Gejala Kanker Lidah

DokterSehat.Com – Penyakit kanker lidah masih kurang banyak dikenal oleh masyarakat. Memang, penyakit ini masih cenderung jarang diderita oleh masyarakat tanah air, karena memang kanker lidah justru menyerang mereka yang melakukan gaya hidup tidak sehat, layaknya para perokok dan para peminum minuman beralkohol. Kandungan rokok dan alkohol yang tidak sehat sendiri memang bisa merusak banyak bagian tubuh, termasuk area lidah. Disamping itu, penderita virus HPV atau human papillomavirus juga bisa mengalami gangguan kanker pada mulut, khususnya area lidah. Jadi, seperti apakah gejala dari masalah kanker lidah ini?

doktersehat-lidah

Gejala dari penyakit kanker lidah ini sendiri biasanya berupa adanya sariawan, bintik-bintik berwarna merah atau putih, dan juga benjolan yang sulit untuk disembuhkan. Disamping itu, lidah yang cenderung hambar dan disertai dengan rasa sakit pada tenggorokan dan juga saat menelan makanan juga bisa menjadi gejala kanker lidah, khususnya jika disertai dengan beberapa kali pendarahan pada  lidah tanpa sebab dan disertai dengan rasa sakit pada organ telinga.

Jika anda merasakan masalah tersebut lebih dari tiga minggu, bisa jadi anda mengalami gejala kanker lidah dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter sedini mungkin. Meskipun tidak memungkinkan jika gejala-gejala di atas bukanlah penyakit kanker lidah, namun anda tentu setidaknya bisa melakukan pengobatan secara dini jika ternyata itu adalah gejala kanker lidah yang bisa menyerang area ujung hingga pangkal lidah. Dalam beberapa kasus, kanker lidah yang dibiarkan begitu saja bisa membesar hingga ke area kelenjar getah bening yang berada di area leher.

Kanker lidah sendiri jika belum menyebar jauh dari area mulut, bisa diobati dengan operasi yang disertai dengan kemoterapi atau radioterapi. Sayangnya, jika kanker lidah sudah menyebar ke beberapa bagian tubuh lain layaknya kelenjar getah bening di area leher, maka bisa jadi persentase untuk mendapatkan kesembuhan total menjadi jauh berkurang. Hal ini berarti sebisa mungkin jika gejala-gejala kanker lidah anda rasakan, maka sedini mungkin anda memeriksakannya agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca Juga:  Kenali Penyakit Dompo/ Herpes Zoster