informasi kesehatan


Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita

Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita

            

DokterSehat.com – Penyakit kelamin bisa dialami oleh pria maupun wanita. Umumnya penyakit kelamin disebabkan beberapa faktor seperti jamur, virus, bakteri, dan kutu. Penularan penyakit kelamin bisa melalui hubungan seks oral maupun secara langsung antar kelamin.

Kebiasaan berganti-ganti pasangan seks berisiko tinggi mengalami penyakit kelamin. Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti kondom sebagai alternatif untuk mencegah penularan penyakit melalui hubungan seks. Berikut ini beberapa penyakit kelamin pada pria dan wanita yang perlu diketahui:

Penyakit Kelamin Pria

1. Syphilis

Penyakit kelamin syphilis bisa menular melalui hubungan seks. Penyakit jenis ini dapat dialami pria maupun wanita. Gejala syphilis akan muncul dalam waktu 3 bulan setelah berhubungan seks. Pengobatan syphilis dapat dilakukan dengan pemberian penicilin. Tapi, penyakit kelamin ini sangat rentan menular, tidak hanya pada alat kelamin saja tapi juga dapat menyerang seluruh tubuh.

2. Gonorhea dan Chlamiydia

Penyakit kelamin jenis Gonorhea dan Chlamiydia biasanya disebabkan oleh bakteri. Kelamin akan mengalami infeksi setelah berhubungan seks dalam beberapa minggu. Gejalanya, sering keluar cairan dari kelamin,  sakit saat buang air kecil, namun terkadang gejala yang ditunjukkan kerap diabaikan penderitanya. Sebagai upaya pencegahan dan pengobatan biasanya dokter akan memberikan antibiotik sesuai takaran.

3. Herpes

Penyebab utama herpes adalah virus herpesviridae. Penyakit ini memiliki risiko yang cukup membahayakan karena virusnya akan tetap berada di dalam tubuh dan bisa kambuh kapan saja. Penyakit ini sulit diobati secara total karena virus masih berada dalam tubuh. Seseorang bisa tertular dalam rentang waktu 3 – 10 hari setelah melakukan hubungan intim dengan penderita herpes dan menghilang dalam waktu 5-10 hari.

4. Infeksi jamur

Penyakit yang disebabkan oleh jamur bisanya menunjukkan tanda gatal-gatal dan memerah di bagian bawah kulit kelamin pria yang tidak sunat. Penyebab utama timbulnya penyakit ini adalah alat kelamin sering lembab dan kurang terjaga kebersihanannya seperti jarang mengganti pakaian dalam dan mencuci alat kelamin setelah buang air kecil. Penyakit ini bisa diobati dengan menggunakan krim anti jamur.

5. Bisul kutil kelamin

Virus Human Papiloma (HPV) menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kelamin ini. Gejala penularan berupa bisul di alat kelamin dapat muncul setelah beberapa bulan melakukan hubungan seks. Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil.

6. Kutu kelamin

Rambut kemaluan bisa menjadi sarang kutu yang berukuran sangat kecil. Untuk membunuh kutu bisa dilakukan dengan menggosokkan obat cair pada rambut kemaluan. Penyakit ini bisa dicegah dengan menjaga daerah kemaluan supaya tetap kering dan tidak lembab. Gantilah pakaian dalam Anda minimal 2 kali sehari.

Penyakit Kelamin Wanita

1. Human papillomavirus (HPV)

HPV merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus akibat hubungan seks. Penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya tapi perlu Anda ketahui bahwa salah satu jenis virus HPV merupakan penyebab kanker serviks. Munculnya HPV dapat diketahui dengan screening kesehatan seksual. Periksakan kesehatan organ reproduksi Anda minimal satu kali setiap tiga tahun.

2. Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Jika dibiarkan PID dapat mengakibatkan ketidaksuburan. Pid biasanya ditunjukkan dengan gejala seperti perubahan bau pada vagina, sakit bagian pinggul saat berhubungan seks, dan pendarahan yang tidak teratur. Terkadang gejala yang ditunjukkan tidak begitu kentara sehingga penderita terlambat menyadarinya.

3. Bacterial vaginosis

Penyakit kelamin jenis ini biasa menginfeksi vagina wanita diusia produktif. Gejala penyakit ini mirip dengan infeksi biasa seperti gatal, muncul aroma amis, dan perubahan lain dalam vagina. Bila Anda mengalami gejala tersebut segeralah berkonsultasi ke dokter untuk menekan risiko PID.

Dari berbagai sumber

pf button both Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

175 Responses to “Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita”

  1. malin says:

    Dok. saya mau tanya. pada ujung mr.p saya terkadang terasa gatal dan ada keluar sedikit cairan. tp pada saat saya buang air kecil tidak terasa perih atau sakit. apakah saya terkena penyakit kelamin dok?
    terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sudah menikah atau berhubungan badan? Ada riwayat berganti2 pasangan? Kapan terakhir berhubungan badan? Kapan keluhan Ini muncul?

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • malin says:

        sudah pernah dok, terakhir sekitar 10 hari yang lalu. saat berhubungan badan saya selalu menggunakan kondom. gejala ini saya dapati 3 hari yang lalu dok. cairan yang keluar dari mr.p cuma sedikit dok. apakah itu tanda terkena penyakit kelamin, atau hanya karena kuman atau bakteri biasa aja dok ? tetapi saya tidak ada merasakan perih atau sakit saat buang air kecil.

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Kemungkinan penyakit menular sexual, segera berobat ke dokter Dan jangan berhubungan badan sampai dinyatakan sembuh Oleh dokter. Dan pasangan anda juga harus diobati agar tidak terjadi enularan berulang. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • malin says:

            dok. sesuai saran dokter saya sudah periksa dan saya terinfeksi GO, dan saya juga sudah melakukan test lab pewarna jamur dan sekret uretra (2 hari yang lalu). tp dok, pada saat pengambilan sekret, terasa sedikit perih pada ujung mr.p, bahkan sampai sekarang masih terasa perih. apakah itu normal dok?
            terimakasih

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Mungkin Ada sedikit trauma pada saat dilakukan pengambilan sekretnya, bisa Karena anda tegang saat prosedurnya berlangsung. Lama2 Akan sembuh sendiri. Lakukan terapi secara teratur Dan jangan melakukan hub sex Selama terapi Karena bisa terjadi penularan berulang. Trims

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. permisi dok.
    sya 25 thn, setiap sya melakukan hub sex sampai 3 kali knpa di leher kemaluan ad bntik putih kecil bgt dan sdkit perih dan di belakang lingkaran depan kok lecet ya dok???
    trus sdh lama sekali di kemaluan sya ada bekas benang jahit sunat dan sdh menyatu dengan kulit bgaimana solusinya?
    terima kasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Ada riwayat berganti2 pasangan sex? Bila demikian kami sarankan anda segera periksakan ke dokter.
      Mengenai berangkat jahit, perlu diketahui dulu jenis berangkat Yg dipakai, apakah Yg menyatakan sendiri dengan kulit atau bukan. Kamis Arabian anda kontrol kembali ke dokter Yg melakukan Sunat. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • chabib sjahid al asa says:

        sya tdak prnah bergnti” pasangan dok…
        hal nie yg membuat sya tdk bsa mmberikan nafka batin kpd istri sya…
        tp terima ksh atas saran dokter.
        salam

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Bila demikian, kemungkinan Karena trauma pada saat berhubungan sex, bisa Karena terlalu kasar, atau kurangnya pelumas sehingga melukai kulit penis. Lakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit Dan kelamin. Semiga lekas sembuh. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • djoejo says:

            dok mr.p saya ada seperti komedo yg mengelilingi kpla mr.p saya,,,apakah itu kutil kelamin,, solusinya apa dok? blm berhubgan seks

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • Dr. Vanny bernadus says:

            @djoejo, kami tidak bisa katakan iya atau bukan itu ialah kutil. Kadang kala variasi normal kulit kelamin. Bila tidak Ada keluhan, maka itu ialah normal. Trims

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. lisa says:

    dok saya heran mengapa saya haid tpi berbeda dengan orang lain saya ketika mau kentut bersin itu psti keluar darah.sya jga klo mau kencing itu darah keluar sebelum kencing dok tolong beritahu informasinya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Itu Adalah Hal Yg normal, Karena tekanan, membuat darah haid keluar. Maksud anda, orang lain haid itu seperti apa?

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. liu long ci says:

    dok..saya mau bertanya…di penis saya n selangkangan saya,memiliki serangga yang sering mengigit di penis saya,tapi saya nggak menemukan serangga apa2 n saya udah berobat kedokter,n melakukan suntikan antibiotik,minum obat antibiotik juga sudah,masih aja nggak bisa sembuh,apa obatnya dok?tolong dok saya butuh pertolongan dokter

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bisa anda jelaskan maksudnya serangga Yg menggigit anda?
      Sebagai informasi, kami disin tidak meresepkan obat untuk menghindari hal2 Yg tidak diinginkan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Liu Long Ci says:

        kayak semut yg mengigit sampai luka di mr.p n di zakarnya dok,kalo gak digigit ga sakit,kayak ditusuk jarum dok,udah ke dokter specialis gak juga sembuh2,tolong dok,apa obatnya dok?thanks sebelumnya dok

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • Dr. Vanny bernadus says:

          Berapa usia anda? Apakah anda benar2 Melihat Ada semua atau serangga Yg menggigit? Ada penyakit lainnya seperti diabetes?
          Seperti Yg kami katakan sebelumnya, kami disini tidak meresepkan obat untuk menghindari penyalahgunaan obat Dan menghindari hal2 lainnya Yg tidak diinginkan. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • Liu Long Ci says:

            32 tahun dok,serangga n semut gak kelihatan dok,saya bukan penyakit diabetes dok,sampai sekarang digigit trs dok,obat dari dokter spesialis kelamin di kasikkesaya,gak mampan dok,..maaf dok..saya harus berobat kemana dok?

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • Dr. Vanny bernadus says:

            Moron maaf, kami hanya bisa menyarankan anda ke dokter spesialis kulit Dan kelamin bila memang masalah anda pada kulit. Dan mengenai Sekarang/semua Yg anda katakan, bila memang tidak nampak tapi anda berkendaraan bahwa Ada serangga/semut Yg menggigit anda, menandakan adanya halusinasi, Dan anda bisa berkonsultasi ke dokter psikiater. Trims

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Ringgo says:

    Dok, saya mau tanya,kenapa di ujung kelamin saya terdapat bercak putih, semakin lama semakin melebar, gimana cara penyembuhannya ??
    Trima kasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sudah berapa lama? Berapa besar? Gatal atau nyeri? Berapa usia anda? Sudah menikah atau berhubungan badan? Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. joseph says:

    Dok saya kmrn2 melakukan sunat, skrg sudah sekitar seminggu tapi bengkak nya belom hilang ya?? Untuk mengurangi ngilu pd kepala penis apa ya sarann nya?? Luka nya sudah mengering tp msh terasa sedikit perih di bagian benang yg mencuat ke luar itu gpp dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Semua perlu waktu, hindari gesekan dengan kain atau celana. Dan biasanya diresepkan obat untuk mengurangi rasa nyeri. Bila tidak ada perbaikan, periksakan kembali ke dokter anda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • joseph says:

        Sekarang saya sudah pake CD dan celana sih dok agar membiasakan rasa ngilu tsb… Brp lama ya?? Apakah boleh seperti itu? Soal nya dokter yg sunat blg pake celana di cobain rasa nya pelan2 @@

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Memang semua perlu waktu, asalkan tidak bernanah atau berdarah kembali maka tidak apa2. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • joseph says:

            kalau benang jahit yang keluar itu gmn ya?? berapa lama copot sndiri nya?? udh 1 minggu belom copot2? agak nyri kalo kegencet

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Untuk sunat biasanya dipakai benang yg bisa diserap oleh kulit, dan mengenai waktu pastinya berbeda2, tergantung kondisi luka juga. Trims

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • joseph says:

            Ini saya joseph lagi… Kmrn pas ereksi bekas luka jahitan di atas terbuka dan mengeluarkan darah sedikit tetapi tidak sakit dan ttp kering luka nya, apakah itu pendarahan?? Lalu benang jahit di atas itu terlepas dan mengakibatkan luka terbuka/menganga jika ereksi tp hnya bagian atas saja, apakah itu berbahaya dok?? Apakah nanti tumbuh kulit yang menutupi luka tsb??

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Bila tidak berdarah tidak apa, dan sebaiknya jangan melakukan hub sex terlebih dulu sampai benar2 sembuh. Trims

            Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Herman says:

    dok apakah penyakit kelamin dapat menular apabila kita menggunakan CD berbarengan (memakai cd yg sama ganti-gantian) dengan orang yg terjangkit penyakit?
    terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • zaenudin says:

      Mu ty nh dok,sy 26 thun udh nikah,bru pertama kali mr.p kelur darah saat hubingn sex.kelur darah y terakir.bukan sperma ynk kelur.melainkan darah.p itu berbahay.terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        @zaenudin, dikhawatirkan adanya trauma pada saluran spsperma anda. Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis androlog trims

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      @herman, bisa menular. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. sisi says:

    Dok saya ingin bertanya, saya selalu kalo kencing air seninya panas, te tapi tidak sakit, cuma setiap ingin datang haid 2 minggu selalu gatal , saya tidak pernah berganti pasangan . Sudah 3 bulan air kencingnya panas . Saya berhubungan badan dengan suami saya, ternyata suami saya tertular sebulan yang lalu terakhir saya melakukan itu dan dia sekarang kencingnya keluar nanah. Apakah saya terkena penyakit menular dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Meli says:

    Dok saya mau nanyak..saat saya berhubungan dengan pacar saya yang keluar bukan air mani dari mr.p nya tapi adalah darah.. Saya takut dok kalau dia terkena penyakit berbahaya apa penanggulangan untuk saya dok??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin baik pada anda maupun pasangan anda. Dan hindari hubungan sex saat terapi karena bisa menimbulkan infeksi berulang. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. rianfahrijal says:

    dok saya mau tanya nama saya rian umur 20th udah 2 bulan yg lalu saya diculik dan dipukulin waktu itu saya di paksa minum sperma dari cairan kondom dan obat2an saya kagak tau mereka kasih obat apa. sebelumnya Saya belum pernah melakukan sex dok, tapi gejala 1 minggu pertama itu tulang saya gemeretak lalu kulit saya keriput dan kering juga halusinasi dok gejala selanjutnya gak bisa tidur selama seminggu muncul bintik2 kecil gatel di perut awalnya terus ngilang bintik2nya lalu setelah 2 minggu kemudian nafsu makan menurun dan pusing bagian kuping mendengung mata agak burem dan perih cuman kalo kena angin malem tapi gak panas, lalu sebulan kemudian muncul rasa gatal lagi dan bentol2 kecil di daerah kelamin dan di garuk tuh muncul benjolan sebesar jerawat batu kaya bisul di kelamin dan daerah pantatnya gatel jika di garuk tuh sobek bernanah 6 bulan kemudian bagian nafsu kulitnya dah gak kering nafsu makan balik lagi tapi juga agak putih tapi gatelnya keseluruh tubuh kalo malem dari kemaluan dan daerah bokong itu makin gatel dan jika digaruk itu nyaman tapi lecet sekarang muncul sel ato bakteri kagak tau apa di daerah kornea mata kalo di bagian yg terang itu keliatan jelas bulet bulet menyatu jadi panjang tembus pandang kaya jelly ato ager gitu dok. Udah cek darah hiv,sifilis hasilnya negative menurut dokter saya itu sakit apa ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila hasil pemeriksaan baik, maka tidak ada apa2. Mungkin hanya dari faktor pikiran yg tegang. Bila memang anda mengalami hal kekerasan yg anda ceritakan sebaiknya laporkan ke pihak yg berwajib. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. sunandar says:

    salam,
    mohon penjelasan dokter…saya mempunyai mslh kesehatan kelamin yg sudah berjalan sekitar 1 minggu.pada saluran kencing saya terasa gatal terutama di bagian bawah batang zakar (urat besarnya) baik saat diraba maupun tidak.
    dan saat kencing maupun tdak.terasa sedikit perih saat buang air kecil.tp kadang keluar cairan bening saat rasa gatal itu datang.
    dr artikel yg saya baca kemungkinan saya terkena gonore..ttapi saya bingung krn kemaluan saya todak mengeluarkan nanah seperti ciri2 penyakit gonore tsb.
    mohon penjelasannya dan ke dokter mana yg ada di jakarta selatan saya harus berobat.
    terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Barah, Penyakit Kelamin Akibat Perilaku Seks Tidak Sehat | AkuMuda.com Article - [...] Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita [...]
  2. Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria & Wanita | robertborkos - [...] Penyakit Kelamin Berbahaya Pada Pria dan Wanita [...]