Penyakit Kulit Ini Bisa Jadi Menjadi Tanda Adanya Penyakit Serius

DokterSehat.Com – Kulit adalah pelindung terluar dan paling utama pada tubuh kita. Karena alasan inilah kita akan cukup sering mendapatkan masalah pada kulit layaknya gatal-gatal, jerawat, atau bahkan pengelupasan kulit. Sayangnya, sebagian besar dari kita akan cenderung menyepelekan masalah pada kulit dan membiarkannya begitu saja tanpa mendapatkan penanganan yang tepat. Padahal, beberapa penyakit kulit ternyata bisa menjadi tanda adanya masalah yang cukup serius. Berikut adalah beberapa penyakit kulit yang sebaiknya kita waspadai.

doktersehat-kulit-ruam-hiv-aids-alergi-rubella-kudis-skabies

Kadangkala kita akan menemui kulit yang mengalami bintik-bintik gelap yang seringkali disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan hal ini sebagai salah satu mekanisme alami kulit untuk melindungi diri dari sinar matahari berlebihan. Sayangnya, bintik-bintik hitam ini menandakan kita memiliki resiko tinggi untuk mendapatkan melanoma. Jika anda memiliki cukup banyak bintik hitam pada kulit, anda harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter terdekat.

Jerawat batu adalah masalah kulit yang bisa tiba-tiba muncul dan sangat menyebalkan karena bisa menyebabkan tampilan seseorang menjadi sangat buruk. Tahukah anda, jerawat batu ternyata kerap muncul saat kita mengalami stress. Hal ini dikarenakan adanya hormon stress yang ditambah dengan adanya inflamasi dan fibrosis yang memicu munculnya jerawat ini. Bagi kaum hawa sendiri, jika muncul jerawat batu yang sulit untuk diobati, sebaiknya wanita mewaspadai adanya masalah pembesaran ovarium atau yang disebut sebagai sindrom ovarium polikistik yang tentu harus segera diperiksakan kondisinya ke dokter.

Kulit yang pucat juga kerap dianggap sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat karena dianggap sebagai tanda bahwa kita kurang tidur atau sedang lelah. Padahal, jika kulit pucat ini ditandai dengan rasa lesu dan sesak nafas, bisa jadi kita sedang mengalami anemia atau kekurangan zat besi yang cukup parah. Kita sendiri bisa mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi layaknya makanan laut, daging unggas, hingga sayuran dengan warna hijau tua.