Penyakit Maag yang Luka Pada Lambung dan Usus

Pertanyaan Konsultasi



Ibu saya sudah lama mengidap sakit maag, telah dilakukan indoskopi dari atas dan bawah. Hasilnya lambung dan usus luka. Setiap buang air besar Ibu saya merasa uluhatinya dicokot-cokot dan meringis kesakitan.

Sudah berobat ke penang dan rscm, obat yang dikasih obat lambung tetapi tidak ada perubahan.  Akhir-akhir ini Ibu saya kebanyakan kambuhnya sehingga tidur terus. Akibatnya sering menggigil dan demam.

Tolong dokter apa yang kami lakukan.

Jawaban Konsultasi

Penderita sakit maag dengan luka pada lambung dan usus perlu pengobatan yang teratur karena luka-luka tersebut memerlukan waktu untuk sembuh. Obat maag pada umumnya mengurangi keluhan sementara dengan cara menetralisir asam lambung dan menekan produksi asam lambung.

Untuk kesembuhan penderita maag harus menjaga pola makan yang baik ( jenis makanan, keteraturan waktu makan) Dan yang terakhir juga stress akan meningkatkan produksi asam lambung.  Jadi kalau masalahnya karena stress perlu diatasi masalah stressnya. Perlu kembali mencari dan mencegah akar masalah nya selain dari maag nya sendiri. Semoga informasi ini membantu.
Dr. Rosa
Team ProVClinic – Holistic Health Care & DokterSehat