Penyakit Ini Kerap Menyerang Para Pengantin Baru

DokterSehat.Com– Berita tentang pernikahan Hamish dan Raisa memang masih hangat, khususnya di media sosial. Namun, alih-alih kembali membahas pasangan selebritis tersebut, ada baiknya kita membahas penyakit yang cenderung kerap menimpa para pengantin baru, khususnya sang wanita. Penyakit apakah itu?

doktersehat-pasangan-couple

Wanita yang baru saja menikah cenderung mudah mengeluhkan rasa nyeri pada perutnya, khususnya saat buang air kecil. Mereka juga akan merasakan sensasi anyang-anyangan. Jika hal ini terjadi, mereka sebaiknya mewaspadai penyakit infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih sendiri disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh akibat dari tubuh yang kelelahan. Padahal, hal ini kerap terjadi pada mereka yang baru saja menjalani berbagai prosesi pernikahan yang memang padat dan menguras tenaga. Selain itu, bakteri pada alat kelamin atau dubur juga bisa memasuki saluran kemih atau bahkan ginjal akibat dari aktifitas hubungan intim pasangan.

Dalam dunia medis, infeksi saluran kemih yang menimpa mereka yang baru saja menikah disebut sebagai honeymooners cystitis. Penyakit ini kerap kali disebabkan oleh pasangan yang terlalu menikmati malam-malam pertama pernikahan sehingga tidak segera buang air kecil atau membersihkan organ vitalnya sebelum dan setelah berhubungan intim. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan toilet yang tidak sehat.

Sebagaimana diketahui, banyak pasangan yang memilih untuk melakukan bulan madu di tempat wisata atau tempat lainnya yang tentu membuat mereka memakai toilet yang sudah pernah dipakai orang lain atau toilet umum. Padahal, toilet ini bisa saja menyebarkan bakteri, apalagi jika toilet ini adalah toilet duduk. Selain itu, banyak wanita yang juga tidak membersihkan organ vitalnya dengan baik setelah buang air kecil, yakni dengan cara membasuh air dari arah belakang ke depan, bukannya sebaliknya. Hal ini tentu akan membuat bakteri dan kotoran dari area anus berpindah ke organ vitalnya dan bisa memicu infeksi ini.

Baca Juga:  Infeksi Saluran Kemih - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan pasangan yang baru menikah untuk menjaga kebersihan dengan baik, khususnya pada area organ vital, memperbanyak minum air putih yang bisa membantu kerap buang air kecil yang membersihkan bakteri, beristirahat yang cukup, dan menjaga kesehatan agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat.