Penyakit Kencing Manis, Haruskah Minum Obat?

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang beranggapan penyakit kencing manis atau penyakit gula merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Bahkan tidak banyak orang-orang yang telah terkena penyakit ini banyak yang depresi yang justru memperburuk keadaan. Penyakit kencing manis (diabetes mellitus) merupakan salah satu penyakit metabolik akibat gula yang kita makan tidak dapat masuk kedalam sel tubuh yang disebebakan gangguan insulin dalam tubuh. Kebanyakan penyakit diabetes yang banyak diketahui orang-orang merupakan diabetes mellitus tipe 2, walalupun terdapat jenis lain dari diabetes mellitus seperti diabetes mellitus tipe 1 yang disebebakan oleh pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin dan diabetes mellitus tipe lain yang biasanya berkaitan dengan penyakit-penyakit tertentu.

doktersehat-dokter-konsultasi-orangtua

DM tipe 2 ini sebagian besar terjadi karena masalah insulin yang ada di dalam tubuh oleh karena itu memang pengobatan utama yang diberikan dokter apabila sudah tegak diagnosis diabetes merupakan obat-obatan. Obat-obatan DM yang kita kenal seperti metformin, glibenklamide, glimipiride. Kerja obat-obatan tersebut antara lain memacu penghasilan insulin oleh pankreas, menambah sensitivitas insulin sehingga dapat menangkap gula untuk dimasukkan ke dalam sel tubuh, dan memperlambat pencernaan agar gula dapat diserap perlahan-lahan. Namun, pertanyaannya adalah apakah semua penderita diabetes harus mengonsumsi obat atau jika harus minum obat apakah minum obat seumur hidup?

Pada dasarnya terdapat beberapa pilar utama dalam pengobatan diabetes yaitu pembatasan asupan kalori, olahraga jasmani, gaya hidup sehat, dan jika tidak tertangani dengan baik baru menggunakan obat-obatan. Sehingga pemilihan pemberian obat-obatan juga didasarkan kadar gula darah ketika seseorang memeriksan diri ke dokter. Sehingga apabila seseorang mengalami gejala-gejala kencing manis seperti sering kencing malam hari, cepat haus, cepat lapar, dan penurunan berat badan, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Selanjutnya dokter akan memeriksakan gula darah sewaktu ataupun puasa, lalu dengan hasil tes tersebut maka dokter akan memutuskan orang tersebut harus diberi obat atau tidak. Hal yang perlu diingat tidak semua orang yang terkena penyakit diabetes harus minum obat dan apabila DM yang terkontrol orang tersebut tidak harus mengonsumsi obat seumur hidup. Jika seseorang rutin memeriksakan diri ke dokter dan diukur gula darahnya stabil dan ditambah gaya hidup sehat, tidak mustahil walaupun anda terkena diabetes anda tidak harus minum obat. Oleh karena itu yang paling penting dari diabetes adalah kenali gejala dan factor risikonya, segera memeriksakan diri ke dokter, rutin mengecek kadar gula dan tetaplah untuk menjaga gaya hidup sehat karena semua pilihan tersebut ditangan anda.