Penyakit Jengger Ayam, Penyakit Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Penyakit jengger ayam merupakan penyakit kelamin yang diderita baik oleh perempuan maupun lelaki. Penyakit ini lebih keren disebut kondiloma akuminata, dan disebut jengger ayam karena bentuknya yang menyerupai jengger di ayam jago. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus. Bentuk kondiloma akuminata ini datar atau menonjol dengan tangkainya yang menyerupai kembang kol. Selain tumbuh pada alat kelamin, kondiloma akuminata ini juga bisa menyerang daerah dubur. Ironisnya, penyakit ini sangat mudah ditularkan melalui kontak seksual. Ya, penyakit kondiloma akuminata atau jengger ayam ini memang merupakan satu dari sekian banyak penyakit menular seksual yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, Anda wajib mengenali lebih detail tentang kondiloma akuminata ini.



Cara penularan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui dari penyakit ini adalah cara penularannya. Sebab penularan penyakit ini terbilang cukup mudah, yakni vaginal, oral, anal, hingga sentuhan dengan daerah yang terinfeksi. Penularan yang mudah dan cepat ini sangat membahayakan tidak hanya untuk lelaki, tetapi juga perempuan. Khusus untuk wanita, penyakit kondiloma akuminata yang dibiarkan tanpa perawatan dapat menyebabkan berkembangnya kanker serviks.

Penyebab

Seperti dijelaskan di atas, penyakit ini disebabkan oleh virus HPV. Sebagai tempat yang lembab dan mudah basah, lokasi alat kelamin menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi virus tersebut. Apalagi jika seseorang memiliki kelenjar keringat lebih banyak pada bagian vital. Tentunya, kewaspadaan haruslah ditingkatkan. Selain sebab ini, ada faktor risiko lain terjangkitnya seseorang dengan penyakit jengger ayam. Adalah penderita kencing manis atau diabetes mellitus yang mudah mengembangkan mikroorganisme di dalam organ vital. Selain itu, faktor-faktor yang berhubungan dengan turunnya imunitas seperti kurang tidur, stres, dan yang lain juga dapat menjadi penyebab mudah terjangkitnya seseorang dengan virus yang menjadi penyebab kondiloma akuminata ini.

Baca Juga:  Cara Mengoptimalkan Pernapasan Ketika Berlari

Gejala

Pada awal terjangkit virus, seseorang akan mengembangkan virus tersebut selama 2 hingga 4 minggu tanpa gejala. Gejala ini bahkan tidak terlihat dalam waktu berbulan-bulan. Jika sudah memperlihatkan ada kutil di alat kelamin (baik pria maupun wanita), biasanya rasa gatal akan datang menyergap dan cenderung tidak sakit. Semakin lama, bentuk dari jengger ayam ini akan semakin kasar dan menyerupai jengger atau kembang kol. Selain alat kelamin, kondiloma akuminata ini dapat tumbuh pada uretra dan serviks. Pada wanita, penyakit ini biasanya ditandai dengan bau tak sedap pada daerah kewanitaan. Kondisi yang paling parah dapat menyebabkan kemandulan dan berkembangnya kanker leher rahim hingga kematian.

Pencegahan

Usahakan untuk menjaga kebersihan daerah kelamin dan jangan terlalu lembab, sering-seringlah berganti celana dalam untuk menjaga kelembapan daerah yang tertutupi. Penyakit ini bisa tidak berkembang jika kita menjaga kesehatan. Bagaimanapun, virusnya tetap masih ada dan mengintai menunggu kondisi berkembangnya memungkinkan. Kondom dapat mencegah penularan penyakit ini, tetapi bagaimana dengan daerah lain yang tidak tertutup kondom tapi bersentuhan

Pengobatan

Karena menyerang bagian luar kulit, pengobatan penyakit jengger ayam ini dapat berupa penyinaran laser di area yang terinfeksi virus tersebut. Ini merupakan pengobatan yang paling sederhana dan bisa dikembangkan menurut tingkat parahnya penyakit tersebut.