri lainnya yang juga dapat menyebabkan meningitis adalah Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis.

Tanda dan Gejala Penyakit Meningitis

Gejala yang khas dan umum ditampakkan oleh penderita meningitis diatas umur 2 tahun adalah demam, sakit kepala dan kekakuan otot leher yang berlangsung berjam-jam atau dirasakan sampai 2 hari. Tanda dan gejala lainnya adalah photophobia (takut/menghindari sorotan cahaya terang), phonophobia (takut/terganggu dengan suara yang keras), mual, muntah, sering tampak kebingungan, kesusahan untuk bangun dari tidur, bahkan tak sadarkan diri.

Pada bayi gejala dan tanda penyakit meningitis mungkin sangatlah sulit diketahui, namun umumnya bayi akan tampak lemah dan pendiam (tidak aktif), gemetaran, muntah dan enggan menyusui.

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Meningitis

Apabila ada tanda-tanda dan gejala seperti di atas, maka secepatnya penderita dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan pelayan kesehatan yang intensif. Pemeriksaan fisik, pemeriksaan labratorium yang meliputi test darah (elektrolite, fungsi hati dan ginjal, serta darah lengkap), dan pemeriksaan X-ray (rontgen) paru akan membantu tim dokter dalam mendiagnosa penyakit. Sedangkan pemeriksaan yang sangat penting apabila penderita telah diduga meningitis adalah pemeriksaan Lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak).

Jika berdasarkan pemeriksaan penderita didiagnosa sebagai meningitis, maka pemberian antibiotik secara Infus (intravenous) adalah langkah yang baik untuk menjamin kesembuhan serta mengurang atau menghindari resiko komplikasi. Antibiotik yang diberikan kepada penderita tergantung dari jenis bakteri yang ditemukan.

Adapun beberapa antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter pada kasus meningitis yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis antara lain Cephalosporin (ceftriaxone atau cefotaxime). Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes akan diberikan Ampicillin, Vancomycin dan Carbapenem (meropenem), Chloramphenicol atau Ceftriaxone.

Treatment atau therapy lainnya adalah yang mengarah kepada gejala yang timbul, misalnya sakit kepala dan demam (paracetamol), shock dan kejang (diazepam) dan lain sebagainya.

Pencegahan Tertularnya Penyakit Meningitis

Meningitis yang disebabkan oleh virus dapat ditularkan melalui batuk, bersin, ciuman, sharing makan 1 sendok, pemakaian sikat gigi bersama dan merokok bergantian dalam satu batangnya. Maka bagi anda yang mengetahui rekan atau disekeliling ada yang mengalami meningitis jenis ini haruslah berhati-hati. Mancuci tangan yang bersih sebelum makan dan setelah ketoilet umum, memegang hewan peliharaan. Menjaga stamina (daya tahan) tubuh dengan makan bergizi dan berolahraga yang teratur adalah sangat baik menghindari berbagai macam penyakit.

Pemberian Imunisasi vaksin (vaccine) Meningitis merupakan tindakan yang tepat terutama didaerah yang diketahui rentan terkena wabah meningitis, adapun vaccine yang telah dikenal sebagai pencegahan terhadap meningitis diantaranya adalah ;
- Haemophilus influenzae type b (Hib)
- Pneumococcal conjugate vaccine (PCV7)
- Pneumococcal polysaccharide vaccine (PPV)
- Meningococcal conjugate vaccine (MCV4)

Sumber : infopenyakit.com

pf button both Penyakit Meningitis
         <            

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

21 Responses to “Penyakit Meningitis”

  1. kutu rambut says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Komentar Tidak Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 7

  2. maria says:

    Saya pernah membaca salah satu vaksin untuk mencegah radang otak adalah vaksin MRI ( kalo ga salah ingat namanya ) tapi vaksin tersebut diduga sebagai penyebab anak menjadi autis. Bagaimana ini ?

    Komentar Yang Sangat Menarik! Thumb up 10 Thumb down 8

    • dr. Dian says:

      @Maria
      Mungkin yg dimaksud adalah vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella). Banyak pro dan kontra ttg vaksin ini memicu tjdnya autis, ttp bnyk penelitian yg gagal menyatakan vaksin tsb menyebabkan autis.

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Dede Zainal Muttaqin says:

    untuk vaksin yang umum digunakan yang mana?
    kamudian apakah hanya cukup dengan 1 vaksin saja?

    #mohon bimbingannya
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 5 Thumb down 1

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,

      Pada dasarnya vaksin-vaksin yang disebutkan pada artikel di atas tidak terdapat pada program imunisasi dasar yang wajib diberikan pada anak. Pertimbangan diberikannya vaksin tersebut untuk mencegah terjadinya meningitis lebih bergantung kepada angka kejadian meningitis di suatu daerah. Contoh angka kejadian meningitis pada daerah A sangat banyak karena streptococus pneumoniae maka vaksin pilihan adalah ppv/ PCV 7.

      Hal ini menyebabkan perbedaan antara negara (daerah) mengenai vaksin yang harus diberikan untuk mencegah meningitis tersebut.

      Oleh karena itu, apabila ingin melakukan vaksin ini sangat disarankan untuk mengkonsultasikan diri ke dokter terdekat.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

      • rizaldy atmanegara says:

        dr.

        ponakan saya berumur 16bulan mengidap penyakit miningitis dan baru terlihat bulan ini,bagaimana cara penyembuhan nya utuk balita pada umur tersebut

        terimakasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Segera konsultasikan dengan dokter anak agar dapat ditangani segera. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. anisyah fatihah haibara says:

    apakah ada kaitan antara orang yang memiliki kelainan autoimun dengan sinusitis dan meningitis??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 1

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,

      Penyakit karena kelainan autoimun tidak menjadi penyebab langsung dari terjadinya penyakit sinusitis maupun meningitis. Hubungan yang mungkin terdapat adalah pada penyakit imun defisiensi (AIDS) yang menyebabkan sistem pertahan tubuh kita menurun dan mempermudah terjadinya infeksi. Bila terdapat penyakit seperti itu, maka penyakit infeksi seperti meningitis,dll akan jauh lebih mudah diderita orang tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. ginaialiya says:

    trims ..tulisannya sangat bermanfaat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  6. ririn wulandari says:

    tenang aja wahai temanku semua masalah ada jalan keluarnya begitupun penyakit ini insyaallah ada obatnya,minum aja propolis tapi ini bukan sembarang propolis,produk ini anti virus,anti jamur,anti bakteri 100% herbal untuk penyakit luar dan dalam dari ujung rambut sampai ujung kaki,untuk tau lebih lanjut info ini silahkan hubungi aku di no : 082133409416,semoga info ini bermanfaat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. theo says:

    istilah penyakitnya susah di apal x_x
    Pintu dan Jendela

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. yulita aulia says:

    saya mengalami gejala-gejala yg disebutkan diatas. selanjutnya, langkah apa yg saya jalankan. mohon sarannya. terima kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,

      Bila mengalami gejala seperti di atas apalagi sampai tidak sadarkan diri, sebaiknya Ibu segera memeriksakan diri ke dokter saraf. Untuk memastikan diagnosa meningitis diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut (pemeriksaan darah dan pemeriksaan pungsi lumbal) sesuai indikasinya.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. nurmala says:

    Sdh 3 thn saya suka tiba2 pinsan & pernah 3 kali sampai kejang. Setelah bangun dr pinsan kepala sakit luar biasa. Sdh CTSCAN tp tdk ditemukan penyakit serius,tp apa ini gejala meningitis? Trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,

      Meningitis yang merupakan penyakit infeksi selaput otak memiliki gejala yang harus ada berupa demam, nyeri kepala hebat , dan kaku kuduk (kepala sulit digerakan dan ditekuk ke arah dada). Sedangkan untuk gejala lainnya adalah mual, muntah, fotofobia (tidak nyaman melihat sinar), tidak sadar dan kejang.

      Nah pada gejala yang dijabarkan di atas adakah demam tinggi? Bila tidak ada nampaknya diagnosa tidak mengarah ke arah meningitis, karena sifat dari meningitis sendiri adalah akut (nampak parah pada saat itu juga).

      Untuk sakit Kakak di atas saya sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf dan dilakukan pemeriksaan EEG untuk melihat keadaaan gelombang otak (atas indikasi dokter).

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Kejang tidak hanya terjadi pada meningitis. Epilepsy, post trauma, gangguan electrolyte, stroke, dll juga dapat menyebabkan kejang.

      Pemeriksaan fisik, pemeriksaan labratorium yang meliputi test darah (elektrolite, fungsi hati dan ginjal, serta darah lengkap), dan pemeriksaan X-ray (rontgen) paru akan membantu tim dokter dalam mendiagnosa penyakit. Sedangkan pemeriksaan yang sangat penting apabila penderita telah diduga meningitis adalah pemeriksaan Lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak).

      Maka sebaiknya diperiksakan kembali secara lengkap agar diketahui penyebabnya Dan dapat diterapi. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. buya says:

    dok . .bagaimana sih cara onani pada pria?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. triwiji suasti says:

    apakah meningitis yang di sebabkan oleh bakteri bisa menular ??
    dan apakah bisa di sembuhkan ??
    terimakasih :-)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada artikel diatas telah diuraikan mengenai apa Yg anda tanyakan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0