Penyakit Meniere, Sering Disertai Vertigo

DokterSehat.com – Penyakit Meniere merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya serangan vertigo berulang kali, tuli, dan telinga berdenging (tinnitus). Penyebab penyakit ini belum diketahui pasti.



Gejala

Gejala dari penyakit ini berupa serangan vertigo, mual, dan muntah mendadak yang bisa terjadi selama 3-24 jam lalu menghilang secara perlahan. Secara periodik, penderita merasakan telinganya penuh atau merasakan adanya tekanan di dalam telinga.

Pendengaran terkadang jelas, kadang berkurang tapi semakin lama akan makin memburuk. Sementara gejala telinga berdenging (tinnitus) bisa muncul dan menghilang baik sebelum ataupun sesudah serangan vertigo.

Kebanyakan penderita hanya mengalami tinnitus pada satu telinga, namun 10-15% penderita mengalaminya pada kedua telinga. Tuli dan tinnitus selama beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum serangan vertigo merupakan salah satu bentuk penyakit Meniere. Setelah serangan vertigo mulai, bisa terjadi perbaikan fungsi pendengaran.

Pengobatan

Untuk meringankan vertigo, penderita bisa diberikan scopolamin, antihistamin, barbiturat atau diazepam.

Tindakan pembedahan untuk mengurangi vertigo adalah neurektomi vestibuler, dimana dilakukan pemotongn saraf yang menuju ke kanalis semisirkularis (bagian dari telinga tengah yang mengatur keseimbangan).

Bila sering terjadi gangguan pendengran yang berat dan vertigo sangat mengganggu. Maka akan dilakukan labirintektomi, yaitu pengangkatan koklea (bagian dari telinga tengah yang mengatur pendengaran) dan kanalis semisirkularis.