Penyakit Keputihan Bisa Mengakibatkan Kematian dan Kemandulan

DokterSehat.Com – Keputihan pada wanita adalah gejala keluarnya cairan dari vagina selain darah. Keputihan sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak jenis penyakit kewanitaan. Keputihan yang terjadi pada wanita terbagi menjadi 2 kategori yaitu yang pertama keputihan normal atau fisiologi atau yang biasa terjadi pada waktu tertentu seperti menjelang datang bulan atau menstruasi, sesudah menstruasi dan saat masa subur, sedangkan yang kedua adalah keputihan abnormal atau patologis yaitu keputihan yang terjadi akibat infeksi yang terjadi pada vagina wanita.



Ciri-ciri keputihan patologisadalah warnanya lendirnya seperti kepala susu, atau hijau kekuning-kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihannya sudah menjadi penyakit. Ketika keputihan sudah menjadi penyakit, wanita yang menderita keputihan patologisini akan merasa gatal pada daerah vagina, dan lendir yang keluar berbau, sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Banyak hal sebenarnya yang membuat wanita rawan terkena keputihan patologis. Biasanya penyebab keputihanpatologis ini karena kuman. Di dalam vagina sebenarnya bukan tempat yang steril. Berbagai macam kuman ada di situ. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH vagina,pada keadaan yang optimal. pH vaginaseharusnya antara 3,5-5,5. flora normal ini bisa terganggu. Misalnya karena pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain. Padahal adanya flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan yang lain itu untuk tidak tumbuh subur. Kalau keasaman dalam vagina berubah maka kuman-kuman lain dengan mudah akan tumbuh sehingga akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan, yang berbau, gatal, dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Begitu seorang wanita melakukan hubungan suami isteri, maka wanita tersebut terbuka sekali terhadap kuman-kuman yang berasal dari luar. Karena itu keputihan pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan wanita tersebut. Jadi sebaiknya jangan gonta ganti pasangan. Atau lebih baik tidak melakukan hubungan badan sampai menikah. Karena biasanya pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan, dan hygienenya baik, jarang sekali kena keputihan patologis. Dan hati-hati, keputihan patologis juga bisa karena proses keganasan. Salah satu tanda dari kanker leher rahim adalah, adanya penyakit keputihan yang berbau busuk bahkan berdarah. Pada wanita yang belum melakukan hubungan suami isteri, bisa juga terjadi keputihan. Namun penyebab keputihanbisa terjadi karena menggunakan celana dalam bersama, memakai handuk bersama, kurangnya menjaga kebersihan daerah vagina atau disebabkan cara cebok yang salah.

Baca Juga:  Psikologis Kesehatan Mental Gangguan Neurosis

Penyakit keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena penyakit keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu jika penyakit keputihan dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian.

Berakibat kematian karena bisa mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan, terjadi pendarahan, mengakibatkan kematian pada ibu-ibu. Selain itu yang harus diwaspadai, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk tahu apa yang menjadi penyebab keputihan.Yang pasti jangan anggap remeh keputihan.