Penyakit Laryngeal Papillomas

DokterSehat.Com – Laryngeal papillomas dalah salah satu jenis penyakit tumor yang jarang terjadi dan diketahui tidak bersifat kanker, daerah penyebarannya yaitu kerongkogan atau laring.



Penyebab

Laryngeal papillomas disebabkan oleh papillomavirus manusia. Meskipun bisa terjadi di usia berapapun, papillomas paling sering mengenai anak berusia antara 1 dan 4 tahun. Papilloma dicurigai ketika orangtua menemukan suara parau, teriakan lemah, atau perubahan lain pada suara anak. Papilloma seringkali berulang dan kadangkala menyebar kedalam pipa udara dan paru-paru, mengganggu saluran udara. Jarang, menjadi kanker.

Diagnosa

Laryngeal papilloma dideteksi menggunakan laryngoscope untuk melihat kotak suara. Dokter melakukan biopsi dimana mereka mengambil contoh papilloma untuk memastikan diagnosa.

Pengobatan

Operasi adalah pengobatan yang sering digunakan. Pengobatan dengan obat-obatan tersedia untuk papilloma yang cepat sembuh atau menyebar di seputar larynx. Kebanyakan anak membutuhkan sejumlah prosedur sepanjang masa kanak-kanak untuk mengangkat tumor sebagaimana mereka muncul kembali. Ketika pubertas, beberapa papilloma bisa muncul dengan sendirinya.

Pencegahan

Karena penyakit ini disebabkan oleh virus tertentu, maka tindakan pencegahan yang harus dilakukan adalah menghindari lingkunagan yang kurang sehat dan dapat menjadi tempat berkembagnya penyakit ini. Penderita juga sebaiknya mengurangi penggunaan suara yang terlalu keras atau berlebihan, seperti berteriak-teriak.