Gara-Gara Makanan, Kita Bisa Terkena Penyakit Ini

makan_kenyang_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Javier Garcia Sevilla

DokterSehat.Com– Agar tetap bisa bertahan hidup dan mendapatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, manusia membutuhkan makanan. Hanya saja, sebagian orang tidak menerapkan pola makan yang sehat sehingga membuat mereka rentan terkena penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh makanan berdasarkan oleh Genius Beauty.

Penyakit kardiovaskular meliputi masalah yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Sebagai contoh, penyakit jantung dan stroke termasuk dalam masalah kesehatan ini. Menurut pakar kesehatan, salah satu pemicu utama dari penyakit kardiovaskular adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, khususnya makanan yang kaya akan lemak trans layaknya makanan cepat saji, daging olahan, gorengan, hingga jajanan tidak sehat seperti donat dan keripik.

Selain penyakit kardiovaskular, hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Sebagai contoh, jika seseorang mengonsumsi daging merah, maka risiko untuk terkena masalah tekanan darah tinggi juga meningkat.

Penyakit yang cukup sering menyerang para lansia adalah radang sendi atau arthritis. Tak hanya disebabkan oleh usia yang sudah semakin menua dan postur tubuh yang tidak sehat, konsumsi beberapa jenis makanan seperti daging yang digoreng, makanan beku, dan beberapa makanan lainnya juga bisa memicu radang sendi. Beruntung, terdapat beberapa makanan yang bisa mencegah datangnya radang sendi seperti buah raspberry merah, stroberi, semangka, avokad, serta anggur.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari agar tidak mudah terkena penyakit. Jangan pernah lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.