Penyakit Ini Justru Bisa Membuat Penderitanya Punya Kemampuan Super Lho

DokterSehat.Com– Terkena penyakit seringkali akan membuat tubuh menjadi lebih lemas dan tidak berdaya. Namun, penderita penyakit-penyakit ini justru akan memiliki kemampuan super lho. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

wim-hof-Insensitivitas-pada-suhu-dingin-doktersehat

Photo Credit: placeofpersistence

Insensitivitas pada suhu dingin
Wim Hof dari Belanda mengalami kondisi dimana dirinya tidak mampu merasakan suhu dingin sehingga bisa bertahan tinggal di dalam es selama 2 jam atau mendaki Gunung Blanc di Prancis yang penuh salju hanya bercelana pendek.

Hyperthymesia
Penyakit ini hanya diderita oleh 60 orang di seluruh dunia dan membuat penderitanya mampu mengingat semua pengalaman hidupnya dengan mendetail. Mereka juga tidak akan salah dalam menjelaskan apa pengalaman yang pernah dialami meskipun sudah berlangsung sangat lama. Salah seorang penderitanya, Rebecca Sharrock dari Australia bahkan mampu mengingat saat orang tuanya yang memberikan selimut berwarna pink pada tubuhnya saat usianya masih 7 hari!

Congenital analgesia
Penderita penyakit ini tidak akan merasakan sakit baik itu secara fisik ataupun mental. Yang aneh adalah, 40 kasus penyakit ini ditemukan di satu desa yang ada di Swedia. Meskipun terlihat menyenangkan, penyakit ini sangat berbahaya karena tubuh sebenarnya didesain merasakan sakit untuk mengatahui ada yang salah atau tidak pada tubuhnya. Karena tidak mengetahuinya, bisa jadi ada masalah kesehatan yang dibiarkan dan akhirnya menjadi semakin parah.

Sindrom-Savant-Stephen-Wiltshire-doktersehat

Sindrom Savant
Penyakit ini membuat penderitanya mengalami perkembangan neuron yang tidak normal di otak dan memicu autisme. Namun, mereka juga akan sangat ahli dalam berbagai hal layaknya menggambar, menghitung, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, Stephen Wiltshire dari Inggris hanya perlu terbang satu kali dengan helikopter di atas kota London dan kemudian menggambar dengan detail seluruh kota di atas kanvas berukuran besar.

Baca Juga:  Hamartoma Limfangiomatosis

Urbach-wiethe
Penyakit ini membuat penderitanya tidak memilikir asa takut. Seperempat dari 300 penderiat penyakit ini bisa ditemukan di Afrika Selatan. Meskipun terlihat keren, hal ini berbahaya karena kita tidak bisa mendeteksi bahaya sehingga rentan terkena kecelakaan atau menjadi korban kriminalitas.